Berita Pemberdayaan Masyarakat
Daun kelor dijuluki sebagai pohon keajaiban karena punya banyak manfaat.

Daun kelor dijuluki sebagai pohon keajaiban karena punya banyak manfaat.

Jika mendengar daun kelor, mungkin kamu akan teringat dengan perumpamaan 'dunia tak selebar daun kelor'. Istilah ini kerap digunakan untuk menggambarkan bahwa dunia ini sangat luas tak sesempit yang kamu pikirkan. Tumbuhan kelor sendiri sangat mudah dijumpai di Indonesia. Berukuran kecil, daun dari tanaman ini memiliki manfaat yang begitu besar untuk kesehatan dan kecantikan.
Daun kelor adalah tanaman dengan segudang manfaat yang berasal dari suku Moringaceae. Selain ukurannya yang kecil, daun kelor juga memiliki bentuk oval dan bertangkai. Tinggi pohon bisa mencapai 11 meter dengan ujung-ujung rantingnya dihiasi bunga berwarna kuning beraroma semerbak.
Memiliki nama latin Moringa Oleifera, daun kelor dipercaya memiliki manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah manfaat baik dari daun kelor

Kami bersyukur di Pangandaran banyak tumbuh pohon kelor cukup baik serta kami bisa memproduksinya dengan hasil banuan pelatihan, pembinaan hingga sudah menghasilkan teh Daun Kelor dan serbuk daun kelor dari BDC dan Kadin Pangandaran Ujar ibu Gbriel Moringa salah satu Pengolah daun kelor di Pangandaran
Banyak ahli telah melakukan penelitian pada tanaman kelor. Secara mendetail, para ahli meneliti semua bagian tanaman kelor dari daun, biji, batang, hingga buahnya. Hasil yang diperoleh cukup mencengangkan. Tanaman ini mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Kandungan nutrisi yang ada di setiap bagian tanaman kelor memiliki banyak manfaat tak terkecuali bagian daunnya.

Banyak manfaat yang dimiliki tanaman kelor. Tak mengherankan apabila para ilmuwan yang meneliti memberikan julukan tanaman kelor sebagai pohon keajaiban. Sangat banyak manfaat dari kelor sebagaimana brilio.net dilansir dari rd.com pada Kamis (22/11). Salah satu manfaat yang sering dilaporkan adalah memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer.

Manfaat dari daun kelor ini telah dibuktikan lewat penelitian dan diterbitkan dalam Journal of Neurosciences in Rural Practice. Dalam jurnal tersebut dituliskan bahwa efek anti-inflamasi dan hipointensif dari daun kelor mampu meningkatkan aktivitas monoamina otak.

Daun kelor sangat direkomendasikan untuk bayi dan anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Kandungan daun kelor sangat baik juga untuk orang dewasa. Manfaat daun kelor bagi orang dewasa adalah mampu meningkatkan kecantikan seseorang. Hal ini dikarenakan daun kelor mengandung vitamin A, C, protein, kalsium, dan protasium.

Dari itu kamu sudah tahu sendiri, bukan? Betapa besarnya manfaat daun kelor untuk menjaga kesehatan tubuh. Tak hanya itu saja, beberapa manfaat lainnya juga bisa kamu dapatkan dari daun kelor, yakni kecantikan. Apa saja itu? Berikut ulasannya yang yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (22/11).

1. Menjaga kesehatan jantung.
Sebuah penelitian ilmiah sudah dilakukan untuk membuktikan bahwa daun kelor sangat baik untuk kesehatan jantung. Hal ini dilakukan oleh para ahli dengan menggunakan tikus sebagai hewan percobaan. Dari percobaan ini menghasilkan bahwa daun kelor mampu memcegah tumbuhnya bibit penyakit pada jantung.

Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan adanya manfaat lain, yakni sebagai antioksidan alami bagi tubuh. Bagi kamu yang berisiko mengalami penyakit jantung, ada baiknya mulai dari sekarang untuk mengonsumsi daun kelor. Manfaat daun kelor untuk jantung memang tak diragukan lagi.

2. Mengatasi penyakit kulit.
Daun kelor mengandung antiseptik yang mampu membunuh bakteri dengan cepat. Jika kamu memiliki alergi, kerap merasa kulit gatal-gatal atau mengalami penyakit kulit lainnya seperti herpes, kulit bernanah dan luka, kamu bisa menggunakan daun kelor untuk mengatasinya.

