Ragam Artikel
POTENSI BUAH DAN TANAMAN KECOMBRANG / HONJE SANGAT LUAR BIASA

POTENSI BUAH DAN TANAMAN KECOMBRANG / HONJE SANGAT LUAR BIASA

Potensi
Kecombrang atau honje, tumbuhan sejenis rempah ini dapat dijadikan obat-obatan, penyubur rambut hingga sayuran pelengkap menu makanan. Banyak tumbuh subur. Di Kabupaten yang memiliki banyak potensi pertanian ini tumbuh subur pohon unik bernama kecombrang / Honje kalau saja potensi ini di kembangkan di kawasan obyek wisata pasti sangat luar biasa, Kecombrang atau Honje kalau di oleh memiliki khas tersendiri.  Alhamdulillah saya sudah ada referensi dari ketua dewan bpk Iwan Ridwan dan dari beberapa orang di desa mangun jaya ada kelompok Usaha kecil yang sedang di arahkan komoditas ini, mudah mudahan nanti ada pelaku usaha kecil lain yang bisa mengolah kecombrang atau honje menjadi minuman olahan dan sejenisnya yang khas di Pangandaran. Obyek wisata di Pangandaran yang sedang di tata tentu akan berdampak baik buat para pelaku usaha kecil. Ujar Teddy Ketua Kadin Pangandaran.
honje dimanfaatkan untuk obat batuk, penyubur rambut, demam tinggi, obat luka, bahan sayuran sebagai rebusan lalapan atau bumbu rempah serta penambah nafsu makan.
Lantas bagaimana pengelolaan tumbuhan yang mampu mencapai tinggi hingga 5 meter ini untuk dijadikan obat-obatan? Nanti teman admin akan ambil dari beberapa sumber ya.
Batang Kecombrang untuk Obat Batuk
Tumbuhan rempah ini memiliki banyak nama. Misalnya, di Bengkulu, disebut Unji. Di Medan, dikenal dengan Kincung. Di Bali dikenal dengan nama Kecicang, dapat dijadikan obat batuk tradisional.
Obat batuk tradisional dari tanaman yang mirip jahe atau lengkuas ketika batang sudah tua ini, diolah dari batangnya.
Caranya, batang Unji dipotong sepanjang sekira 30 cm hingga 40 cm. Lalu, batang yang sudah diambil tersebut dibakar atau dipanggang dengan mengunakan bara api yang tidak terlalu besar.
Setelah beberapa menit dibakar, kulit batang Unji dibagian luar dikelupas hingga menemukan umbut atau bagian batang yang muda dibagian bagian dalam batang.
Kemudian, umbut tersebut ditumbuk dengan menggunakan benda keras. Namun, penumbukan umbut tersebut tidak terlalu hancur. Hal tersebut untuk memperoleh air dari umbut batang Unji. Langkah selanjutnya, umbut yang telah ditumbuk diperas hingga menghasilkan air dengan diwadahi gelas.
Air yang dihasilkan tersebut di campur dengan air mineral secukupnya dan gula batu. Setelah semua langkah itu dilakukan obat tradisional batuk tersebut dapat langsung di konsumsi.
''Umbut yang sudah menghasilkan air, dicampur dengan air mineral secukupnya. Masukkan juga gula batu secukupnya, lalu langsung di minum,'' kata salah satu warga Dusun III Desa Pal VIII Kecamatan Bermani Ulu Raya Kabupaten Rejang Lebong, Rita Wati (48), kepadaOkezone.
Obat batuk tradisional tersebut dapat dikonsumsi dua kali sehari. Batang yang dipotong berukuran 30 cm hingga 40 cm dapat diolah obat batuk untuk satu kali minum. Satu batang Unji dengan ketinggian sekira 5 meter dapat dipotong menjadi empat hingga lima potong, yang dapat diolah menjadi obat batuk. ''Jika memang jodoh dengan obat tradisional ini, maka cukup dengan d
Kecombrang atau honje adalah sejenis tumbuhan rempah dan merupakan tumbuhan berbatang lunak. Bunga, buah, serta biji kecombrang kerap dimanfaatkan sebagai bahan masakan. baik untuk sayur hingga sambal.
Namun ternyata, di samping bentuknya yang indah, aromanya yang eksotis dan rasanya yang unik, tanaman herbal ini juga tak kalah menggoda dari segi kesehatan. Kecombrang memiliki sifat antikanker dan antibakteri akibat kandungan antioksidannya yang sangat tinggi.
"Zat berwarna merah di dalam bunga kecombrang, memiliki antioksidan yang tinggi yang mampu cegah radikal bebas penyebab kanker. Tapi sebaiknya dikonsumsi dalam keadaan mentah, karena kandungan antioksidan akan menurun drastis saat terkena panas," ujar spesialis gizi klinis, Dr.dr. Samuel Oetoro, MS, Sp.GK (K) dalam acara AYO HIDUP SEHAT di tvOne, Rabu 2 Januari 2019.
 
