Berita Ekonomi dan Keuangan
Bank Indonesia Tasikmalaya dorong ekspor produk UMKM

Bank Indonesia Tasikmalaya dorong ekspor produk UMKM

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya bekerjasama dengan Kadin Tasikmalaya  mendorong Pelatihan ekspor khususnya produk-produk dari usaha mikro kecil menengah (UMKM), salah satunya berupa produk kopi  produksi kelompok tani di wilayah Priangan dan Kelapa olahan..
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya  mengatakan bahwa pengembangan UMKM berorientasi ekspor merupakan salah satu program strategis yang diharapkan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dan mengurangi defisit transaksi berjalan.

"Kami melakukan sinergi bersama pemerintah daerah untuk pengembangan UMKM berorientasi ekspor yakni komoditas kopi dan dilakukan di wilayah Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Pangandaran yang secara ekonomi sudah di programkan bpk Gubernur sebagai Daerah ekonomi Kawasan Khusus," kata wawan mewakili bpk Heru kep Bank Indonesia Tasikmalaya..

BI Tasikmalaya dan yayasan Pedek akan memberikan berbagai pembekalan selama 3 bulan kepada UMKM yang sudah mengikuti seleksi awal ujar Deni Yusnijar Ketua Pedek sekaligus ketua Kadin Tasikmalaya..

Selain mendorong UMKM kopi dan Gula binaan untuk meningkatkan kualitas produk sehingga dapat diterima dan diminati pasar global. itu, program lain yang diberikan kepada para petani tersebut antara lain adalah pelatihan untuk memulai ekspor, dan pemasaran digital, dalam upaya untuk merntis eksportir baru dan perdagangan digital global. "Selain itu juga ada pelatihan pencatatan informasi keuangan Usaha Mikro dan Kecil dan sosialisasi pembiayaan perbankan kepada UMKM," harapan saya kedepan ada semacam inkubasi UMKM oleh bank Indonesia yang "Pada akhirnya peran UMKM juga mampu meningkatkan kinerja ekspor nasional serta berperan dalam upaya mengurangi defisit transaksi berjalan ujar Teddy Ketua Kadin Pangandaran



Program Pengembangan Sektor Riil dan UMKM Melalui Pola Klaster
Dalam  mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah, Bank Indonesia antara lain bertugas mencapai dan menjaga tingkat inflasi yang stabil. Sumber tekanan inflasi dari sisi permintaan dapat dipengaruhi Bank Indonesia melalui kebijakan moneter. Sedangkan dari sisi penawaran yang berada diluar pengendalian Bank Indonesia, dilakukan program pemberdayaan sektor riil dan UMKM melalui pola klaster. Adapun sektor/komoditas yang dipilih antara lain didasarkan pada kriteria komoditas yang menjadi sumber tekanan inflasi. Dengan demikian fasilitasi dapat membantu meningkatkan pasokan, memperbaiki jalur distribusi serta mendukung penciptaan iklim usaha yang kondusif. Meskipun demikian, program juga juga dilakukan pada komoditas yang berorientasi ekspor atau komoditas unggulan wilayah.
Dalam  implementasinya, melalui pendekatan klaster yang merupakan upaya untuk mengelompokkan industri inti yang saling berhubungan, baik industri pendukung dan terkait, jasa penunjang, infrastruktur ekonomi, penelitian, pelatihan, pendidikan, infrastruktur informasi, teknologi, sumber daya alam, serta lembaga terkait, diharapkan perusahaan atau industri terkait akan memperoleh manfaat sinergi dan efisiensi yang tinggi dibandingkan jika bekerja sendiri.
Fasilitasi yang dilakukan Bank Indonesia dalam bentuk bantuan teknis bagi 35 klaster di 18 Kantor Bank Indonesia (KBI). Komoditas yang didukung meliputi sektor pertanian, peternakan, kehutanan dan perikanan serta industri pengolahan. Kriteria pemilihan klaster berdasarkan komoditas yang menjadi sumber tekanan inflasi maupun komoditas unggulan di masing-masing wilayah.

sumber Bi / Kp
 





Berita Ekonomi dan Keuangan Lainnya
KOPI PANGANDARAN DIMINATI PASAR HARUS JADI PENUNJANG EKONOMI DAN PARAWISATA
KOPI PANGANDARAN DIMINATI PASAR HARUS JADI PENUNJANG EKONOMI DAN PARAWISATA
Kamis, 27 Juni 2019 08:20 WIB
Ternyata kopi Pangandaran memiliki khas tersendiri dari sisi aroma dan rasa ini perlu dikembangkan baik produksinya maupun dalam segi pemasaran guna dikenal sehingga tereksplor hingga ke beberapa daerah, pengelolaan yang baik tentu7 menghasilkan rasa yang baik juga. Demikian dikatakan Mr kim ketika berkinjung ke work shop gula semut BDC pangandaran di dampingi manager Pengelola Wakir Mujahidin
Jangan jangan ibu Susi Pujiastuti pingin jadi wapres Ujar Presiden Jokowi di hadapan masyarakat Pangandaran
Jangan jangan ibu Susi Pujiastuti pingin jadi wapres Ujar Presiden Jokowi di hadapan masyarakat Pangandaran
Rabu, 25 April 2018 06:58 WIB
Sebelum Jokowi memberikan sambutan, Susi menyampaikan keinginan masyarakat Pangandaran di atas panggung untuk disampaikan kepada Menteri PUPR dan Menteri Perhubungan. ‎"Ada permintaan karena sudah nodongin saya pagi-pagi sebelum bapak datang, terutama disampaikan ke Menteri PUPR dan Pak Budi (Menteri Perhubungan untuk pembangunan dermaga dibeberapa kilometer baik Parigi, Batukaras," ucap Susi.
Presiden Jokowi, akan meresmijan Keramba Jaring Apung (KJA) Offshore. di Pangandaran
Presiden Jokowi, akan meresmijan Keramba Jaring Apung (KJA) Offshore. di Pangandaran
Rabu, 25 April 2018 06:50 WIB
Menurut Jeje, kunjungan kerja Presiden Jokowi ke Pangandaran merupakan sejarah bagi masyarakat Kab Pangandaran. "Maka kami akan kerahkan masyarakat Kab Pangandaran baik tokoh masyarakat dan agama serta masyarakat nelayan juga jajaran Pemda dan DPRD untuk melakukan interaksi dengan pak Jokowi saat kunjungannya ke Pangandaran," ujarnya, seraya dirinya menambahkan masyarakat akan dipusatkan berkumpul di pelabuhan PPI Cikidang Babakan. Jeje juga berharap, dalam kunjungan Presiden Jokowi ke Pangandaran sekaligus bisa meninjau lokasi pembangunan RSUD Pangandaran.
Penegelolaan proyek Keramba Jaring Apung (KJA offshore) di Pangandaran Jawa Barat akan melibatkan koperasi dan BUMN
Penegelolaan proyek Keramba Jaring Apung (KJA offshore) di Pangandaran Jawa Barat akan melibatkan koperasi dan BUMN
Selasa, 24 April 2018 06:29 WIB
Menurut Susi, perlu satu kekuatan besar baik dari koperasi, kemudian BUMN untuk sinergi. Sebab ini pekerjaan besar. Kalau KJA Offshore dua tahun berhasil, akan ditambah keberadaannya di beberapa tempat lagi. Ini sangat menguntungkan buat masyarakat, ujarnya