Manfaat daun kelor ini setara dengan antiseptik yang biasa kamu temui di toko obat. Jika kamu ingin menggunakan daun kelor untuk mengatasi masalah kulitmu, caranya sangat gampang. Kamu cukup menumbuk daun kelor hingga halus, lalu tempelkan pada bagian yang mengalami masalah. Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa lakukan secara rutin.

3. Mencegah kanker.
Proses pembentukan sel kanker mengalami proses yang cukup lama, sehingga kita tidak menyadari dengan cepat penyakit ini tengah berkembang dalam tubuh kita. Kapan orang bisa merasakannya? Saat kanker sudah memasuki stadium yang  parah.

Oleh karenanya, ada baiknya kita melakukan pencegahan sedini mungkin. Kamu bisa memanfaatkan daun kelor. Dalam sebuah penelitian menemukan bahwa daun kelor bermanfaat untuk membunuh sel yang sudah mati dan mencegah tumbuhnya sel kanker. Daun kelor salah satu yang ampuh untuk mencegah kanker secara alami.

4.  Mencegah sakit mata.
Daun kelor juga sangat bermanfaat untuk kesehatan mata. Cara penggunaannya sangat mudah, kamu cukup memnghaluskan daun kelor dengan menambahkan 100 ml air. Kemudian saring dan pisahkan. Gunakan air saringan tersebut untuk membasuh mata setiap harinya. Kamu akan merasakan, bagian mata yang sakit dan terasa lelah kembali sehat dan segar lagi.

5. Mengatasi penyakit kuning.
Penyakit kuning merupakan nama lain dari penyakit pembengkakan hati yang disebebkan oleh virus. Dikatakan penyakit kuning karena si penderita mengalami gejala menguning di beberapa bagian tubuh, seperti kuku, kulit, mata dan lainnya. Penyakit seperti ini tidak bisa dianggap sepele, harus segera diatasi.

Kamu bisa menggunakan daun kelor untuk mengatasinya. Cara mengkonsumsinya dengan menghaluskan daun kelor, kemudian campurkan dengan air kelapa. Jika kamu ingin rasanya manis, kamu bisa menambahkan madu. Konsumsi secara rutin agar penyakit tersebut bisa segera teratasi.

6. Mengatasi diabetes.
Penyakit diabetes merupakan penyakit kelebihan kadar gula di dalam darah. Hal ini bisa dipicu karena kurangnya selektif dalam memilih makanan. Untuk mengatasi penyakit ini, kamu bisa menggunakan daun kelor, di mana zat mineral yang terkandung pada daun kelor sangat baik untuk proses pembuatan insulin.

Dalam sebuah penelitian mengatakan dengan mengonsumsi sebanyak 150 mg secara rutin dapat mengatasi penyakit diabetes.

7. Menjaga kesehatan ginjal.
Bukan hanya jantung, daun kelor juga memiliki manfaat untuk organ tubuh lainnya. Salah satu manfaat dari daun kelor bisa membantu kesehatan ginjal. Kandungan yang ada pada daun kelor bisa membantu menjaga kesehatan ginjal.

Beragam penyakit yang menyerang ginjal bisa diobati dengan daun kelor. Jika kamu mengonsumsi daun kelor, secara perlahan ginjal akan melakukan penyembuhan. Ginjal kamu akan sehat kembali dan berfungsi secara optimal.

8. Memperlambat penuaan.
Nggak cuma untuk kesehatan saja, manfaat daun kelor bisa dirasakan untuk kecantikan. Daun kelor bisa dijadikan sebagai masker wajah. Daun kelor memiliki khasiat dalam mencegah kerutan di wajah serta mengatasi kerusakan kulit karena radikal bebas. Jika kamu menggunakannya secara rutin, maka kulit terasa lebih kencang dan tampak awet muda.

9. Mencerahkan kulit
Manfaat lain dari menggunakan masker daun kelor, kamu bisa menjaga kebersihan wajah. Wajah akan tampak lebih cerah serta menghilangkan bintik-bintik hitam di wajah. Wajah tampak halus dan terawat dengan daun kelor.

10. Mengecilkan pori-pori.
Punya masalah dengan pori-pori besar di wajah? Ada baiknya kamu gunakan daun kelor. Pori-pori besar biasanya muncul karena paparan sinar matahari atau bekas jerawat.

