Berita Pemberdayaan Masyarakat
KADIN PANGANDARAN ADAKAN PELATIHAN MANFAAT KEMASAN PRODUK

KADIN PANGANDARAN ADAKAN PELATIHAN MANFAAT KEMASAN PRODUK

Teddy Sonjaya Ketua KADIN Pangandaran ketika menjadi Pembicara dalam suatu pelatihan mengatakan bahwa pungsi Pacaging dan Diasin itu penting,bahkan orang cenderung tidak melihat isi nah itulah manfaat pagaing dan disain yang baik kadang bisa menutupi isi produknya.makanya kita rutin adakan pelatihan dan sosialisasi manfaat kemasan itu sendiri terhadap produk,supaya masyarakat pelaku UMKM paham akan arti sebuah kemasan buat meningkatkan penjualan.
Branding adalah cara untuk mengenalkan kepada seseorang mengenai identitas terhadap sebuah objek tertentu. Jika saat ini kita berbicara tentang produk, maka branding adalah cara untuk mengenalkan produk kepada konsumen. Kemasan atau packaging sangatlah berkaitan erat dengan branding itu sendiri. Jika saat ini Anda telah memiliki produk namun belum memiliki desain untuk kemasan produk Anda, sekarang saatnya mulai membuat desain kemasan untuk produk Anda.
Kemasan sebuah produk merupakan salah satu unsur yang mempengaruhi banyaknya penjualan atau minatnya konsumen terhadap produk tersebut. Jika hal ini benar, sudahkah Anda sekarang membuat kemasan untuk produk Anda? Bagi yang sudah, mungkin beberapa masih banyak yang belum yakin dan bertanya-tanya apakah desain kemasan produk mereka sudah menarik?
Kemasan atau packaging, menurut Britannica adalah seni dan teknologi dalam penyiapan komoditas untuk mempermudah penanganan, penyimpanan, penjualan, dan saya tambahkan untuk keamanan komoditas tersebut. Kemasan ini digunakan dalam berbagai jenis komoditas baik komoditas pangan maupun non pangan. Meskipun pada awalnya kemasan itu terbuat dari kulit, gelas, atau tanah liat dan mungkin beberapa cara kerjanya layaknya wadah seperti kantong plastik untuk mempermudah transportasi dan penyimpanan, perubahannya terjadi secara signifikan semenjak revolusi industri.
Dalam sebuah pasar, kemasan didesain untuk melindungi produk dari bahaya yang timbul pada saat penanganan, kondisi lingkungan; menyediakan produk yang mudah ditangani saat transportasi dari produsen ke konsumen; dan sebagai identitas dari sebuah produk. Dapat juga digunakan sebagai media advertising dan informasi untuk konsumen.
Kebanyakan beberapa pengusaha diluar sana berfikir bahwa kualitas sebuah produk dan cara pemasaran jauh lebih diutamakan untuk meningkatkan penjualan, dibandingkan fokus pada kemasan produk. Padahal beberapa unsur yang mempengaruhi penjualan produk seperti kualitas produk, pelayanan, pemasaran, dan kemasan juga saling mendukung satu sama lain. Jadi, belum tentu juga jika produk dengan kualitas yang bagus maka akan banyak peminatnya, kecuali bila konsumen tersebut benar-benar membutuhkannya. Kemasan suatu produk inilah yang mungkin perlu Anda pikirkan sebagai bagian dari strategi pemasaran.
Dibawah ini ada beberapa hal yang berkaitan dengan sebuah kemasan produk, seperti fungsi, manfaat, serta strategi marketing.
 Fungsi
Tujuan atau fungsi utama dari adanya kemasan produk adalah, untuk melindungi produk dari goresan atau cacat produk yang membuat produk menjadi rusak. Selain itu juga kemasan produk tidak hanya difungsikan pada saat proses pendistribusian barang dari pabrik ke beberapa distributor, tapi kemasan produk juga bisa melindungi produk ketika berada di toko-toko retail.
 Daya Tarik
Umumnya banyak perusahaan melakukan sebuah riset terlebih dahulu tentang skema warna, desain, maupun jenis pada sebuah kemasan produk yang akan dipasarkannya. Hal ini dilakukan agar tingkat pemasaran produknya jauh lebih luas lagi. Jika Anda ingin produk yang Anda jual banyak peminatnya, maka Anda bisa menyiapkan desain packaging yang tepat untuk produk Anda. Karena seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, salah satu yang membuat produk tersebut bisa laku adalah kemasan produk yang bisa menjadi daya tarik bagi pelanggan.
 Promosi
Sebuah kemasan produk juga berperan penting dalam memberikan informasi produk seperti, manfaat, kegunaan, tagline, maupun cara pembuatan. Semuanya bisa dicantumkan pada desain kemasan agar konsumen tahu tentang manfaat dari produk tersebut, yang terpenting janganlah menyampaikan semuanya hingga desain menjadi penuh dan malah membuat konsumen menjadi jenuh melihanya.
 Mendukung keputusan Berbelanja
Anda sebagai pemilik produk bebas mencantumkan informasi apapun yang nantinya bisa mempengaruhi konsumen untuk melakukan keputusan membeli produk Anda. Akan tetapi jangan terlalu berlebihan dalam menyampaikan seluruh informasi yang Anda miliki.
 Diferensiasi
Kemasan juga bisa dijadikan sebagai identitas bagi sebuah produk, misalnya ada beberapa produk A dan B yang ditata rapi pada sebuah toko, produk tersebut secara fungsi sama, rasa bisa dikatakan hampir sama, namun karena kemasannya berbeda bisa jadi konsumen akan lebih cenderung memilih produk yang memiliki kemasan yang menarik menurutnya.//beberapa sumber//umkm



