Berita Pemberdayaan Masyarakat
International Council for Small Business (ICSB) Indonesia Presidential Award 2019

International Council for Small Business (ICSB) Indonesia Presidential Award 2019

Wakil Bupati Pangandaran H. Adang Hadari membuka kegiatan seminar Galang UMKM, bertempat di Aula Setda Pangandaran. Kamis, 17 Oktober 2019. Galang UMKM di Kab. Pangandaran merupakan rangkaian kegiatan Roadshow ke-13 dari 25 Kabupaten / Kota, sekaligus mengkurasi produk Unggulan Kabupaten Pangandaran,  bertepatan dengan rangkaian kegiatan Hari Jadi Ke-7 Kab. Pangandaran. Kegiatan ini terselenggara oleh Kementerian Koperasi UKM, bekerjasama dengan Markplus Isntitute, serta Council for Small Business (ICSB) Pangandaran.
 
Wakil Bupati Pangandaran H. Adang Hadari memberikan penghargaan  International Council for Small Business (ICSB) Indonesia Council for Small Business (ICSB) Indonesia Presidential Award 2019 kategori Policy Maker Penghargaan diberikan kepada. Disdagkop UMKM Kab. Pangandaran, Dinas KPKP Kab. Pangandaran, dan Dekranasda Kab. Pangandaran, PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Persero mendapat penghargaan dari International Council for Small Business (ICSB) Indonesia dan MarkPlus, Inc pada ICSB Indonesia Presidential Award 2019. Kepada  PNM Tasikmalaya Luki Nurwendhi mengatakan penghargaan yang diterima untuk kategori Business Practitioner atas dedikasi dan komitmen perseroan dalam memajukan usaha kecil dan menengah.
”Kita membantu kemajuan usaha kecil dan menengah di wilayah Kabupaten Pangandaran Tujuanya untuk memperkuat kewirausahaan pelaku UMKM di Indonesia secara umum, khususnya di Kabupaten Pangandaran,” terangnya”. sebagai BUMN yang mengemban tugas khusus memajukan sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), pihaknya menawarkan dua produk unggulan yakni Unit Layanan Modal Mikro (UlaMM) dan Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar). ”Tentunya dengan melakukan pendampingan usaha melalui program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU), dimana PNM memberikan pelatihan, pendampingan dan pembinaan secara berkelanjutan bersama pendamping lain di pangandaran seperti KADIN dan BDC Pangandaran,” Ia berharap pelaku UMKM di Kabupaten Pangandaran bisa memiliki daya saing kuat dan mampu berinovasi dalam mengembangkan usahanya.”Kita berkomitmen untuk terus membantu para pealaku usaha di Kabupaten Pangandaran. Saat ini, menurut dia, PNM memiliki 2.854 kantor layanan yang teridiri dari 62 kantor cabang, 628 kantor layanan UlaMM dan 2.164 kantor cabang Mekaar. 
Selanjutnya Wakil Bupati Pangandaran H. Adang Hadari memberikan penghargaan dari International Council for Small Business (ICSB) Indonesia untuk kategori researcher dan academician kepada dosen Ilmu Administrasi Binsis PSDKU Unpad Pangandaran Cecep Safa’atul Barkah, S.Sos., M.A.B., M.B.A., 
Penghargaan Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Universitas Padjadjaran di Pangandaran meraih penghargaan dari International Council for Small Business (ICSB) Indonesia untuk kategori researcher dan academician atas dedikasi dan komitmennya dalam mendukung kemajuan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah Pangandaran.
Penghargaan dari ICSB Indonesia tersebut diserahkan oleh wakil Bupati Pangandaran, H. Adang Hadari kepada PSDKU Unpad di Paangandaran yang diwakili oleh Cecep Safa’atul Barkah, S.Sos., M.A.B., M.B.A., selaku dosen dari Ilmu Administrasi Bisnis PSDKU Unpad dan perwakilan Divisi Inkubasi Pusat Inkubator Bisnis OoRANGE. Penyerahan penghargaan dilakukan dalam acara “Galang UKM Indonesia 2019” di Aula Setda Kabupaten Pangandaran, Kamis (17/10).
“Unpad melalui kiprah dosen dan mahasiswa PSDKU memelihara komitmen pelaksanaan tridharma perguruan tinggi untuk senantiasa bersama-sama pelaku UMKM di Kabupaten Pangandaran dalam memajukan kesejahteraan masyarakat,” ujar Kepala Kantor PSDKU Unpad di Pangandaran, Dr. Bambang Hermanto, M.Si.
Dr. Bambang juga menyatakan bahwa kehadiran Unpad di Pangandaran tidak hanya ingin mendekatkan akses layanan pendidikan tinggi bermutu, namun juga mengembangkan wilayah Pangandaran dan sekitarnya melalui riset, pendampingan pelaku usaha, serta menjadikan pelaku usaha tersebut sebagai laboratorium pembelajaran secara langsung.
Galang UKM Indonesia 2019 sendiri merupakan acara yang digelar MarkPlus, Inc., MarkPlus Institute, bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia dan ICSB Indonesia. Tahun ini, Galang UKM Indonesia 2019 hadir di 25 kota/kabupaten di Indonesia.*
 
