Berita Berita Pangandaran
MABICAB BERIKAN PENGHARHAAN TERHADAP PARA PENGGIAT PRAMUKA DI PANGANDARAN SEKALIGUS PENGUKUHAN PANDU BELANTARA PANGANDARAN

MABICAB BERIKAN PENGHARHAAN TERHADAP PARA PENGGIAT PRAMUKA DI PANGANDARAN SEKALIGUS PENGUKUHAN PANDU BELANTARA PANGANDARAN

110 anggota Pramuka Pandu Belantara Kabupaten Pangandaran dikukuhkan menjadi Pandu Belantara, minggu malam 28/7/2019, di aula meeting Hotel Surya Pangandaran.berasal dari siswa SMA, SMK , MA dari 10 Kecamatan di Kabupaten Pangandaran. oleh Ka Mabicab gerakan Pramuka Kabupaten Pangandaran yang juga Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata

Dalam kesempatan ini Ka Mabicab mengatakan kemajuan suatu daerah atau wilayah di ukur dari Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yaitu melalui kesehatan, pendidikan dan ekonomi masyarakatnya.

"Suatu daerah dikatakan maju apabila nilai IPM nya tinggi yaitu pada nilai pendidikan, kesehatan dan, ekonomi, sekarang ini kita sedang melakukan itu,"ujarnya.

Beliau menyampaikan untuk mendongkrak IPM di Kabupaten Pangandaran berbagai program sedang dilaksankan pemerintah.

"Dalam bidang pendidikan kita mencoba agar Perguruan Tinggi ada di Pangandaran dengan adanya UNPAD, sekolah gratis dari SD sampai SMA, dalam bidang kesehatan kita membangun Puskesmas RSU Kesehatan gratis, infrastruktur terus di selesaikan,"ungkapnya.

Namun beliau merasa khawatir dengan keberlangsungan generasi muda, sebagai tujuan daerah wisata tentu berbagai budaya akan hadir dan mempengaruhi pola hidup masyarakat Pangandaran terutama generasi muda, untuk itu pemerintah Kabupaten Pangandaran mengeluarkan program pendidikan karakter.

"Etika sopan santun sebagai orang timur sekarang ini mulai turun maka dikeluaran program pendidikan karakter yang di dalamnya ada pendidikan agama, kebudayaan, kepermukaan yang diharapkan membentengi arus budaya luar masuk ke generasi muda kita,"ujarnya.

"Dalam pendidikan kepermukaan salah satunya melalui Pandu Belantara ini, tentu kita akan dorong, di didik rasa kebangsaan, cinta tanah air, pendidikan pancasila, kewarganegaraan, sehingga diharapkan melahirkan SDM generasi muda yang handal,"tutur Ka Mabicab.

Menurutnya, Pandu Belantra ini sejalan dengan program pemerintah Kabupaten Pangandaran.

"Kegiatan Pandu Belantara ini merupakan bagian dari pendidikan karakter bagimana melahirkan generasi muda yang memahami teknologi, tetapi tak melupakan jatidirinya, teknologi, ilmu pengetahuan harus pinter tetapi jangan dimainkan teknologi tetapi kita yang memainkan teknologi,"ujarnya.

Dari pantauan saya pramuka sekarang sudah luar biasa, kalau kita mempunyai 1000 orang Pandu Belantara maka kita akan punya generasi muda pancasilais, mengerti wawasan kebangsaan, agamis, tak mudah terpancing hoax, pungkasnya.

Sementara itu Ketua Kewarcab gerakan Pramuka Kabupaten Pangandaran Drs. Apip Winayadi menjelaskan Pandu Belantara ini dalam usaha menyiapkan generasi muda yang diharapkan bisa menghasilkan sumber daya manusia yang handal. 





Berita Berita Pangandaran Lainnya
Pantai Batu Karas Pangandaran, Objek Wisata yang Sudah Diakui Dunia
Pantai Batu Karas Pangandaran, Objek Wisata yang Sudah Diakui Dunia
Sabtu, 27 Juli 2019 05:51 WIB
Pantai Batu Karas Pangandaran, Jawa Barat, kini semakin populer dan bahkan sudah mendunia. Hal itu setelah objek wisata pantai ini terus berbenah dan selalu menawarkan atraksi wisata baru bagi wisatawan.
Ribuan pencinta secuter akan banjiri objek wisata Pantai Pangandaran
Ribuan pencinta secuter akan banjiri objek wisata Pantai Pangandaran
Jum'at, 26 Juli 2019 06:12 WIB
Ribuan pencinta secuter akan banjiri objek wisata Pantai Pangandaran, dalam tajuk event tahunan Pangandaran lautan secuter “PALAS” vespa dalam memperingati ulang tahun yang ke-18 bertajuk Pangandaran Lautan Scooter yang akan di gelar tanggal 27-28 Juli 2019.di pantai barat Pangandaran
Sebanyak 410 Jemaah Calon Haji asal l Kabupaten Pangandaran di Berangkatkan
Sebanyak 410 Jemaah Calon Haji asal l Kabupaten Pangandaran di Berangkatkan
Sabtu, 20 Juli 2019 05:25 WIB
Sebanyak 410 Jemaah Calon Haji dari 10 Kecamatan asal Kabupaten Pangandaran diberangakatkan menuju embarkasi asrama haji Bekasi oleh Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata di Lapang Bumi Perkemahan Cikembulan, Pamugaran Pangandaran, Jumat, (19/7/2019).
FESTIVAL LAYANG LAYANG DUNIA WARNAI LANGIT PANGANDARAN
FESTIVAL LAYANG LAYANG DUNIA WARNAI LANGIT PANGANDARAN
Senin, 15 Juli 2019 05:48 WIB
Langit Pangandaran terlihat berbeda akhir pekan ini. Karena ada festival layang-layang Internasional yang siap menghibur wisatawan di Pangandaran.