Berita Berita Kadin Nasional
Para Ketua Kadin Se Indonesia Hadiri Rapimnas yang Digelar di Solo, 3.000 Tamu Berdatangan

Para Ketua Kadin Se Indonesia Hadiri Rapimnas yang Digelar di Solo, 3.000 Tamu Berdatangan

Gelaran Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia 2018 di Kota Solo, Jawa Tengah, Senin-Rabu (26-28/11), akan dimeriahkan dengan serangkaian kegiatan budaya khas Kota Bengawan.
Di antaranya pameran Batikvaganza yang akan digelar selama tiga hari, mulai dari 26-28 November 2018 pukul 09.00-21.00 WIB di Hotel Alila Solo, serta Kirab Budaya Kadin Indonesia pada Selasa (27/11) sore.

Rapimnas Kadin 2018 mengusung tema Meningkatkan Ekspor dan Mendorong Pembangunan Industri yang Berdaya Saing Menuju Pembangunan Ekonomi yang Berkeadilan. Ketua Kadin Kota Solo, Gareng S Haryanto, mengatakan pameran Batikvaganza menampilkan berbagai kreasi batik terkini dari berbagai daerah di Indonesia.

Sedikitnya 57 stan Usaha Kecil Menengah (UKM) binaan Kadin ikut memeriahkan Batikvaganza. Bahkan produsen tekstil industri besar juga turut ambil bagian, antara lain PT Sritex, Batik Danar Hadi, Batik Semar, Batik Riana Kesuma, Batik Mayaratna, Mustika Ratu, dan lainnya.

Selain produk batik, pameran juga memamerkan berbagai komoditas produk UKM unggulan daerah di antaranya ada yang sudah berorientasi ekspor.  "Batikvaganza merupakan bentuk konsistensi komitmen Kadin untuk mengembangkan UMKM, utamanya dalam hal ini batik sebagai warisan budaya yang bernilai tinggi," kata Gareng, dalam konferensi pers di Hotel Alila Solo, Senin (26/11).

Ditambahkan, Kadin mengajak para pelaku terkait untuk bersama-sama mendukung UMKM agar bisa terus maju dengan memberikan fasilitas permodalan, pelatihan SDM, dan akses pasar yang lebih besar.

Sementara kegiatan kirab budaya akan dilaksanakan Selasa (27/11) pukul 14.30 -17.30 WIB setelah acara rapimnas resmi dibuka. Kirab mengambil rute dari Stadion Sriwedari melewati Jalan Slamet Riyadi menuju Balai Kota Solo.

Panitia dan pemerintah daerah telah menyiapkan 50 kereta kencana untuk mendukung gelaran kirab budaya. Selain itu, juga disediakan panggung di depan Kantor Bank Indonesia. Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan welcoming dinner para peserta Rapimnas Kadin yang diterima langsung oleh Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo di Pendhapi Gede Balai Kota Solo.

Welcoming dinner akan dimeriahkan oleh penyanyi Katon Bagaskara dan tur Kota Solo. Ketua Kadin Jawa Tengah, Kukrit Suryo Wicaksono, mengatakan, kegiatan Rapimnas yang diselenggarakan di Jawa Tengah menjadi kehormatan luar biasa.

"Karena, sejak Kadin Jawa Tengah berdiri, baru kali ini ditunjuk oleh Kadin Indonesia untuk menjadi tuan rumah kegiatan nasional yang rencananya dihadiri Presiden," ujarnya.

Kukrit menambahkan, kegiatan pendukung Rapimnas seperti Batikvaganza akan memamerkan batik dari seluruh Indonesia. "Tujuannya agar kita mencintai dan memakai produk-produk unggulan dalam negeri," ujarnya.

Sedangkan acara Kirab Budaya Kadin Indonesia diklaim menjadi yang pertama kali diadakan di Indonesia. Seluruh perserta yang hadir dari Kadin Indonesia, Kadin provinsi, dan Kadin kabulaten/kota akan dikirab dari Stadion Sriwedari menuju Balai Kota.


Republika



Berita Berita Kadin Nasional Lainnya
Pembekalan wirausaha bersama Mojang Jajaka Kab.Pangandaran
Pembekalan wirausaha bersama Mojang Jajaka Kab.Pangandaran
Sabtu, 28 Juli 2018 09:22 WIB
Ai berharap Pemkab Pangandaran memberikan dukungan penuh pada ajang ini. Karena, lanjut dia, ketika Mojang dan Jajaka Kabupaten Pangandaran mengikuti Moka tingkat Jawa Barat, tentu membawa nama baik Kabupaten Pangandaran. “Dalam waktu sebulan ini kami akan menggelar pelatihan untuk membekali para mojang jajaka yang akan diberangkatkan di event Moka tingkat Jawa Barat. Pelatihan ini dilakukan agar mereka lebih menguasai tentang pengetahuan potensi dan budaya Pangandaran serta bekal kewirausahaan bersama para pemateri dari KADIN Pangandaran Alhamdulillah kemarin sudah pembekalan wlaupun waktunya sangat singkat,” ujarnya.
Kadin DKI Minta Pembangunan Infrastruktur Libatkan Pengusaha Kecil
Kadin DKI Minta Pembangunan Infrastruktur Libatkan Pengusaha Kecil
Rabu, 22 Maret 2017 04:16 WIB
Eddy Kuntadi di sela-sela Rapat Pimpinan Provinsi (Rapimprov) IV/2017, Kepengurusan Masa Bakti 2013-2018, Kadin DKI Jakarta, Selasa (21/3/2017). "Pengusaha kecil dan menengah bisa dilibatkan dalam proyek-proyek kecil, seperti pengadaan barang, atau pembangunan trotoar dan sebagainya sehingga mereka bisa diberdayakan," ujarnya.
Angkat Potensi UMKM, Pemkot Semarang Gandeng Tokopedia
Angkat Potensi UMKM, Pemkot Semarang Gandeng Tokopedia
Rabu, 01 Maret 2017 04:10 WIB
Masih banyak peluang yang bisa diciptakan oleh lebih banyak masyarakat Semarang, maka kami berkomitmen untuk terus mengadakan pelatihan pemanfaatan internet dalam membangun bisnis kepada para pemilik merek lokal di kota ini secara berkala dan berkesinambungan," terang Leon. Dia menambahkan, Tokopedia akan mengawali terwujudnya Laman Kota Semarang atau halaman khusus yang menjadi katalisator pemasaran produk para pemilik merek lokal di Semarang dan terintegrasi langsung dengan Tokopedia
Susi Pujiastutiu Kementerian Kelautan dan Perikanan diminta untuk tidak ragu indusrilisasi perikanan
Susi Pujiastutiu Kementerian Kelautan dan Perikanan diminta untuk tidak ragu indusrilisasi perikanan
Kamis, 29 September 2016 19:50 WIB
Kepada para pejabat di atas, Presiden menginstruksikan untuk mengambil angkah-langkah yang diperlukan secara terkoordinasi dan terintegrasi sesuai tugas, fungsi, dan kewenangan masing-masing Kementerian/Lembaga untuk melakukan percepatan pembangunan industri perikanan nasional.