Jika kamu mengalami masalah dengan pori-pori besar. Kamu bisa menggunakan daun kelor untuk mengatasinya. Caranya sangat mudah, kamu bisa gunakan daun kelor ini sebagai masker, jika rutin menggunakannya kamu akan merasakan hasil yang luar biasa.

11. Melembabkan bibir.
Bibir kering dan pecah-pecah bahkan sampai berdarah, hal ini sungguh menganggu penampilan bukan? Kamu bisa menggunakan daun kelor untuk melembabkan kembali bibirmu. Daun kelor sebagai exfoliator, dapat membuat bibir halusa dan lembab secara alami. Cara penggunaannya juga sangat mudah. Kamu cukup menghaluskan daun kelor, lalu tempelkan di bibir.

12. Mengatasi jerawat.
Jika kamu memiliki wajah berjerawat, daun kelor bisa jadi pilihan yang pas untuk mengatasinya. Jerawat yang sedang meradang akan cepat kempes dan sembuh dengan daun kelor.

Cara mengatasi jerawat dengan daun kelor sangat mudah. Cukup tempelkan daun kelor yang telah dihaluskan pada bagian wajah berjerawat. Kamu juga bisa menggunakan daun kelor sebagai masker sekaligus.

13. Menyehatkan rambut.
Rambut rusak seperti rontok, kotor, dan apek, hingga bau tak sedap adalah permasalahan yang kerap dijumpai orang. Salah satu penyebab kerusakan rambut adalah polusi udara. Jika kamu mengalami masalah tersebut, manfaat daun kelor bisa jadi pilihan untuk mengatasinya. Duan kelor dapat mengembalikan kesegaran rambut dan menguatkan akar rambut
Brilio/idntime/





Berita Pemberdayaan Masyarakat Lainnya
Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Bidang Ekonomi BDC Pangandaran Memulai Babak Baru
Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Bidang Ekonomi BDC Pangandaran Memulai Babak Baru
Kamis, 23 Agustus 2018 17:06 WIB
Bidang perekonomian kabupaten Pangandaran memulai babak baru yang hamper pakum selama 8 (delapan) bulan. melalui rencana strategi baru dari arah kebijakan dan kelembagaan,beberapa strategi segera disosialisasikan. Ini merupakan topik yang sangat rumit alot untuk didiskusikan.karena pengurus pengelola BDC yang sama sudah pakum bahkan di anggap sudah tidak ada aktifitas rutin kegiatan pengelolaan.
8 UMKM Pangandaran Lulus Sertifikasi Halal MUI
8 UMKM Pangandaran Lulus Sertifikasi Halal MUI
Rabu, 15 Agustus 2018 13:03 WIB
Pelaku UMKM Pangandaran penerima sertifikat halal MUI usai penyerahan sertifikat halal di Gedung Sate Bandung, Kamis (9/8). Sebanyak delapan produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) asal Kabupaten Pangandaran lulus uji sertifikasi halal MUI. alhamdulillah kita sudah bisa memasarkan keluar daerah tanpa takut di tanya sertifikasi Halal lagi. ujar Ika dari sidomulyo
MANFAAT KULIAH LAPANGANGAN KKN BUAT MAHASISWA
MANFAAT KULIAH LAPANGANGAN KKN BUAT MAHASISWA
Senin, 13 Agustus 2018 14:50 WIB
Sebagai Mahasiswa, penting bagi mereka untuk memperkokoh jati diri dengan melaksanakan dharma pengabdian, salah satunya melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata Pemberdayaan Kepada Masyarakat ini. Tujuan pengabdian kepada masyarakat adalah untuk melaksanakan kegiatan yang mampu mendorong kemandirian dan membentu sedikit pembekalan terhadap ilmu kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan.
KANO DAN KAYAK HASIL PRODUKSI WARGA PANGANDARAN CUKUP DIMINATI
KANO DAN KAYAK HASIL PRODUKSI WARGA PANGANDARAN CUKUP DIMINATI
Kamis, 02 Agustus 2018 20:00 WIB
Sebuah kebanggan dan pencapaian luarbiasa yang ditorehkan seorang anak muda dari Kabupaten Pangandaran, Enda Nugraha (35). Siapa sangka, industri rumahan perahu kayak yang ia geluti dari rumah industri kecil kini mampu menembus pasar Nasional bahkan Internasional Australia hingga Amerika Serikat. Enda mulai merintis produk perahu kayaknya sejak tahun 2011. Langkahnya merintis usaha ini dimotivasi oleh hobinya menggeluti olahraga arung jeram.