Berita Berita Bisnis dan UKM
Kadin Pangandaran Pokus adakan Pelatihan dan Pengembangan Usaha Mikro

Kadin Pangandaran Pokus adakan Pelatihan dan Pengembangan Usaha Mikro

Pangandaran 21/9-2020, Geliat Usaha Menengah Kecil dan Mikro {UMKM} mempunyai peran yang baik dan strategis dalam peningkatan pembangunan ekonomi nasional saat ini, selain terasa dampak perannya dalam pertumbuhan sosial ekonomi dan penyerapan tenaga kerja juga berperan dalam pendistribusian hasil-hasil komoditi hulu yang cukup masif hingga terlihat dampak geliat pembangunannya. Sektor Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) terbukti memiliki ketangguhan dalam menghadapi krisis ketika banyak usaha berskala besar yang mengalami stagnasi bahkan berhenti aktivitasnya. Oleh karena itu pengembangan ekonomi pelaku sektor UKM / UMKM / IKM menjadi poin penting dalam pembangunan.

Namun faktanya unit usaha pada sektor UMKM seringkali terlihat terabaikan bahkan cenderung tersisishkan yang akhirnya tidak jadi skala prioritas dalam penangananya hanya karena hasil produksinya dalam skala kecil dan belum mampu bersaing dengan unit unit usaha lain.

Teddy Ketua KADIN Kabupaten Pangandaran yang juga Ketua program pengembangan UMKM bidang Sosial Ekonomi Business Development Center BDC menyampaikan di Kabupaten Pangandaran komoditas kelapa itu jadi unggulan masyarakat usaha mikro karena dari sisi kwalitasnya pun memang kelapa pangandaran sangat baik untuk hasil produksi gula bahan baku kecap ataupun minyak kelapanyanya produksi pada tahun 2019 lalu mencapai 71.524,03 ton Gula dari luas lahan 8.901,39 hektare dan ini menjadi perhatian pemerintah. Tidak hanya meningkatkan tenaga kerja akan tetapi juga meningkatkan kesejahteran petani kelapa atau gula  merah.

Komoditi lain yang tidak kalah potensial adalah Kopi Robusta Pangandaran dari data berbagai sumber yang kami dapat luas luas kebun kopi di kabupaten Pangandaran sejumlah 550 ha lebih bahkan 1.120 ha. Namun Kopi Pangandaran sejauh ini masih di serap oleh Pedagang / bakul dari luar kota seperti Ciamis, banjar sari Tasikmalaya dan Bandung  itu pun dalam keadaan mentah jadi harganya belum ada peningkatan,
untuk itulah kami mencoba menempatkan diri membantu pemerintah memberikan edukasi terhadap petani dalam bentuk Pelatihan pelatihan sejak 2012 di komoditas ikan memberikan pelatihan pengembangan produk ikan supaya bernialai lebih seperti menjadikan snack. baso, otak otak,abon ikan dll, kalau komoditas kelapa salah satunya membuat Gula semut dan kecap, Fakaging di komoditas kopi memberikan pelatihan cara merawat pohon, stek, mengolah produk hilir sampai pasarnya intinya bagai mana merubah komoditas komoditas produk masyarakat tadi bisa bernilai lebih supaya bisa meningkatkan nilai jual suatu produk . Ujar Teddy 

Kopi Robusta Pangandaran menurut saya sudah bagus dari segi basic nya,apalagi setelah pelatihan banyak perkembangan beberapa hari saya di perkebunan kopi Pangandaran ingin melihat kebiasaan baru memanen kopi, penjemuran sampai dengan greding kopi melihat hasil pelatihan beberapa bualan lalu saya cukup puas jauh dari ekfetasi saya. Jujur saya sangat senang.untuk potensi kopi robusta sangat bagus pak karena saya rasakan sendiri kopi pangandaran punya karakter tersendiri yg bikin berbeda dengan kopi jabar lainnya tapi perbedaannya dalam hal positif yah. Dan bahkan sya setiap pelatihan selalu bilang the best robusta adalah kopi pangandaran.dan saya juga lagi branding kopi pangandaran pak insya allah Nama besar kopi pangandaran sebanding dengan kwalitasnya. InsaAllah kita bisa bantu dlm hal pengetahuan dan branding. Ujar Manager Barista Kevin Vins Firmansyah  

Pengembangkan Usaha Kecil Menengah Dengan Cara sederhana!

