Berita Berita Bisnis dan UKM
UMKM Masa Kini Wajib Memahami Teknologi IT

UMKM Masa Kini Wajib Memahami Teknologi IT

UMKM Milenial yang merupakan kependekan dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah sudah bukan lagi menjadi istilah yang asing bagi Pemuda Pemudi penduduk desa. Potensi yang masih besar di pedesaan dan peluang yang masih sangat terbuka luas untuk masyarakat pemuda desa yang perlu di garap dengan serius agar perkembangan usaha desa semakin membaik..

Oleh karena itulah, tidak sedikit upaya baik dari Stekholder pemerintah  seperti Kamar Dagang dan Industri Kadin dan asosiasi lain ikut berperan terhadap pemerintah daerah maupun dari pemerintah pusat untuk meningkatkan jumlah UMKM di berbagai provinsi di Indonesia melalui pelatihan bisnis star up, melek teknologi untuk UMKM yang secara terus menerus dilakukan.

Namun, sebelum berbicara jauh mengenai pelatihan UMKM, perlulah kita pahami apa tujuan serta manfaat dari pelatihan tersebut sehingga kita dapat mengetahui apa yang diharapkan oleh pemerintah sehingga apa yang dikembangkan dapat kita ketahui. Salah satunya adalah sebagai sebuah promosi bagi masyarakat dan diharapkan dapat tertarik untuk menjadi bagian dari pelatihan UMKM tersebut.Untuk menunjang daerah wisata sebagai daerah ekonomi khusus KEK sekaligus mempercepat pertumbuhan perekonomiannya, Indonesia perlu meningkatkan jumlah wirausahawan baru yang berkualitas sehingga mampu memberikan kontribusi positif bagi pembangunan ekonomi Nasional. Sebagai induk organisasi dunia usaha, Kadin Jawa Barat dan Kadin Kabupaten Pangandaran perlu pula menyusun model pelatihan penciptaan wirausaha baru yang dapat dijadikan standar acuan pelaksanaan pelatihan wirausaha baru oleh Kadin maupun Asosiasi/Himpunan baik di tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota.

Pelatihan ini akan menjadi acuan dasar untuk merumuskan dan mengembangkan format pelatihan Kewirausahaan Kadin untuk dilaksanakan oleh Kadin terutama di tingkat Kabupaten dan Kota di Jawa Barat di waktu mendatang. Ujar Teddy Sonjaya Ketua Kadin Kab Pangandaran di sela sela acara silaturahmi dengan para ketua kadin se Jawa Barat, di Hotel Aryaduta Bandung
 
Tidak sedikit memang pelaku UMKM yang sebelumnya masih berprilaku tradisional merupakan pelaku usaha secara mandiri. Namun, melalui pelatihan UMKM diharapkan pelaku usaha tersebut dapat memahami manfaat teknologi IT untuk meningkatkan produktivitas dengan meningkatkan jangkauan pasar, keterampilan dalam proses produksi maupun dengan peningkatan manajerial

Harapannya melalui peningkatan keterampilan dalam mengelola teknologi IT e Comerce dan pelatihan proses produksi tersebut mampu meningkatkan pula produktivitasnya. Sedangkan peningkatan manajerial diharapkan mampu meningkatkan pemecahan permasalahan yang mana bisa menjadi masalah yang mengganggu produktivitas.



Berita Berita Bisnis dan UKM Lainnya
Peran E-Commerce Bagi  UMKM Pangandaran
Peran E-Commerce Bagi UMKM Pangandaran
Minggu, 11 April 2021 02:15 WIB
Di sesi pelatihan online bersama praktisi dengan sistem online alias e-commerce dr Angga Prasetyo yang sering di panggil Abah (2021-04-8) menyampaikan pentingnya kita menguasai, memahami Teknologi supaya tidak ketinggalan dan mendapatkan manfaat teknologi tersebut akan tetapi kita harus memiliki mentor atau guru yang membimbing, diskusi live bersama 400 (empat ratus ) orang lebih pelaku UMKM selama hampir 3 jam ini sangat menarik, bermanfaat dan mengasikan. Ujar Teddy
Manfaatkan Media untuk Sarana Promosi Produk dan Promosi Pariwisata
Manfaatkan Media untuk Sarana Promosi Produk dan Promosi Pariwisata
Jum'at, 26 Maret 2021 15:51 WIB
Pangandaran sebagai daerah otonom baru dengan multi karakter masyarakat dalam kegiatan ekonominya mulai dari sector Parawisata Laut, pantai, sungai, hutan, agro kultur, wisata ekonomi, wisata study itu semua membutuhkan publikasi, Ujar Teddy Sonjaya Papar Ketua Kadin Pangandaran dalam acara kunjungan stady Tiru BDC Tanggerang ke Pangandaran.
Bank Indonesia dan Kadin Priangan Timur Sosialisasikan Aplikasi QRIS Buat UMKM
Bank Indonesia dan Kadin Priangan Timur Sosialisasikan Aplikasi QRIS Buat UMKM
Sabtu, 20 Maret 2021 01:21 WIB
Kadin Pangandaran memohon agar bank Indonesia mendorong terus progres pengembangn usaha unggulan di Pangandaran sekaligus memberikan pelatihan pelatihan pemberdayaan UMKM go digital umpamanya dengan mendorong Program digitalisasi UMKM .
Lagi Tren Ditanam Petani, Apa Itu Porang dan Berapa Harganya?
Lagi Tren Ditanam Petani, Apa Itu Porang dan Berapa Harganya?
Jum'at, 12 Maret 2021 14:05 WIB
Jika dulu banyak diabaikan sebagai tanaman liar di pekarangan rumah, porang (tanaman porangdi sunda Pangandaran ACUNG ?) kini banyak dibudidayakan petani di sejumlah daerah. Di pasar ekspor, umbi porang yang diolah jadi tepung ini banyak dicari. Umbi dari porang yang sering dianggap masyarakat sebagai makanan ular ini, memiliki pasar ekspor seperti Jepang, China, Taiwan, dan Korea. Lalu apa itu porang? Porang adalah tanaman umbi-umbian dengan nama latin Amorphophallus muelleri