Wisata Pangandaran
Pantai Madasari tempat paporit untuk bermain berselancar wisatawan lokal hingga mancanegara.

Pantai Madasari tempat paporit untuk bermain berselancar wisatawan lokal hingga mancanegara.

Pantai Madasari mulai ramai dikunjungi wisatawan lokal hingga mancanegara. Pantai yang terletak di ujung sebelah barat Kabupaten Pangandaran itu dikelola pemerintah desa. Berbagai  aktivitas menyenangkan dapat dilakukan di Pantai ini. Mulai dari bermain air di tepi pantai, swafoto,  menikmati sunset samudera hindia, dan yang pasti panorama alami.
Kisah Mistis Pantai Madasari
Legenda yang dipercaya penduduk sekitar pantai, adalah soal kuda sembrani. Pantai ini konon digunakan sebagai tempat singgah kuda sembrani milik Sultan Agung. Kuda terbang itu kabur dari kandang di Kerajaan Mataram. Nama Madasari berasal dari kata Madang Nyari.
Dulunya Madasari merupakan hutan belantara. Namun setelah menjadi perkampungan, salah satu pendatang dari Suku Bugis bernama Daeng Danto merubah nama Madang Nyari menjadi Madasari. Mada artinya makanan dan Sari artinya Rasa, jadi artinya makanan yang memiliki rasa yang enak.
Konon Sultan Agung memiliki kuda sembrani. Kuda sembrani hanya ada di tanah Mekah. Maka saat Sultan Agung melaksanakan salat Jum’at di Mekah, saat pulang sholat beliau membawa kuda sembrani. Selanjutnya dikisahkan kuda sembrani tersebut kabur dari kandang. Kuda terbang itu menuju ke pantai selatan pulau Jawa yaitu Madasari.
Konon kuda sembrani Kerajaan itu menyetubuhi kuda betina yang dipelihara oleh warga. Hingga saat ini, rata-rata orang Madasari memelihara hanya kuda betina. Mereka masih percaya  jika memelihara kuda jantan, akan mati mengenaskan dengan tidak wajar.
Lokasi Pantai MadasariPantai Madasari terletak di Desa Masawah Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.
Dari kota Pangandaran, pantai indah ini bisa dicapai dengan jarak tempuh sekitar 20 Km.
Rute Menuju Pantai MadasariUntuk mengunjungi pantai Madasari bisa dicapai dari mana-mana, seperti Surabaya, Tasik, Jakarta, Garut, Bandung dan lain-lain.
Dari pusat Kota Pangandaran untuk menuju ke lokasi Pantai Madasari membutuhkan waktu kurang lebih 0.5 jam. Rutenya yaitu Pangandaran kemudian ambil arah Cimerak. Rute ini juga akan melewati Pantai Batu Hiu dan Green Canyon yang populer tersebut.
Setelah sampai di Cimerak, ambil jalan lurus hingga sampai di Legok Jawa. Kemudian ambil kiri menuju ke Bulakbenda dan sedikit lagi sudah sampai di lokasi.
Akses jalur lainnya yaitu langsung ambil kiri ke desa Masawah ketika berada di Cimerak. Setelah itu lurus hingga ke Bulakbenda dan Madasari.
Jika bingung dengan rute ini, coba bertanya kepada warga sekitar. Sangat disarankan untuk mengambil rute melalui Legok Jawa, apalagi jika perjalanan dilakukan saat siang hari. Ini karena pemandangan di sepanjang jalur itu sangat indah.
Jam Buka Pantai MadasariMengenai waktu kedatangan ke pantai madasari, tidak perlu khawatir soal jam operasional. Pantai di Pangandaran ini buka 24 jam.
Jadi kapanpun datang ke lokasi indah ini, tetap bisa masuk ke area pantai.
Tiket Pantai MadasariTiket wisata Pantai Madasari berbeda dengan lokasi wisata lain. Di sini harga tiket bukan berdasarkan jumlah pengunjung, tapi berdasarkan kendaraan yang digunakan.
Pejalan kaki Rp 2.500, Motor Rp.7.000, mobil Rp.25.000, Bus Kecil Rp.110.000, dan Bus Besar Rp.160.000. Penentuan harga tiket itu tidak memperhatikan jumlah orang di dalam kendaraan.
Fasilitas Pantai MadasariWalau pantai Madasari masih terlihat begitu alami dan jarang dikunjungi wisatawan, tapi telah disediakan beberapa fasilitas umum. Di sini tersedia Mushola, Area Parkir,  dan Toilet. Bahkan tersedia toilet sebanyak 19 buah.
Jika ingin bermalam di sini juga sangat mudah. Pengunjung yang memiliki hobi berkemah atau camping, bisa berkemah di fasilitas camping ground.
Pantai Madasari menyuguhkan panorama alam yang sangat indah nan menawan. Tak hanya itu, hempasan ombak laut terbilang cukup besar sehingga layak dijadikan tempat untuk berselancar.
Meskipun jarak yang ditempuh untuk menuju pantai inicukup jauh, namun itu bukan hambatan. Malah sebaliknya di sepanjang perjalanan pengunjung  akan disuguhkan keindahan alam yang juga memukau.
Bagi pengunjung yang suka dengan keheningan alam, berwisata ke Pantai Madasari di Jawa Barat ini adalah hal yang pas untuk menenangkan pikiran. Pasalnya kawasan pantai ini masih terlihat begitu alami dan jarang dikunjungi wisatawan. Akan tetapi walau sepi, di dalam pantai telah disediakan beberapa fasilitas umum, seperti Mushola dan Toilet.
2.Pulau-Pulau KecilPantai Madasari berbeda dengan pantai–pantai lainnya yang ada di Pangandaran, Pantai ini memiliki ciri Khas yang mungkin di pantai-pantai lainnya tidak memiliki. Pantai Madasari memiliki 11 Pulau kecil di sekitar pantai.