Dalam memulai usaha ataupun mengembangkan usaha yang sudah ada, tentu harus memiliki niat dan kiat yang dapat membantu kamu dalam pengembangannya, karena itu untuk mendukung perkembangan bisnismu kamu bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini:

Pilih Lokasi Yang Tepat
Untuk UKM yang bergantung kepada toko fisik, lokasi merupakan salah satu modal utama yang paling penting dalam mengembangkan usahanya. Dengan menentukan lokasi yang strategis (bisa dekat dengan pelanggan atau dekat dengan sumber bahan baku) tentu akan sangat berpengaruh dengan bisnismu,
Dengan memilih lokasi yang dekat dengan pelanggan, tentunya exposure atau awareness dari usahamu akan lebih besar sehingga kemungkinan terjadinya transaksi juga lebih besar. Jika memang tipe usahamu membutuhkan supply bahan baku secara konstan, maka kedekatan dengan lokasi bahan baku bisa memperkecil biaya yang pada akhirnya dapat membuat harga jual lebih rendah dan memberi competitive advantage pada usaha kamu
.
Kemasan Menarik
Kemasan saat ini tak hanya untuk melindungi produk, kemasan juga menjadi unsur terpenting dalam peningkatan nilai jual. Selain keamanan produk, kreasi dalam kemasan menjadi tugas lain produsen untuk menghasilkan produk yang unik. Karena produk ini merupakan kebutuhan, kadang konsumen cenderung menilai penampilan kemasan sebelum rasa

Manfaatkan Media Online
Ya di era digital seperti sekarang, tentu peran dari media sosial sangat powerful dalam melakukan kegiatan apapun apalagi digunakan sebagai media untuk memasarkan usaha kecil menengah milikmu. Dengan media sosial, kamu bisa melakukan promosi dengan biaya yang scalable, artinya biaya dapat disesuaikan dengan budget dan tahap perkembangan usaha kamu.
Kelebihan lain dari promosi menggunakan media sosial adalah Reach atau jangkauan. Media sosial dapat menjangkau ke lebih pasar yang lebih luas baik itu mereka yang diluar pulau atau luar negeri sekalipun. Cara mempromosikannya juga bermacam-macam dari membuat gambar yang menarik atau memberikan informasi produk dengan suguhan artikel untuk membuat pelanggan lebih memahami secara detail produk yang kamu pasarkan.

Lakukan Inovasi
Pelanggan biasanya memiliki sifat mudah bosan dan cenderung ingin sesuatu yang baru, agar pelanggan tersebut tidak ‘pergi’ ke lain tempat kita harus memberikan inovasi untuk usaha kita agar dapat menarik mereka kembali. Hal ini sangat penting terutama bagi usaha yang memiliki banyak kompetitor. Karena itu inovasi sangat penting untuk dilakukan apabila ingin mengembangkan usaha tersebut.
Sebagai contoh, kamu memiliki usaha ayam goreng untuk membuat usaha ayam kamu tetap ramai pengunjung, selain mempertahankan cita rasa yang sudah kamu miliki kamu perlu memberikan inovasi ayam baru seperti ayam geprek, ayam saus telur asin, ayam kremes dan sebagainya. Selain dapat mempertahankan pelanggan lama, adanya inovasi bisa membuat usaha kamu mendapatkan pelanggan baru dari segmen yang berbeda.

Rencanakan Keuangan
Dengan BaikKenapa aspek ini diperlukan dalam pengembangan usaha kecil menengah? Karena faktanya banyak usaha yang bangkrut dikarenakan adanya kesalahan dalam pengelolaan keuangan, kesalahan dalam pengelolaan tersebut timbul karena tidak adanya monitor keuntungan dan kerugian. Salah satu cara untuk pengelolaan keuangan yang lebih baik adalah dengan sistem pencatatan yang rapih serta membuat laporan keuangan secara rutin. Saat ini sudah banyak software-software yang bisa membantu pencatatan ini. Keuntungan lain dari adanya pencatatan dan laporan keuangan yang tertata adalah dapat digunakan sebagai dokumen pendukung dalam pengajuan pinjaman usaha.

Kenali Kompetitor
Dalam bisnis, pada umumnya ada puluhan bahkan ribuan yang memiliki produk sama dengan produk yang kamu pasarkan. Inilah yang bisa disebut sebagai kompetitor, dan menjadi hal yang penting untuk  kita tahu apa kelebihan dan kekurangan mereka dibandingkan dengan kita. Dengan memahami bisnis mereka tentu kamu bisa menentukan hal yang bisa kamu improve ataupun tonjolkan, sebagai pembeda dari produk maupun layanan yang Kompetitor tawarkan. Berkompetisi sudah menjadi hal yang biasa dalam bisnis, dan dengan memiliki faktor pembeda dari kompetitor tentunya usaha kita akan bisa berkembang lebih jauh.

