Berita Pemberdayaan Masyarakat
KANO DAN KAYAK HASIL PRODUKSI WARGA PANGANDARAN CUKUP DIMINATI

KANO DAN KAYAK HASIL PRODUKSI WARGA PANGANDARAN CUKUP DIMINATI

Sebuah kebanggan dan pencapaian luarbiasa yang ditorehkan seorang anak muda dari Kabupaten Pangandaran, Enda Nugraha (35). Siapa sangka, industri rumahan perahu kayak yang ia geluti dari rumah industri kecil kini mampu menembus pasar Nasional bahkan Internasional Australia hingga Amerika Serikat.
Enda mulai merintis produk perahu kayaknya sejak tahun 2011. Langkahnya merintis usaha ini dimotivasi oleh hobinya menggeluti olahraga arung jeram.
Mula-mula, ia mengaku mencoba-coba membuat perahu kayak pertamanya dari kayu yang dilapisi nylon. Baru pada 2012, Enda mulai mencoba membuat perahu kayak dari fiber dan mulai memasarkannya di media sosial dengan merek Djurago.
Dengan kerja keras yang didorong kecintaannya terhadap seni pembuatan kayak, produk-produknya semakin dikenal di kalangan komunitas pencinta olahraga arung jeram. Pasarnya pun kini tak hanya dalam negeri, tetapi juga luar Indonesia.
“Sekarang kita sudah kirim ke Timor leste, Australia hingga Amerika,” ungkap Enda yang membuka bengkel pembuatan kayaknya di Desa Parigi ini.
Satu unit kayak, menurut Enda, rata-rata diperlukan waktu 10 hari. Setiap produk Djurago Kayak, Enda menggaransi, bisa bertahan 10 tahun hingga 20 Tahun dalam penggunaan. Alhamdulillah kita bias ikut pelatihan, pengembangan dan pameran pameran tingkat nasional bersama Rumah Kreatif Bumn di Jakarta beberapakali bersama KADIN pangandaran.
Meski karyanya sudah sampai ke daratan Amerika, Produk kayak yang dibuat Enda belum mengantongi legalitas dari pemerintah.
“Harapan saya sih pemerintah bisa turut membantu dalam penerbitan legalitas dan hak paten, apalagi yang produksi kayak di Indonesia masih sangat sedikit,” tandasnya.
 by sgc,kabarpriangan//mypangandaran



Berita Pemberdayaan Masyarakat Lainnya
Puluhan Pemuda Di Pangandaran Dilatih Jadi Aplikator Cat Profesional
Puluhan Pemuda Di Pangandaran Dilatih Jadi Aplikator Cat Profesional
Kamis, 14 Desember 2017 07:35 WIB
Ormas Pemuda di Kabupaten Pangandaran di berikan pelatihan seri kedua kali ini menyasar para pemuda desa untuk didik menjadi para ahli dalam meng aplikator kontruksi pemasangan habel, rangka baja dalam pelatihan pemakaian bahan cat yang profesional sesuai standarisasi Ujar H Teddy Sonjaya Ketua KADIN Pangandaran.
KADIN ADAKAN PELATIHAN MEMBUAT KERAJINAN TANGAN
KADIN ADAKAN PELATIHAN MEMBUAT KERAJINAN TANGAN
Senin, 18 September 2017 14:52 WIB
Sasaran yang ingin dicapai pelatihan ini adalah agar warga mereka dapat memiliki penghasilan dari keterampilan yang dimilikinya untuk masa depan. Sehingga mereka bisa membuka peluang usaha dengan bekal keterampilan apa yang mereka dipelajari saat mengikuti pelatihan. model pemberdayaan bagi masyarakat.
KADIN PANGANDARAN ADAKAN PELATIHAN MANFAAT KEMASAN PRODUK
KADIN PANGANDARAN ADAKAN PELATIHAN MANFAAT KEMASAN PRODUK
Selasa, 12 September 2017 15:12 WIB
Kemasan juga bisa dijadikan sebagai identitas bagi sebuah produk, misalnya ada beberapa produk A dan B yang ditata rapi pada sebuah toko, produk tersebut secara fungsi sama, rasa bisa dikatakan hampir sama, namun karena kemasannya berbeda bisa jadi konsumen akan lebih cenderung memilih produk yang memiliki kemasan yang menarik menurutnya.
KADIN PANGANDARAN MENGIKUTI PELATIHAN DI KOTA BANJAR
KADIN PANGANDARAN MENGIKUTI PELATIHAN DI KOTA BANJAR
Rabu, 06 September 2017 03:01 WIB
ketua dekranasda dr Herman Sutrisno yang memberikan suport dan menyemangati untuk kegiatan ini,untuk mengangkat produktivitas menyatakan tentang kesiapanya mendorong Pemerintah kota banjar supaya menambah alokasi anggaran yang pro umkm di Banjar”dari peserta yang mengikuti pelatihan akan di undang kembali untuk mengikuti aneka pelatihan,Ujarnya. Saya melihat pelatihan ini cukup bagus dan terlihat nyata seharusnya pelatihan harus seperti ini,..selorohnya. sambil memegang beberapa produk yang sudah diberikemasan.