Pantai Madasari menyajikan panorama alam yang sangat indah dengan dihiasi pulau-pulau kecil berpadu dengan hijaunya dataran Desa Masawah.  Pulau-pulau yang menjadi keunikan wisata Pantai  ini terletak dekat dengan tepi pantai. Pulau-pulau tersebut menyajikan pemandangan yang luar biasa, memiliki batu-batu karang yang sangat cantik.
 Ada 11 pulau-pulau kecil yang tersebar di sepanjang garis Pantai Madasari. Pulau-pulau tersebut mempunyai nama-namanya tersendiri, diantaranya yaitu, Pulau Duduk, Pulau Sodong Gede, Pulau Gedogan, Pulau Karang Seugeuh, Pulau Batuleuit, Pulau Karang Tambaga, Pulau Kalapa Satangkal, Pulau Manggar, Pulau Cangkore, Pulau Bale Kambang, dan Pulau Legok Bancet.
Ada satu pulau terkenal yang menjadi daya tarik utama Pantai Madasari. Pulau tersebut bernama Batuleuit. Batuleuit menjadi icon Pantai ini. Sebagai Icon yang sudah dikenal oleh banyak wisatawan, Batuleuit menjadi lokasi yang sering dijadikan background untuk swafoto. Bahkan, banyak para pecinta fotografi datang hanya untuk memotret pulau tersebut.
3 CampingSelain panorama pantai dan ombak yang menarik, berkemah juga menjadi daya tarik dipantai madasari ini. Ada jasa penyewaan tenda yang siap digunakan oleh para pengunjung. Hal itu untuk menfasilitasi pengunjung yang ingin bermalam menikmati keindahan laut malam hari.
Banyak komunitas-komunitas yang sengaja datang ke Pantai Madasari untuk melaksanakan event-event tertentu dan bermalam mendirikan tenda. Para pengunjung memang dapat menggunakan fasilitas Pantai untuk mengadakan acara dan menjadikan Pantai sebagai lokasi acara. Pengunjung dapat menghubungi pemerintah setempat untuk melakukan perijinan terlebih dahulu.
Grup Band legendaris Slank juga pernah melaksanakan acara Jambore Slanker Jabar yang ke-10 Paguyuban Slanker Jawa Barat di pantai ini pada tanggal 18 – 19 Oktober 2014 . Dalam jambore tersebut para slanker Jabar juga mengadakan bakti sosial membersihkan pantai dan memberi bantuan 19 toilet atau WC Umum di Pantai Madasari.
Untuk memilih lokasi mendirikan tenda, pengunjung bisa menghubungi penduduk setempat. Mereka sangat paham untuk membantu menunjukkan tempat yang paling strategis untuk mendirikan tenda..
Jelajah AlamBagi pengunjung yang tertarik dengan hiking atau penjelajahan alam, dapat melakukan petualangan dengan menjelajah alam di sekitar Pantai Madasari yang indah. Menurut warga setempat di sekitaran Pantai Madasar Pangandaran masih banyak hewan-hewan yang sudah cukup jarang dilihat. Misalnya ayam hutan atau cangehgar.
Tak hanya itu, terdapat pulau-pulau kecil di kawasan pantai tersebut, sehingga menambah pemandangan alam yang sangat menarik dan menakjubkan. Alangkah baiknya jika anda berkunjung ke Pantai ini berramai-ramai seperti bareng keluarga atau  teman-teman. Agar suasana yang tercipta lebih asik dan seru.
Perlu anda ketahui para pengunjung pantai madasari yang ingin hikking di sekitar pantai, untuk diwaspadai soal bulu babi. Apabila air pantai surut mesti waspada karena di kawasan pantai masih banyak bulu babi yang terbawa oleh gulungan ombak.
Salah satu momen yang paling menyenangkan yang bisa anda saksikan di Pantai ini, yakni dapat melihat deburan ombak yang menabrak karang-karang setinggi 5-6 meter, lantaran hal ini tidak bisa dilihat di setiap pantai.
5.Menunggu SunsetPantai Madasari Pangandaran memiliki keindahan tersendiri yang unik dibandingkan pantai lain. Pengunjung dapat menikmati keindahan matahari terbenam sunset di pantai ini. Di saat senja itu, panorama alam Pantai ini terlihat sangat indah.
Sinar matahari senja sangat menakjubkan. Suasana itu selalu dinantikan pengunjung untuk menikmati keindahan. Pengunjung juga memanfaatkan momen itu dengan berfoto selfie, dan duduk di bibir pantai.
Pengunjung wajib berfoto dengan background dari panorama alam yang alami untuk menjadi momen yang mengesankan.
Sebaiknya pengunjung membawa bekal makanan atau minuman dari rumah untuk lebih berhemat. Lagi pula menikmati makan dan minuman ringan di pantai saat moment sunset, akan terasa sungguh nikmat.
Akan tetapi ingat jangan pula sampai lena. Jangan pulang terlalu larut malam karena akses yang terbilang tidak mudah.
Objek Wisata Dekat Pantai MadasariSetelah puas bermain main pasir dan berburu foto, pengunjung bisa mencoba wisata lam yang rada ekstrim. Pengunjung mungkin bisa mencoba Body Rafting menyusuri sungai jernih di Green canyon Pangandaran. Lokasi eksotis ini hanya berjarak 14 km dari pantai ini.
Namun jika pengunjung masih ingin mengeksplorasi lebih jauh pesona pantai wilayah pangandaran, bisa mencoba pantai populer Batukaras. Pantai indah ini berada 20 km di sebelah utara pantai madasari. Pantai batukaras memiliki karakter suasana alam yang tenang dan gelombang laut yang bersahabat. Dengan pantai yang landai membuat pengunjung kerasan tinggal di kawasan ini.
Demikianlah pemaparan singkat tentang wisata Pantai Madasari Pangandaran. Pantai yang bisa dijadikan sebagai tempat liburan yang seru dan pasti menyenangkan. Bagi kamu yang suka eksplorasi lokasi wisata, maka saat berkunjung ke Pangandaran jangan lewatkan pesona keindahan dari pantai yang satu ini.
 