Di akhiri pembacaan komitmen bersama pengembangan Usaha kecil di kabupaten pangandaran yang di bacakan langsung oleh ketua International Council for Small Business (ICSB) kab Pangandaran Bpk Teddy Sonjaya Sip

Sumber Pikiran Rakyat / Media UNPAD / KP
 
 





Berita Pemberdayaan Masyarakat Lainnya
Petani Pangandaran Tanam Kol di Lahan PTPN
Petani Pangandaran Tanam Kol di Lahan PTPN
Jum'at, 26 Juli 2019 05:49 WIB
Petani penggarap lahan PT. Perkebunan Nusantara (PTPN) Desa Karangkamiri, Kecamatan Langkaplancar,kab Pangandaran melakukan penanaman sayuran kol bulat untuk pertama kalinya. Penanaman perdana kol di lahan PTPN ini dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pangandaran, Kamis (25/7/2019).
PAMERAN SALAH SATU BENTUK STRATEGI
PAMERAN SALAH SATU BENTUK STRATEGI
Senin, 08 Juli 2019 08:49 WIB
Pameran merupakan salah satu bentuk Promosi strategi pemasaran yang cukup efektif untuk menjaring banyak konsumen. Pameran UMKM harus pariatif melihat segmen bersifat tematik, artinya bukan hanya untuk satu jenis atau beberapa jenis usaha yang terkait secara langsung. Namun ada pula yang campuran dari berbagai macam jenis usaha.
Daun kelor dijuluki sebagai pohon keajaiban karena punya banyak manfaat.
Daun kelor dijuluki sebagai pohon keajaiban karena punya banyak manfaat.
Selasa, 01 Januari 2019 19:39 WIB
Kami bersyukur di Pangandaran banyak tumbuh pohon kelor cukup baik serta kami bisa memproduksinya dengan hasil banuan pelatihan, pembinaan hingga sudah menghasilkan teh Daun Kelor dan serbuk daun kelor dari BDC dan Kadin Pangandaran Ujar ibu Gbriel Moringa salah satu Pengolah daun kelor di Pangandaran
Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Bidang Ekonomi BDC Pangandaran Memulai Babak Baru
Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Bidang Ekonomi BDC Pangandaran Memulai Babak Baru
Kamis, 23 Agustus 2018 17:06 WIB
Bidang perekonomian kabupaten Pangandaran memulai babak baru yang hamper pakum selama 8 (delapan) bulan. melalui rencana strategi baru dari arah kebijakan dan kelembagaan,beberapa strategi segera disosialisasikan. Ini merupakan topik yang sangat rumit alot untuk didiskusikan.karena pengurus pengelola BDC yang sama sudah pakum bahkan di anggap sudah tidak ada aktifitas rutin kegiatan pengelolaan.