Berita Pemberdayaan Masyarakat Lainnya
KADIN ADAKAN PELATIHAN MEMBUAT KERAJINAN TANGAN
KADIN ADAKAN PELATIHAN MEMBUAT KERAJINAN TANGAN
Senin, 18 September 2017 14:52 WIB
Sasaran yang ingin dicapai pelatihan ini adalah agar warga mereka dapat memiliki penghasilan dari keterampilan yang dimilikinya untuk masa depan. Sehingga mereka bisa membuka peluang usaha dengan bekal keterampilan apa yang mereka dipelajari saat mengikuti pelatihan. model pemberdayaan bagi masyarakat.
KADIN PANGANDARAN MENGIKUTI PELATIHAN DI KOTA BANJAR
KADIN PANGANDARAN MENGIKUTI PELATIHAN DI KOTA BANJAR
Rabu, 06 September 2017 03:01 WIB
ketua dekranasda dr Herman Sutrisno yang memberikan suport dan menyemangati untuk kegiatan ini,untuk mengangkat produktivitas menyatakan tentang kesiapanya mendorong Pemerintah kota banjar supaya menambah alokasi anggaran yang pro umkm di Banjar”dari peserta yang mengikuti pelatihan akan di undang kembali untuk mengikuti aneka pelatihan,Ujarnya. Saya melihat pelatihan ini cukup bagus dan terlihat nyata seharusnya pelatihan harus seperti ini,..selorohnya. sambil memegang beberapa produk yang sudah diberikemasan.
UMKM PANGANDARAN MENGIKUTI UJI KOPENENSI DAN PELATIHAN EKSPORT
UMKM PANGANDARAN MENGIKUTI UJI KOPENENSI DAN PELATIHAN EKSPORT
Sabtu, 12 Agustus 2017 15:34 WIB
Uji kopetensi bagi pelaku dunia usaha UMKM ini berharap banyak manfaatnya buat Usaha kecil binaan yang sedang berkembang,dengan segala keterbatasan ketiadaan anggaran alhamdulillah KADIN Pangandaran bisa mengikuti dan mengikutkan beberapa kegiatan yang sipatnya pelatihan dan pengembangan dunia usaha tentu ini berkat pemerintah daerah yang selalau membantu mempasilitasi kegiatan kami.Ujar Teddy Sonjaya Ketua KADIN Pangandaran.
UMKM Pangandaran Mengikuti HUT Koprasi ke 70 di Kuningan
UMKM Pangandaran Mengikuti HUT Koprasi ke 70 di Kuningan
Jum'at, 28 Juli 2017 18:01 WIB
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengatakan,hampir secara keseluruhan, ekonomi bangsa tengah mengalami proses kemajuan. Namun menurutnya, kemajuan yang ada belum diiringi pemerataan kesejahteraan yang menyeluruh bagi masyarakat. Kata Aher, sebagaimana termaktub secara spesifik dalam UUD 1945, koperasi adalah satu-satunya bentuk usaha untuk memajukan perekonomian bangsa dengan prinsip memeratakan kesejahteraan. Karena bangsa yang merdeka perlu diiringi kesejahteraan yang merata.