begitu pula pada batang dan daunnya yang dapat diolah sebagai lalapan atau hidangan lainnya. Tidak salah apabila Anda menggunakannya sebagai obat herbal alami yang multitalenta karena hampir seluruh bagian tanaman tersebut sangat baik untuk kesehatan. Zat yang dimilikinya diantaranya adalah:
Karbohidrat, sebagai sumber energi utama.
Protein, untuk membantu proses metabolisme dan regenerasi sel.
Lemak, sebagai cadangan energi.
Serat, untuk melancarkan sirkulasi sistem organ dalam, sangat banyak manfaat serat.
Zat Besi, untuk menjaga pengangkutan oksigen di dalam darah.
Kalium, untuk menjaga kesehatan jantung.
Kalsium, untuk pertumbuhan tulang dan gigi.
Vitamin C, untuk mencegah sariawan dan antioksidan maupun manfaat vitamin C lainnya.
Flavonoid, berfungsi sebagai antioksidan tambahan.
Saponin, bersifat anti-mikroba. 
Sumber  
manfaat.co.id  / viva.co.id / kumparan / my Pangandaran









Berikan Komentar Via Facebook

Ragam Artikel Lainnya
6 Bisnis Usaha Kecil Menengah Yang Menjanjikan
6 Bisnis Usaha Kecil Menengah Yang Menjanjikan
Jum'at, 26 Februari 2016 12:05 WIB
Usaha kecil menengah (UKM) adalah salah satu motor penggerak perekonomian di negara kita, bahkan menurut informasi yang saya baca di berbagai media informasi, Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) merupakan ‘tulang punggung’ perekonomian di Indonesia.
Cara Meningkatkan Packaging atau Kemasan Produk
Cara Meningkatkan Packaging atau Kemasan Produk
Senin, 09 Mei 2016 14:06 WIB
Setelah mengetahui fungsi packaging atau kemasan, tentunya anda dapat menyimpulkan atau menemukan cara yang tepat untuk menigkatkan kualitas kemasan anda sehingga memikat para konsumen dan meningkatkan penjualan.
PENINGKATAN PRODUK OLAHAN HASIL PERIKANAN
PENINGKATAN PRODUK OLAHAN HASIL PERIKANAN
Sabtu, 14 Desember 2019 19:02 WIB
Kadin Pangandaran kembangkan di Program Businis Devlipment Centre BDC Pangandaran yaitu mengembangkan berbagai produk ikan laut supaya bernilai jual baik kita memberikan pembekalan mulai dari pelatihan pengolahan, SDM, Pembukuan dan pelatihan, Promosi termasuk Disain kemasan dan Pemasaran
Artikel Pilihan
PENINGKATAN PRODUK OLAHAN HASIL PERIKANAN
Sabtu, 14 Desember 2019 19:02 WIB

Kadin Pangandaran kembangkan di Program Businis Devlipment Centre BDC Pangandaran yaitu mengembangkan berbagai produk ikan laut supaya bernilai jual baik kita memberikan pembekalan mulai dari pelatihan pengolahan, SDM, Pembukuan dan pelatihan, Promosi termasuk Disain kemasan dan Pemasaran


Artikel Popouler