Berita Berita Pangandaran
LIBURAN TAHIN 2019 PANGANDARAN TARGETKAN RETRIBUSI 5 MILIAR

LIBURAN TAHIN 2019 PANGANDARAN TARGETKAN RETRIBUSI 5 MILIAR

Pantai Pangandaran di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, mulai dibanjiri wisatawan sejak Rabu (5/6/2019) sore. Puncak kunjungan diprediksi terjadi mulai H+2 nanti.

Hingga Kamis (6/6/2019) siang kunjungan masih didominasi pengguna mobil pribadi dan sepeda motor. Mereka umumnya dari wilayah terdekat seperti Banjar, Ciamis, Tasikmalaya serta warga lokal Pangandaran sendiri. 
Ketua Tim Khusus Pemungut Retribusi Wisata Dadan Sugistha mengatakan kenaikan wisatawan terjadi mulai H+1 dan diprediksi mencapai puncaknya pada H+3 hingga H+6
Musim libur Lebaran tahun ini, kata Dadan, pihaknya menargetkan retribusi wisata sebesar Rp 3-5 miliar dari total target Rp 28,5 miliar tahun ini. Pendapat tersebut, kata Dadan, bersumber dari lima obyek wisata yang dikelola Pemkab Pangandaran yakni Pantai Pangandaran, Pantai Batukaras, Pantai Karapyak, Pantai Batuhiu dan Green Canyon. 

"Personel retribusi kita siapkan 87 orang. Insyaallah tercapai," ujar Dadan.
Demi menekan pengunjung tak bertiket, Pemkab Pangandaran menutup sejumlah akses masuk tak resmi atau biasa disebut 'jalan tikus' ke kawasan wisata Pantai Pangandaran. 

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pangandaran Saepuloh menuturkan penutupan dilakukan pada beberapa jalan tikus. Salah satunya adalah jalan masuk melalui lahan Grand Pangandaran dari Jalan Raya Pangandaran-Cijulang.

"Jalur itu celah paling besar. Kita tutup pakai water barrier, kita hanya sisakan akses untuk sepeda motor warga," ujar Saepuloh
Saepuloh mengatakan pada pengamanan lebaran tahun ini, pihaknya menyiapkan 100 personel yang bertugas di pos-pos pengamanan dan titik-titik parkir. 

Jika terjadi kemacetan di zona wisata seperti tahun-tahun sebelumnya, kata Saepuloh, disepakati pemberlakuan rekayasa lalulintas. 

"Kendaraan besar kita arahkan parkir di Pasar Wisata dan Lapangan Katapang Doyong. Kalau macet, kita putarkan arah keluar melalui Pintu Cikembulan," kata Saepuloh.
Suber detik,com



Berita Berita Pangandaran Lainnya
PNM ULaMM Berikan Bantuan tanggap bencana Ke BPPD Kab. Pangandaran
PNM ULaMM Berikan Bantuan tanggap bencana Ke BPPD Kab. Pangandaran
Jum'at, 11 Januari 2019 19:08 WIB
"Sebenarnya kami lebih fokus pemanfaatan Corporate Social Responsibility (CSR) ke model Pelatihan Usaha kecil di pelosok daerah, bagaimana memberdayakan masyarakat supaya berpenghasilan dan bisa mengelola usaha kecilnya dengan baik. Disitulah kita memerikan modal usaha untuk meningkatkan produktifitas. Tanggung jawab perusahaan merupakan salah satu bentuk kepedulian perusahaan untuk mendukung pembangunan disekitar masyarakat di berbagai hal itu juga yang dilakukan oleh bank PNM Ulam Cabang Tasikmalaya/Pangandaran Daerah Jawa Barat" tambah Luki Nurwendi .
Ombak Pangandaran Hari Ini Aman dan Landai, Saatnya Menikmati Pantai
Ombak Pangandaran Hari Ini Aman dan Landai, Saatnya Menikmati Pantai
Rabu, 26 Desember 2018 08:22 WIB
- Pantai Pangandaran sehari menjelang libur Natal terpantau sangat padat khususnya di Pantai Barat Pangandaran. Wisatawan memenuhi sepanjang Pantai Pangandaran dan menikmati berbagai aktifitas air di sepanjang Pantai, hari ini (24/12). Pantauan tim myPangandaran, dari seluruh pos pantau yang ada di sepanjang pantai Pangandaran, wisatawan domestik mendominasi Pantai. Wisatawan-wisatawan ini datang dari beberapa kota di Jawa Barat dan juga DKI Jakarta. Diperkirakan Pangandaran akan ramai hingga awal tahun 2019.
Liburan Natal dan Tahun Baru Pangandaran Seperti Biasa Dipadati Pengunjung
Liburan Natal dan Tahun Baru Pangandaran Seperti Biasa Dipadati Pengunjung
Rabu, 26 Desember 2018 08:11 WIB
Puncak keramaian akhir tahun di Pangandaran diperkirakan akan terjadi pada tahun baru 2019, seperti tahun-tahun sebelumnya. Sejauh ini, hotel-hotel di Pangandaran mulai penuh di booking oleh wisatawan. Pantai Barat Pangandaran hari ini (23/12) terpantau aman dan landai. Hal ini berbeda dengan beberapa kekhawatiran wisatawan yang hendak ke Pangandaran karena ada pemberitaan tentang ombak besar terjang pantai Anyer. Selain ombak yang bagus untuk berenang, Pantai Pangandaran hari ini ramai wisatawan.walau di terpa isu
Pangandaran Bakal Kedatangan Bus Sekolah Bantuan Kementrian Perhubungan
Pangandaran Bakal Kedatangan Bus Sekolah Bantuan Kementrian Perhubungan
Kamis, 20 Desember 2018 08:36 WIB
Pangandaran menjadi salah satu Kabupaten yang mendapatkan bantuan Bus Sekolah, Bantuan ini merupakan bantuan dari Kementerian Perhubungan melalui Pemprov Jabar. Bus dari Kementerian Perhubungan tersebut diberikan langsung oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil kepada para kepala daerah atau perwakilannya seusai Upacara Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional dirangkaikan dengan Hari Bela Negara dan Hari Nusantara, di Gedung Sate, Rabu