Berita Pemberdayaan Masyarakat
MANFAAT KULIAH LAPANGANGAN KKN BUAT MAHASISWA

MANFAAT KULIAH LAPANGANGAN KKN BUAT MAHASISWA

Kuliah Kerja Nyata Merupakan Pembelajaran Buat Mahasiswa dan Masyarakat adakan Kegiatan Unggulan Bidang Pengabdian kepada MasyarakatTujuan dan Manfaat Kuliah Kerja Nyata (KKN) – Bagi sebagian mahasiswa, KKN merupakan sesuatu hal menakutkan. Karena apa disana mereka dilatih untuk bisa hidup bisa bermasyarakat. Dilatih untuk hidup mandiri, namum apa daya KKN ini adalah salah satu syarat kelulusan bagi mereka. Mau tidak mau, harus tidak harus mereka harus menjalani nya dengan semangat Ujar Teddy Sonjaya Ketua BDC Pangandaran selaku pemateri kegiatan
 
Sebagai Mahasiswa, penting bagi mereka untuk memperkokoh jati diri dengan melaksanakan dharma pengabdian, salah satunya melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata Pemberdayaan Kepada Masyarakat ini. Tujuan pengabdian kepada masyarakat  adalah untuk melaksanakan kegiatan yang mampu mendorong kemandirian dan membentu sedikit pembekalan terhadap ilmu kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan.
 
Prinsip Dasar dan Pelaksanaan KKN
Keterpaduan aspek Tri Dharma Perguruan Tinggi, Empati-Partisipatif, Interdisipliner, Komprehensif-Komplementatif dan berdimensi luas, pengembangan lingkungan
Tujuannya adalah untuk meningkatkan empati dan kepedulian mahasiswa, menanamkan nilai kepribadian:, kemandirian, kepemimpinan dan kewirausahaan, menanamkan jiwa  pengabdian
Kegiatan KKN-biasanya disasarkan kepada 3 pemangku kepentingan, yaitu  mahasiswa, masyarakat (Mitra dan Pemerintah) dan Perguruan Tinggi. Nilai-nilai unggul KKN-PPM bagi mahasiswa  antara lain dalam bentuk proses pembelajaran menjadi leader, manajer, dan enterpreuner, proses membentuk moral kepribadian yang berkarakter mulia dan bermartabat, pengembangan diri yang tangguh sebagai inovator, motivator, dinamisator, dan problem solver, serta pembelajaran andragogik bersama masyarakat. Mahasiswa di tantang membangun sinergi berbagai elemen masyarakat, antara lain: masyarakat/organisasi masyarakat, tokoh masyarakat, pemerintah daerah dan SKPD tingkat I dan II, pelaku usaha, KAGAMA, pemerintah daerah tingkat kecamatan sampai dusun yang berpartisipasi sebagai narasumber dan mitra KKNdi lokasi.
 KKN-Harus terus dikembangkan untuk mencapai titik optimal kegiatan dengan berbagai cara, antara lain dengan mengembangkan pola KKN- menjadi terintegrasi, terukur dan berkelanjutan, berfokus pada pembentukan mahasiswa menjadi entrepreneur, leader dan manager, menentukan arah prioritas lokasi dan meminimalkan risiko dari kegiatan yang dilakukan. Diharapkan KKN untuk dapat terus mendukung penyelesaian masalah bangsa, yaitu kemiskinan dan pengangguran, pembangunan daerah 3T (tertinggal, terdepan, terluar), daerah rawan bencana dan konflik, serta meminimalisir kesenjangan kemajuan wilayah.





Berita Pemberdayaan Masyarakat Lainnya
8 UMKM Pangandaran Lulus Sertifikasi Halal MUI
8 UMKM Pangandaran Lulus Sertifikasi Halal MUI
Rabu, 15 Agustus 2018 13:03 WIB
Pelaku UMKM Pangandaran penerima sertifikat halal MUI usai penyerahan sertifikat halal di Gedung Sate Bandung, Kamis (9/8). Sebanyak delapan produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) asal Kabupaten Pangandaran lulus uji sertifikasi halal MUI. alhamdulillah kita sudah bisa memasarkan keluar daerah tanpa takut di tanya sertifikasi Halal lagi. ujar Ika dari sidomulyo
KANO DAN KAYAK HASIL PRODUKSI WARGA PANGANDARAN CUKUP DIMINATI
KANO DAN KAYAK HASIL PRODUKSI WARGA PANGANDARAN CUKUP DIMINATI
Kamis, 02 Agustus 2018 20:00 WIB
Sebuah kebanggan dan pencapaian luarbiasa yang ditorehkan seorang anak muda dari Kabupaten Pangandaran, Enda Nugraha (35). Siapa sangka, industri rumahan perahu kayak yang ia geluti dari rumah industri kecil kini mampu menembus pasar Nasional bahkan Internasional Australia hingga Amerika Serikat. Enda mulai merintis produk perahu kayaknya sejak tahun 2011. Langkahnya merintis usaha ini dimotivasi oleh hobinya menggeluti olahraga arung jeram.
Puluhan Pemuda Di Pangandaran Dilatih Jadi Aplikator Cat Profesional
Puluhan Pemuda Di Pangandaran Dilatih Jadi Aplikator Cat Profesional
Kamis, 14 Desember 2017 07:35 WIB
Ormas Pemuda di Kabupaten Pangandaran di berikan pelatihan seri kedua kali ini menyasar para pemuda desa untuk didik menjadi para ahli dalam meng aplikator kontruksi pemasangan habel, rangka baja dalam pelatihan pemakaian bahan cat yang profesional sesuai standarisasi Ujar H Teddy Sonjaya Ketua KADIN Pangandaran.
KADIN ADAKAN PELATIHAN MEMBUAT KERAJINAN TANGAN
KADIN ADAKAN PELATIHAN MEMBUAT KERAJINAN TANGAN
Senin, 18 September 2017 14:52 WIB
Sasaran yang ingin dicapai pelatihan ini adalah agar warga mereka dapat memiliki penghasilan dari keterampilan yang dimilikinya untuk masa depan. Sehingga mereka bisa membuka peluang usaha dengan bekal keterampilan apa yang mereka dipelajari saat mengikuti pelatihan. model pemberdayaan bagi masyarakat.