Berita Pemberdayaan Masyarakat
Bank Indonesia Tasikmalaya Dorong Potensi Kopi dan Parawisata Pangandaran

Bank Indonesia Tasikmalaya Dorong Potensi Kopi dan Parawisata Pangandaran

ank Indonesia Tasikmalaya (BI) mulai rangkaian kegiatan pelatihan mulai menjajaki potensi kopi khas Robusta Pesisir Kabupaten Pangandaran, untuk mendorong pengembangan potensi lokal yang baik sebagai komoditas unggulan.

“Pengembangan kopi menjadi salah satu program Bank Indonesia Tasikmalaya yang lagi di intervensi. Ini sebagai upaya kami mendorong perekonomian dengan peningkatan devisa negara melalui bidang perdagangan terutama pasar ekspor," kata Heru Saptaji, Kepala Kantor Bank Indonesia Tasikmalaya.

Bank Indonesia sudah memiliki cukup pengalaman dalam mengawal pengembangan komoditas produk unggulan khususnya kopi, diantaranya Kopi Cigalontang Tasikmalaya, Gayo di Aceh serta daerah-daerah lainnya di Indonesia.

“Kita sangat optimis kopi robusta Pangandaran bisa jadi khas kopi Pangandaran. Ini bisa bersaing dengan kopi-kopi lain dari luar. Kopi Pangandaran memiliki suatu yang berbeda ciri khas yang sangat natural untuk para pecinta kopi, Berdasarkan info dari petani saat ini produktivitasnya mencapai rata-rata 2 kg/pohon/thn, yah target BI kisaran 4 kg/pohon/thn, adapun kalau lebih dari 4 kg, Alhamdulillah " Ujarnya.

Bagi penikmat kopi baru baru ini mungkin sudah tidak asing dengan kopi Robusta khas Pangandaran. Cita rasa biji asli pesisir pantai dengan sedikit rasa buah buahan itu menjadikan kopi Pangandaran sedikit berbeda saya menyebutnya java beach Coffee, kini mulai diperkenalkan di berbagai daerah melalui pameran-pameran dan kemarin dengan festival kopi yang cukup luar biasa.


Sementara itu, Teddy Sonjaya ketua Business Development Centre (BDC) yang juga ketua Kadin Pangandaran, menyampaikan banyak terimakasih kepada Bank Indonesia dan team yang sudah mau membantu menginterfensi pengembangan Produk di Pangandaran.

"Ini sudah di tunggu tunggu sejak pertemuan satu tahun lalu, sepertinya salah kita , karena Bank Indonesia Tasikmalaya waktu itu sudah meminta data, tapi kita telat memberikannya. Nah sekarang kita UMKM Pangandaran lagi di dorong terus sama mulai di ikutkan pelatihan-pelatihan pengembangan usaha Komoditas produk, expor imfort, mafing komuditas Produk, FGD Produk Unggulan bersama pelaku usaha juga bersama Pemda, bantuan ekowisata dll. dan hari ini baru saja Pelatihan pengembangan produk hulu hilir komoditas kopi di desa kersaratu bersama Ahli Kopi langsung dari team Bank Indonesia kegiatan selama 2 hari " ujar Teddy.


Anih juga kang Tarli salah satu Ketua Kelompok Petani Srikandi Kopi Robusta, Pangandaran mengaku senang bangga serta terbantu atas dukungan pihak Businiss Devlopmen Centre BDC Pangandaran dan Bank Indonesia Tasikmalaya.

“Dari awal kami hanya panen alakadarnya dan sedikit karena terkendala berbagai hal, ilmu, lahan dan yang lainnya. Semoga kedepan hasil pelatihan ini bisa meningkatkan hasil panen dan kualitas produk. Selain itu, ia mangatakan, kopi Pangandaran sudah banyak di pasar kota lain dan kini sudah diminati sejumlah negara namun kami masih terkendala kualitas" Ungkapnya

sumber myPangandaran / harapan Rakyat



Berita Pemberdayaan Masyarakat Lainnya
International Council for Small Business (ICSB) Indonesia Presidential Award 2019
International Council for Small Business (ICSB) Indonesia Presidential Award 2019
Minggu, 20 Oktober 2019 19:14 WIB
H. Adang Hadari memberikan penghargaan International Council for Small Business (ICSB) Indonesia Council for Small Business (ICSB) Indonesia Presidential Award 2019 kategori Policy Maker Penghargaan diberikan kepada. Disdagkop UMKM Kab. Pangandaran, Dinas KPKP Kab. Pangandaran, dan Dekranasda Kab. Pangandaran, PT Permodalan Nasional Madani (PNM) dan Unpad
Petani Pangandaran Tanam Kol di Lahan PTPN
Petani Pangandaran Tanam Kol di Lahan PTPN
Jum'at, 26 Juli 2019 05:49 WIB
Petani penggarap lahan PT. Perkebunan Nusantara (PTPN) Desa Karangkamiri, Kecamatan Langkaplancar,kab Pangandaran melakukan penanaman sayuran kol bulat untuk pertama kalinya. Penanaman perdana kol di lahan PTPN ini dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pangandaran, Kamis (25/7/2019).
PAMERAN SALAH SATU BENTUK STRATEGI
PAMERAN SALAH SATU BENTUK STRATEGI
Senin, 08 Juli 2019 08:49 WIB
Pameran merupakan salah satu bentuk Promosi strategi pemasaran yang cukup efektif untuk menjaring banyak konsumen. Pameran UMKM harus pariatif melihat segmen bersifat tematik, artinya bukan hanya untuk satu jenis atau beberapa jenis usaha yang terkait secara langsung. Namun ada pula yang campuran dari berbagai macam jenis usaha.
Daun kelor dijuluki sebagai pohon keajaiban karena punya banyak manfaat.
Daun kelor dijuluki sebagai pohon keajaiban karena punya banyak manfaat.
Selasa, 01 Januari 2019 19:39 WIB
Kami bersyukur di Pangandaran banyak tumbuh pohon kelor cukup baik serta kami bisa memproduksinya dengan hasil banuan pelatihan, pembinaan hingga sudah menghasilkan teh Daun Kelor dan serbuk daun kelor dari BDC dan Kadin Pangandaran Ujar ibu Gbriel Moringa salah satu Pengolah daun kelor di Pangandaran