Berita Ekonomi dan Keuangan
Manfaat Investasi Meski Dalam Skala Skala besar atau kecil

Manfaat Investasi Meski Dalam Skala Skala besar atau kecil

Pangandaran 12/02 Kami Ketua KADIN Pangandaran H Teddy Sonjaya bersama sekertariata KADIN Pangandaran menghadiri paparan investasi bersama angota DPRD Propinsi Bpk Amin Santono,Prof Dr Ginanjar dari Otoritas jasa keuangan Propinsi dan dari Pemerintad daerah kaitan Investasi,baik atau bodong di Sandaan Hotel. Investasi merupakan tindakan di mana seseorang atau perusahaan mengeluarkan sejumlah dana untuk disimpan sebagai suatu bentuk dengan harapan suatu saat akan mendapatkan keuntungan secara finansial. Bentuk yang kerap kali dijadikan bentuk investasi bisa jadi investasi dalam bentuk kepemilikan saham perusahaan, investasi tanah, maupun investasi emas. Asuransi pun sebenarnya salah satu bentuk dari investasi. Secara lebih luas, investasi juga bisa diartikan sebagai pembelian barang modal yang digunakan untuk tujuan produksi sehingga hasil produksi tersebut dapat memberikan keuntungan bagi pemegang investasi.
Hal yang perlu diluruskan kembali adalah pemilik investasi tidak harus mereka yang bekerja dalam kantor dengan penghasilan fantastis sehingga bisa memiliki sebagian besar saham suatu perusahaan. Semua orang bisa berinvestasi. Sebagai contoh sederhananya diilustrasikan sebagai berikut.
Maria, seorang mahasiswi jurusan Manajemen, telah bekerja paruh waktu sebagai pengajar mata pelajaran bagi anak sekolah selama satu tahun. Ia menyimpan sebagian hasil kerjanya dalam bentuk tabungan. Kini tabungannya telah mencapai nominal yang cukup besar baginya. Sayang, keadaan negaranya kurang stabil dalam ekonomi sehingga inflasi yang cukup tinggi pun tidak terhindarkan. Untuk menghindari penurunan nilai mata uang dari tabungan yang sudah susah payah ia kumpulkan, ia menghabiskan uang tabungannya untuk membeli sebuah kalung emas. Keputusan ini dilakukannya karena ia tahu bahwa harga emas tidak pernah mengalami penurunan yang drastis bahkan cenderung naik. Sehingga bila suatu saat ia membutuhkan dana secara mendesak, Maria bisa menjual kembali kalung emas itu dan mendapatkan uang tunai yang nilainya lebih tinggi dari tabungan yang ia miliki sekarang.
Dari ilustrasi tersebut kita bisa menangkap bahwa Maria sedang melakukan investasi dalam bentuk emas, investasi yang cukup murah namun cukup aman karena nilai logam mulia satu ini cenderung mengalami kenaikan setiap tahunnya. Inilah yang disebut sebagai sebuah investasi. Anda menanamkan modal Anda berupa dana bisa sebagai tanah maupun emas. Kemudian Anda mengeluarkan biaya pengorbanan dalam bentuk waktu, Anda harus menunggu beberapa tahun untuk mendapatkan investasi Anda dalam nilai yang lebih tinggi. Pada akhirnya, ketika barang investasi Anda dijual kembali, Anda mendapatkan uang tunai dengan nilai yang lebih tinggi daripada nominal yang Anda korbankan ketika mendapatkan investasi tersebut.
 
 Pengertian, Fungsi, Tujuan Dan Jenis Investasi 5 Beserta Manfaatnya Terlengkap – Didalam dunia modern saat ini, investasi banyak sekali dicari dan dijalankan untuk ladang bisnis nya. karna dalam berinvestasi tidak hanya uang saja yang bisa diinvestasikan tapi bisa seperti emas, properti, apertemen, dan lain sebagainya untuk dijadikan modal untuk berinvestasi. Tapi dalam melakukan investasi agar sukses dalam berinvestasi harus mengetahui dasar dari apa itu investasi, seperti apa yang ingin dijelaskan disini. karena itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.
1. Potensi Penghasilan Jangka Panjang
Secara historis, investasi yang memiliki beberapa risiko modal—entah itu risiko default pada obligasi korporasi, atau risiko penurunan harga saham—telah memberi banyak manfaat pada para investor. Tentu saja tidak ada jaminan mengenai hal ini. Jadi, walaupun uang tunai memang lebih aman dibandingkan saham, pada jangka panjang saham bisa menghasilkan potensi pertumbuhan yang signifikan. Plus, setiap volatilitas di pasar saham kadang-kadang dapat merupakan peluang bagi manajer investasi yang ingin membeli saham murah.
2. Mengungguli Inflasi
Agar tabungan Anda bisa tumbuh secara nyata dari waktu ke waktu, tabungan tersebut perlu mendapatkan tingkat pengembalian setelah pajak yang lebih besar daripada tingkat inflasi. Dengan suku bunga rendah seperti saat ini, menemukan rekening tabungan yang memberikan pengembalian di atas tingkat inflasi bisa sangat sulit sehingga sangat layak bagi Anda mempertimbangkan investasi yang memiliki potensi untuk mengalahkan inflasi.
3. Memberikan Penghasilan Tetap
Jika Anda mendekati atau berada di masa pensiun, Anda akan mencari penghasilan tetap untuk biaya hidup sehari-hari. Berbagai investasi termasuk, ekuitas, obligasi dan properti dapat memberikan tingkat penghasilan yang tetap dan menarik, yang seringkali lebih tinggi dari tingkat inflasi.
4. Bisa Menyesuaikan Dengan Perubahan Kebutuhan
Portofolio investasi dapat dirancang untuk mencapai tujuan yang berbeda saat Anda menjalani hidup. Misalnya, sikap Anda terhadap risiko dapat berubah saat Anda menjadi lebih tua, dan dengan perencanaan yang matang, sangat mungkin bagi Anda untuk menyesuaikan portofolio Anda agar bisa sesuai dengan perubahan tujuan Anda.
Jika Anda memiliki jangka waktu yang panjang untuk investasi, Anda mungkin ingin berinvestasi pada jenis investasi yang potensi pertumbuhan atau berinvestasi di sektor yang lebih berisiko seperti ekuitas swasta di mana tabungan Anda bisa mempengaruhi fluktuasi pasar jangka pendek. Jika Anda mendekati pensiun, Anda mungkin lebih ingin berinvestasi pada investasi yang lebih berfokus pada pendapatan.
5. Anda Bisa Berinvestasi Sesuai Dengan Keadaan Keuangan Anda
Keadaan keuangan Anda akan berubah dari waktu ke waktu, tetapi Anda dapat mengubah cara Anda berinvestasi sesuai dengan hal tersebut. Jika Anda punya uang, Anda bisa langsung berinvestasi karena semakin cepat Anda memulai, semakin lama investasi Anda akan berkembang. Atau, investasi dengan jumlah yang rutin setiap bulannya dapat membantu mengatasi fluktuasi kinerja pasar modal. Hal ini bisa sangat bermanfaat dalam pasar yang bergejolak.
BEBERAPA SUMBER//cermati//csdnew//pendidikan



Berita Ekonomi dan Keuangan Lainnya
Kajian Ekonomi Regional
Kajian Ekonomi Regional
Sabtu, 07 Mei 2016 03:51 WIB
Forum yang mengangkat tema “Mendorong Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan” ini bertujuan untuk membahas strategi serta kebijakan yang perlu difokuskan untuk menjaga momentum perbaikan ekonomi ditengah risiko yang masih berkembang baik dari domestik maupun global