Berita Pemberdayaan Masyarakat
PARALON BEKAS DI UBAH MENJADI KERAJINAN YANG BERNILAI TINGGI

PARALON BEKAS DI UBAH MENJADI KERAJINAN YANG BERNILAI TINGGI

Punya barang bekas yang udah ngga terpakai? Jangan buru-buru untuk membuangnya ke tempat sampah.
Kamu bisa mendaur ulang barang bekas tersebut menjadi sebuah kerajinan tangan yang memiliki nilai estetika serta nilai jual.
Selain itu dengan memanfaatkan kembali barang bekas tersebut, secara ngga langsung kamu ikut berperan dalam mengurangi sampah yang menjadi sumber masalah di berbagai tempat.
Sampah-sampah yang ada di sekitar kamu sejatinya bisa dimanfaatkan untuk dijadikan bahan kerajinan tangan yang unik. Barang bekas seperti kertas koran, botol kaca, kardus, botol plastik bisa dibuat menjadi produk yang memiliki nilai jual tinggi.

Kelompok pengrajin Mutiara Maritim Desa Cibenda, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat, memanfaatkan paralon bekas untuk membuat kerajinan bernilai ekonomi tinggi.
Engkos pengurus kelompok sekaligus pengrajin paralon bekas ini berharap kelompok Mutiara Maritim, bisa mengolah bahan bahan bekas yang lain yang tidak bermanfaat menjadi ada nilainya, bigitupun harapan Teddy selaku Inisiator kerajinan Paralon bekas berharap kita bisa ikut pameran dan mempromosikan hasil kreatifitas binaanya ini ujarnya ketika di temui pekan lalu, mengaku terinspirasi membuat kerajinan dari paralon bekas setelah mengikuti pameran produk kerajinan di daerah lain.
Menurut Teddy, produk kerajinan dari paralon bekas yang berhasil dia buat diantaranya pigura atau fram photo, daftar menu restoran, tempat lampu gantung, lampu tempel dinding dan banyak lagi yang lainnya.
Teddy menjelaskan, paralon yang digunakan untuk membuat kerajinan adalah paralon yang memiliki kualitas baik. Kemudian untuk mempercantik hasil kerajinan, diperlukan ide kreatif dan keahlian mengolah warna cat.
“Inisiasi ini juga diperlukan untuk mengisi produk kerajinan-kerajinan sebagai penunjang pariwisata Pangandaran. Dengan begitu, produk kerajinan Pangandaran lebih variatif,” katanya.
Pada kesempatan itu, Teddy berharap Pemerintah Daerah Kabupaten Pangandaran memberikan porsi perhatian yang lebih kepada parang pengrajin. Salah satu dengan menggelar pelatihan untuk meningkatkan standar kualitas produk kerajinan. (Askar/Koran-HR





Berita Pemberdayaan Masyarakat Lainnya
KADIN PANGANDARAN DI JADIKAN TEMPAT  RUJUKAN PROVINSI JOGJAKARTA UNTUK LOKUS BENHMARKING BEST PRACTICE
KADIN PANGANDARAN DI JADIKAN TEMPAT RUJUKAN PROVINSI JOGJAKARTA UNTUK LOKUS BENHMARKING BEST PRACTICE
Minggu, 16 April 2017 00:26 WIB
Kunjungan kami dari Diklatpim IV angkatan II Badan Diklat Pendidikan dan Pelatihan tahun 2017 Pemerintah Derah Yogyakarta DIY,Kota Jogjakarta,Sleman,Bantul, Kulon Progo,Gunung Kidul, Pati, Kebumen dab KPU Lampung, berharap kunjungan ini menjadikan sesuatu yang berarti lebih untuk kemajuan di daerah Yogyakarta, kami melakukan lokus benchmarking di Kabupaten Pangandaran atas beberapa sumber dan referensi yang kami terima tentunya, juga dari di media serta Pemda Pangandaran ‘’ Ujar Wahid kep Din Perikanan DIY
PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN USAHA KREATIF
PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN USAHA KREATIF
Sabtu, 11 Februari 2017 00:29 WIB
Kamar Dagang dan Industri KADIN Pangandaran gencar melakukan kegiatan pelatihan bersama Pemerintah daerah khusus bid Koprasi,UMKM dan Industri, dengan beberapa kelompok Masyarakat,Poklasar, KSM binaan, BDC yang ada di wil Pangandaran (bagolo,mangunjaya,wonoharjo,sidomulyo,sidamulih,babakan, cijulang,parigi dalam rangka memotifasi kegiatan produksi sekaligus Pelatihan pengembangan produk atau inovasi produk-produk dalam menghadapi ketatnya persaingan pasar’’Ungkap Teddy Sonjaya Ketua Kamar Dagang dan Industri KADIN Pangandaran
PELATIHAN GRATIS WIRA USAHA UNTUK MASYARAKAT KECIL
PELATIHAN GRATIS WIRA USAHA UNTUK MASYARAKAT KECIL
Rabu, 20 Juli 2016 05:34 WIB
Kerajinan tangan ternyata bukan sekedar hobi yang biasa-biasa saja banyak manfaat dari hobi kerajinan tangan ini. Beberapa di antaranya: Melatih kesabaranMemiliki hobi kerajinan tangan sangat mampu melatih kesabaran seseorang. Orang yang bisa dengan tekun mengolah bahan-bahan sederhana menjadi sebuah barang yang memiliki tingkat pengolahan rumit dapat melatih kesabaran mereka.tp juga menghasilkan
Inovasi adalah Perubahan Pengetahuan Untuk Menambah Nilai Produk
Inovasi adalah Perubahan Pengetahuan Untuk Menambah Nilai Produk
Senin, 02 Mei 2016 02:45 WIB
Kreativitas adalah kepandaian membuat hal baru tersebut menjadi ada dan nyata. Kreativitas adalah bagian dari inovasi, ini merupakan awal dari sebuah inovasi. Salah satu hal yang menjadi fokus sebuah perusahaan adalah bagaimana cara membangkitkan atau menghasilkan sebuah ide yang lebih dan lebih baik lagi. Dari sini maka inovasi juga sering disebut sebagai rangkaian dari sebuah pikiran