https://www.nativeindonesia.com/pantai-madasari/
 
 








Berikan Komentar Via Facebook

Wisata Pangandaran Lainnya
VCO Berfungsi untuk Kekebalan Tubuh
VCO Berfungsi untuk Kekebalan Tubuh
Kamis, 03 November 2022 12:19 WIB
Manfaat pertama mengonsumsi VCO menurut para ahli dan dokter gizi juga ulama adalah membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Karena minyak ini memiliki kandungan yang bersifat sebagai antioksidan, antimikroba dan antibakteri, yang bisa membantu melindungi sel imun dari kerusakan akibat radikal bebas dan virus penyebab penyakit
POTENSI BUAH DAN TANAMAN KECOMBRANG / HONJE SANGAT LUAR BIASA
POTENSI BUAH DAN TANAMAN KECOMBRANG / HONJE SANGAT LUAR BIASA
Sabtu, 14 Desember 2019 18:33 WIB
Kecombrang atau Honje kalau di oleh memiliki khas tersendiri. Alhamdulillah saya sudah ada referensi dari beberapa orang di desa mangun jaya ada kelompok Usaha kecil yang sedang di arahkan komoditas ini, mudah mudahan nanti ada pelaku usaha kecil lain yang bisa mengolah kecombrang atau honje menjadi minuman olahan dan sejenisnya yang khas di Pangandaran. Obyek wisata di Pangandaran yang sedang di tata tentu akan berdampak baik buat para pelaku usaha kecil. Ujar Teddy Ketua Kadin Pangandaran.
Tulisan 5 “Peluang Bisnis Di Pantai Pangandaran”
Tulisan 5 “Peluang Bisnis Di Pantai Pangandaran”
Minggu, 02 April 2017 04:29 WIB
Dengan banyaknya pengunjung yang berdatangan ke daerah wisata Pantai Pangandaran merupakan salah satu alasan masyarakat sekitar melakukan usaha berdagang di sepanjang Pantai Pangandaran dan tidak sedikit pula yang menggantungkan hidup atas hasil berdagangnya. Usaha berdagang yang dilakukan oleh para pengusaha kecil di daerah wisata Pantai Pangandaran ini, menjual berbagai macam baju atau celana pantai, cindera mata atau souvenir, rumah makan, dan lain sebagainya. Selain masyarakat yang berdagang, tak jarang pula para investor yang tertarik untuk membuka usaha di Pantai Pangandaran ini
Artikel Pilihan
VCO Berfungsi untuk Kekebalan Tubuh
Kamis, 03 November 2022 12:19 WIB

Manfaat pertama mengonsumsi VCO menurut para ahli dan dokter gizi juga ulama adalah membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Karena minyak ini memiliki kandungan yang bersifat sebagai antioksidan, antimikroba dan antibakteri, yang bisa membantu melindungi sel imun dari kerusakan akibat radikal bebas dan virus penyebab penyakit