Menggunakan Pinjaman
UsahaSalah satu faktor penghambat dari kebanyakan UKM dalam mengembangkan usahanya adalah adanya keterbatasan modal usaha. Ketika UKM ingin menambah cabang di lokasi baru, atau menambah alat produksi (mesin), ataupun butuh dana talangan sementara untuk sebuah project baru, tentunya diperlukan modal tambahan.

Dana pinjaman usaha
dapat menjadi solusi untuk mendapatkan modal tambahan, dan lebih murah dibandingkan harus menjual sebagian kepemilikan kepada partner (equity financing). Dana pinjaman usaha biasanya didapatkan dari bank tetapi ada syarat-syarat yang biasanya sulit dipenuhi oleh UKM, salah satunya adalah butuhnya agunan berupa fixed asset (tanah & bangunan).

Sumber Sumber :Pikiran Rakyat / Republika / mediaonline / umkmku / mediaekonomi

 





Berita Berita Bisnis dan UKM Lainnya
Siapa bilang UKM Tidak Perlu Memiliki Sertifikasi Halal ?
Siapa bilang UKM Tidak Perlu Memiliki Sertifikasi Halal ?
Minggu, 09 Juni 2019 09:36 WIB
"Saya optimis, sertifikasi halal akan meningkatkan penjualan, minimal kepercayaan terhadap produk UKM semakin baik," Teddy Sonjaya
Ibu-Ibu dan Bapak bapak UKM Pangandaran Belajar Produksi Kue dari Cheef Zahakir Haris
Ibu-Ibu dan Bapak bapak UKM Pangandaran Belajar Produksi Kue dari Cheef Zahakir Haris
Jum'at, 15 Maret 2019 21:31 WIB
ejumlah ibu-ibu dari beberapa UMKM di Kabupaten Pangandaran tampak sangat antusias saat mengikuti Coacing Klinik di Rumah Kreatif Bersama BNI Kabupaten Pangandaran (11/04), acara yang menghadirkan Wakil Asosiasi Chef Bogor dan juga Dosen STP Bogor Zakhir Haris menyedot antusiasme peserta. Pada coaching kali ini, ibu-ibu bukan hanya disuguhkan materi tentang bagaimana memproduksi beberapa jenis makanan termasuk kue, tetapi belajar bagaimana bisnis yang bisa dikembangkan dari industri kuliner yang sedang tren saat ini. Hadir dalam kesempatan itu Sekertaris Dinas Pariwisata Kabupaten Pangandaran Ibu Lilis. Dalam acara itu Ia menyampaikan pesa bahwa parawisata merupakan magnet untuk menciptakan peluang potensi bisnis yg luar biasa dari nilai ekonomi akan tetapi kesiapan kita sebagai pelaku usaha untuk memberikan yg terbaik buat konsumen adalah memberikan kwalitas produk yang terbaik beliau berharap kegiatan seperti ini terus di lakukan buat UMKM di Pangandaran. Secara terpisah, ketua Kadin Pangandaran sekaligus penanggung jawab RKB Pangandaran mengungkapkan rasa senangnya atas antusiasme peserta dan mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Zahakir Haris yang sebenarnya juga orang Pangandaran. Ia berharap banyak yang bisa dilakukan dengan acara Coacing klinik untuk meningkatkan kualitas UMKM di Pangandaran.
Ikan Asin Jambal Roti Masih Jadi Primadona untuk Oleh Oleh
Ikan Asin Jambal Roti Masih Jadi Primadona untuk Oleh Oleh
Jum'at, 01 Maret 2019 20:27 WIB
Ikan asin jambal roti masih menjadi primadona yang diburu wisatawan di objek wisata Pantai Pangandaran. Gerai-gerai penjual ikan asin jambal roti, hingga pusat-pusat pembuatannya masih terus ramai dikunjungi wisatawan
BNI dan RKB Pangandaran Rekrut Pelajar Jadi Pengusaha
BNI dan RKB Pangandaran Rekrut Pelajar Jadi Pengusaha
Senin, 17 Desember 2018 11:24 WIB
Bank Negara Indonesia (BNI) dan Rumah Kreatif BUMN (RKB) Pangandaran melucurkan program penumbuhan minat wirausaha bagi pelajar di Kabupaten Pangandaran, Kamis (13/12).