Berita Pemberdayaan Masyarakat
Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Bidang Ekonomi BDC Pangandaran Memulai Babak Baru

Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Bidang Ekonomi BDC Pangandaran Memulai Babak Baru

Tim Komite Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Bidang perekonomian kabupaten Pangandaran memulai babak baru yang hamper pakum selama 8 (delapan) bulan. melalui rencana strategi baru dari arah kebijakan dan kelembagaan,beberapa strategi segera disosialisasikan. Ini merupakan topik yang sangat rumit alot untuk didiskusikan.karena pengurus pengelola BDC yang sama sudah pakum bahkan di anggap sudah tidak ada aktifitas rutin kegiatan pengelolaan.
Kegiatan kelembagaan BDC Pangandaran akan mencoba babak baru untuk melaksanakan pengembangan ekonomi kerakyatan yang berbasis KSM dan BKM di, Kota Pangandaran ini. ini diikuti oleh seluruh Tim Korkot,pendampng Kotaku,Komite Businis Development Centre Pangandaran (BDC), Fasilitator dan di dampingi langsung oleh KME dari pusat.
Bahasan dari topik strategi ekonomi sosialisasi ini menitikberatkan kepada strategi pasar,pemanfaatan dana BDI serta transparansi dan akuntabilitas sebuah program ekonomi yang berkelanjutan menurut Teddy Sonjaya selaku ketua Komite BDC Pangandaran dalam sesi rapat pertama bulan Agustus 2018. di Toko Oleh oleh Pesisir Pangandaran

Masalahnya, dalam pelaksanaan kegiatan BDC Kotaku di lapangan, kerap terjadi pemberhentian sementara dari hasil perencanaan, tapi insaAllah selalu ada solusi
Namun sebenarnaya penomena ini hampir ada di setiap kabupaten kota lain di Indonesia yang sering dialami pengelola termasuk oleh fasilitator di lapangan. Lalu bagaimana solusinya?
Dalam sesi diskusi pelatihan, dibahas langkah strategis apa yang layak dilakukan sesuai kebutuhan namun dengan skala program. Ini merupakan target dari strategi sosialisasi, komunikasi yang utuh dan komprehensif agar tercipta tranparansi dan akuntabilitas.
Di sisi lain, masyarakat sekitar dapat menerima perubahan ekonomi melalui kegiatan yang akan dilaksanakan.
Adapun tujuan strategi komunikasi program kotaku bidang ekonomi yang kita sebut BDC melalui Program Kotaku sendiri adalah untuk membangun, membentuk, dan meningkatkan citra positif Program Kotaku dari sisi pengembangan ekonomi melaui pelatihan berjenjang dan terprogram, serta guna membangun citra positif pengelola program di mata publik dalam penyelenggaraan pengembangan dan peningkatan ekonomi berkelanjutan, serta menumbuhkan kepercayaan publik terhadap program, sehingga tumbuh kepedulian dan partisipasi semua pihak dalam pelaksanaan program.
Harapan saya program ini benar benar di rasakan masyarakat langsung, secara ekonomi meningkat sekaligus mengurangi beban pemerintah dalam peningkatan dan pengentasan kemiskinan, sekaligus penciptaan wirausaha baru sejauh ini kontribusi pemeritah cukup baik, ada harapan baik buat saya alhamdulillah para komite BDC Pangandaran sejauh ini untuk tetap ikut serta berpartisipasi dalam pengelolaan program BDC.seperti darai Pemda,LSM,KSM BKM,Kotaku dan KME, reg reg lah hadir semua Ujar Teddy Sonjaya



Berita Pemberdayaan Masyarakat Lainnya
8 UMKM Pangandaran Lulus Sertifikasi Halal MUI
8 UMKM Pangandaran Lulus Sertifikasi Halal MUI
Rabu, 15 Agustus 2018 13:03 WIB
Pelaku UMKM Pangandaran penerima sertifikat halal MUI usai penyerahan sertifikat halal di Gedung Sate Bandung, Kamis (9/8). Sebanyak delapan produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) asal Kabupaten Pangandaran lulus uji sertifikasi halal MUI. alhamdulillah kita sudah bisa memasarkan keluar daerah tanpa takut di tanya sertifikasi Halal lagi. ujar Ika dari sidomulyo
MANFAAT KULIAH LAPANGANGAN KKN BUAT MAHASISWA
MANFAAT KULIAH LAPANGANGAN KKN BUAT MAHASISWA
Senin, 13 Agustus 2018 14:50 WIB
Sebagai Mahasiswa, penting bagi mereka untuk memperkokoh jati diri dengan melaksanakan dharma pengabdian, salah satunya melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata Pemberdayaan Kepada Masyarakat ini. Tujuan pengabdian kepada masyarakat adalah untuk melaksanakan kegiatan yang mampu mendorong kemandirian dan membentu sedikit pembekalan terhadap ilmu kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan.
KANO DAN KAYAK HASIL PRODUKSI WARGA PANGANDARAN CUKUP DIMINATI
KANO DAN KAYAK HASIL PRODUKSI WARGA PANGANDARAN CUKUP DIMINATI
Kamis, 02 Agustus 2018 20:00 WIB
Sebuah kebanggan dan pencapaian luarbiasa yang ditorehkan seorang anak muda dari Kabupaten Pangandaran, Enda Nugraha (35). Siapa sangka, industri rumahan perahu kayak yang ia geluti dari rumah industri kecil kini mampu menembus pasar Nasional bahkan Internasional Australia hingga Amerika Serikat. Enda mulai merintis produk perahu kayaknya sejak tahun 2011. Langkahnya merintis usaha ini dimotivasi oleh hobinya menggeluti olahraga arung jeram.
Produk UMKM Pangandaran ikuti Pameran di acara HUT ke-57 Tahun, bank bjb
Produk UMKM Pangandaran ikuti Pameran di acara HUT ke-57 Tahun, bank bjb
Sabtu, 12 Mei 2018 16:04 WIB
Kami mengucapakan banyk terimakasih kepada BJB Cabang Pangandaran yang sudah banyak melibatkan Usaha kecil binaan KADIN Pangandaran dan Dekranasda ini merupakan kebanggan buat kami bisa ikut berkontribusi di acara ini Ujar Ketua Kadin Pangandaran sekaligus ketua Businis Devlopment Centre BDC Pangandaran Bpk Teddi Sonjaya berharap acara ini bisa berkelanjutan dan menciptakan wirausaha wirausaha baru.