Berita Pemberdayaan Masyarakat
Petani Pangandaran Tanam Kol di Lahan PTPN

Petani Pangandaran Tanam Kol di Lahan PTPN

Petani penggarap lahan PT. Perkebunan Nusantara (PTPN) Desa Karangkamiri, Kecamatan Langkaplancar,kab Pangandaran melakukan penanaman sayuran kol bulat untuk pertama kalinya. Penanaman perdana kol di lahan PTPN ini dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pangandaran, Kamis (25/7/2019).
PTPN sebelumnya sempat mensomasi Kepala Desa Karangkamiri lantaran aktivitas petani yang menggarap lahan PTNP dan dianggap tanpa izin. Setelah islah dilakukan, PTPN kemudian mengizinkan para petani untuk menggarap lahan tersebut, dengan syarat tidak mengganggu tanaman pokok milik perusahaan BUMN tersebut.
Para petani di Desa Karangkamiri, Kecamatan Langkaplancar disaksikan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pangandaran menanam sayuran kol secara serentak hari ini, Kamis (25/7/2019)
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pangandaran, Sutriyaman, mengatakan, tanah di Langkaplancar sangat cocok untuk menanam jenis sayuran atau tanaman hortikultura lainnya.
“Saya yakin jika petani penggarap lahan ini memelihara tanamannya dengan telaten hasilnya pasti memuaskan,” ucapnya.
Terkait sumber air yang jauh dari lokasi lahan yang digunakan petani untuk menanam kol, Kadis Pertanian Kabupaten Pangandaran tersebut berjanji akan memberikan bantuan kepada kelompok tani berupa mesin penggarap lahan, cultivator dan mesin pompa air.
“Untuk menunjang kelancaran semuanya, saya akan secepatnya memberikan bantuan berupa mesin pompa air dan culitvator,” imbuhnya.
Sementara Kepala Desa Karangkamiri, Aang Kurniawan mengatakan, pemerintah harus memberi perhatian lebih, mengingat kelompok tani yang menggarap lahan PTPN sudah membuktikan dengan karyanya.
“Jadi sudah wajar jika para petani meminta bantuan peralatan karena karyanya sudah terbukti, Pemerintah sudah layak memberikan bantuan tersebut,” ucapnya.
Aang berharap bantuan yang diberikan nantinya bukan hanya untuk petani di Desa Karangkamiri saja, namun juga diberikan kepada semua kelompok yang sudah memperlihatkan karyanya di Kecamatan Langkaplancar.
“Dengan kunjungan Pak Kadis, saya berharap banyak agar secepatnya merealisasikan bantuan yang ia janjikan, agar proses olah lahan lebih gampang,” paparnya.
Selain menghadiri penanaman perdana sayuran kol, Kadis Pertanian Pangandaran juga melihat perkembangan pohon Asparagus di Dusun Bangunsari yang tak jauh dari Perkebunan tersebut.
“Sebagai Kepala Dinas, sudah seharusnya senantiasa mendorong para petani agar hasil panen nya meksimal dan memuaskan,” ungkap Sutriyaman, Kadis Pertanian Pangandaran. 
Sumber HR-Online)



Berita Pemberdayaan Masyarakat Lainnya
Daun kelor dijuluki sebagai pohon keajaiban karena punya banyak manfaat.
Daun kelor dijuluki sebagai pohon keajaiban karena punya banyak manfaat.
Selasa, 01 Januari 2019 19:39 WIB
Kami bersyukur di Pangandaran banyak tumbuh pohon kelor cukup baik serta kami bisa memproduksinya dengan hasil banuan pelatihan, pembinaan hingga sudah menghasilkan teh Daun Kelor dan serbuk daun kelor dari BDC dan Kadin Pangandaran Ujar ibu Gbriel Moringa salah satu Pengolah daun kelor di Pangandaran
Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Bidang Ekonomi BDC Pangandaran Memulai Babak Baru
Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Bidang Ekonomi BDC Pangandaran Memulai Babak Baru
Kamis, 23 Agustus 2018 17:06 WIB
Bidang perekonomian kabupaten Pangandaran memulai babak baru yang hamper pakum selama 8 (delapan) bulan. melalui rencana strategi baru dari arah kebijakan dan kelembagaan,beberapa strategi segera disosialisasikan. Ini merupakan topik yang sangat rumit alot untuk didiskusikan.karena pengurus pengelola BDC yang sama sudah pakum bahkan di anggap sudah tidak ada aktifitas rutin kegiatan pengelolaan.
8 UMKM Pangandaran Lulus Sertifikasi Halal MUI
8 UMKM Pangandaran Lulus Sertifikasi Halal MUI
Rabu, 15 Agustus 2018 13:03 WIB
Pelaku UMKM Pangandaran penerima sertifikat halal MUI usai penyerahan sertifikat halal di Gedung Sate Bandung, Kamis (9/8). Sebanyak delapan produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) asal Kabupaten Pangandaran lulus uji sertifikasi halal MUI. alhamdulillah kita sudah bisa memasarkan keluar daerah tanpa takut di tanya sertifikasi Halal lagi. ujar Ika dari sidomulyo
MANFAAT KULIAH LAPANGANGAN KKN BUAT MAHASISWA
MANFAAT KULIAH LAPANGANGAN KKN BUAT MAHASISWA
Senin, 13 Agustus 2018 14:50 WIB
Sebagai Mahasiswa, penting bagi mereka untuk memperkokoh jati diri dengan melaksanakan dharma pengabdian, salah satunya melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata Pemberdayaan Kepada Masyarakat ini. Tujuan pengabdian kepada masyarakat adalah untuk melaksanakan kegiatan yang mampu mendorong kemandirian dan membentu sedikit pembekalan terhadap ilmu kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan.