Wisata Pangandaran
Batu Lumpang Garden wisata andalan paporit wisatawan di Pangandaran

Batu Lumpang Garden wisata andalan paporit wisatawan di Pangandaran

Destinasi wisata Batu Lumpang Garden yang tidak jauh dari pusat kota bisa menjadi pilihan paporit baru para wisatawan yang sedang berlibur ke Pangandaran. Dikenal dengan nama Grand Cliff atau Batu Lumpang Garden, tempat ini menjadi destinasi anyar buruan para wisatawan yang unik dan menarik. Batu Lumpang Garden berjarak sekitar 26 kilometer dari Pantai Pangandaran, tepatnya berada di Dusun Dukuh 1, Desa Parakanmanggu Kecamatan Parigi. Akses jalan menuju ke sana sangat baik. Dari pusat Pemerintahan Kabupaten Pangandaran di Parigi, wisatawan bisa menuju jalan raya Parigi-Cigugur. Batu Lumpang Garden berada di kawasan ekosistem karst atau batuan kapur, tempat ini benar-benar menyuguhkan pemandangan berbeda karena memiliki keunikan topografi.

Sejumlah bukit kapur dan tebing-tebing tinggi menjadi relief alam yang menyajikan panorama berbeda. Udaranya sejuk. Suasananya jauh dari keramaian dan kebisingan menjadikan tempat ini layak dikunjungi bagi para petualang. Selain perbukitan batuan kars yang unik, Batu Lumpang Garden juga dibelah oleh aliran Sungai Cijulang yang jernih. Sungai ini juga melintasi objek wisata Green Canyon atau Cukang Taneuh yang lebih dulu populer di kalangan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.
Jika di Green Canyon populer dengan wisata menyusuri sungai menggunakan perahu dan body rafting, di Batu Lumpang Garden, Aktifitas Kayak, perahu kano dan body Rafting Batu Lumpang Garden andalan paporit wisatawan, destinasi wisata yang  populer dan ngehits juga instagramable di Pangandaran. Grand Cliff, atau tebing agung sebagai nama populernya saudara tuanya Green Canyon, Green Santirah dan Green Valley yang juga berada di kawasan Pangandaran. Namun Grand Cliff, Batu Lumpang Garden memiliki keunikannya sendiri, alamnya juga aktivitas alam bebasnya. Lebih populer dengan aktivitas Kayak dan Kano di Pangandaran, tapi Anda juga bisa jajal Body Rafting, Hiking dan Camping disini. wisatawan bisa mencoba mengarungi sungai dengan kayak atau kano. Perahu ringan yang dikendalikan dengan dayung tersebut akan menjadi teman berpetualang yang mengasyikkan. Ada dua pilihan kayak, yakni untuk satu orang dan dua orang. Kayaking atau Kanoing ini merupakan aktivitas mengarungi sungai dengan jeram tingkat rendah maupun sedang.

Bagi para wisatawan yang belum pernah bermain kayak, tidak perlu khawatir, karena sepanjang aktivitasnya akan didampingi para pemandu wisata. Mereka juga akan memberikan pengarahan terlebih dahulu sebelum beraktivitas. Wisatawan bisa memilih trek pendek maupun panjang dengan durasi 1 hingga 4 jam. Biayanya cukup terjangkau, yakni mulai Rp 100.000 hingga Rp 250.000 per orang, tergantung paket yang dipilih. Beberapa fasilitas yang ditawarkan yakni papan kayak, jaket pelampung dan peralatan aman lainnya, kemudian makan siang dan jasa foto. “Kami siap melayani wisatawan yang ingin menikmati suasa berbeda dan merasakan pengalaman baru berwisata ke Pangandaran Bagi wisatawan tidak perlu khawatir, fasilitas wisata seperti area parkir untuk kendaraan (roda dua, roda empat) sudah tersedia.” tutur Adang, salah satu pemandu wisata di sana. Saat ini, kata dia, pelaku wisata di Batu Lumpang Garden

Beragam aktivitas bisa dilakukan di Batu Lumpang Garden,selain kayak, juga banyak aktivitas di alam yang menyenangkan lainnya. “Bisa dicoba, termasuk juga camping Pantai Pangandaran bisa terlihat dan body rafting,” kata dia. Anto (30), salah seorang wisatawan asal Bandung mengaku seru dan senang setelah mencoba bermain kayak bersama teman rtemanya di Batu Lumpang. Dirinya mendapatkan pengalaman baru selama liburan ke Pangandaran. “Asyik banget. Benar-benar merasakan berbeda. Pemandangan sangat keren, sungainya bersih berada di bawah dua tebing batu yang indah, enggak nyesel pokoknya. Seru banget,” ujarnya. Ketua Penggerak Parawisata Kabupaten Pangandaran Edi S mengatakan Batu Lumpang Garden menjadi salah satu objek wisata pilihan selain pantai. “Saat ini sudah banyak pilihan tempat wisata yang bagus selain pantai, kami berharap bisa menjadi pilihan bagi wisatawan,” ujarnya.

Sumber; Artikel ini telah terbit di radartasikmalaya.com / mypangandaran.com








Berikan Komentar Via Facebook

Wisata Pangandaran Lainnya
BDC Fasilitasi Kemitraan Sinergis antara Usaha KSM dengan Program Produk Unggulan Daerah
BDC Fasilitasi Kemitraan Sinergis antara Usaha KSM dengan Program Produk Unggulan Daerah
Jum'at, 26 Februari 2016 12:03 WIB
Pendekatan tridaya dari aspek ekonomi dalam PNPM Mandiri Perkotaan, yang kini menjadi Program Peningkatan Kualitas Permukiman (P2KP), selama ini secara konsisten memfasilitasi peningkatan pendapatan masyarakat. Antara lain dengan pengembangan usaha mikro kecil
Manfaat Minyak Kelapa VCO untuk Kesehatan
Manfaat Minyak Kelapa VCO untuk Kesehatan
Kamis, 03 November 2022 09:15 WIB
Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh Manfaat pertama mengonsumsi VCO adala membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Karena minyak ini memiliki kandungan yang bersifat sebagai antioksidan, antimikroba dan antibakteri, yang bisa membantu melindungi sel imun dari kerusakan akibat radikal bebas dan virus penyebab penyakit.
Manfaat VCO untuk Kesehatan dan Perawatan Kecantikan
Manfaat VCO untuk Kesehatan dan Perawatan Kecantikan
Kamis, 03 November 2022 08:59 WIB
VCO atau Virgin Coconut Oil adalah minyak kelapa murni yang sedang populer, di dunia kesehatan maupun di dunia kecantikan. Karena minyak kelapa murni dapat di konsumsi secara langsung, maupun dijadikan sebagai bahan alami untuk perawatan kecantikan.
Artikel Pilihan
VCO Berfungsi untuk Kekebalan Tubuh
Kamis, 03 November 2022 12:19 WIB

Manfaat pertama mengonsumsi VCO menurut para ahli dan dokter gizi juga ulama adalah membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Karena minyak ini memiliki kandungan yang bersifat sebagai antioksidan, antimikroba dan antibakteri, yang bisa membantu melindungi sel imun dari kerusakan akibat radikal bebas dan virus penyebab penyakit