Berita Berita Pangandaran
FESTIVAL LAYANG LAYANG DUNIA WARNAI LANGIT PANGANDARAN

FESTIVAL LAYANG LAYANG DUNIA WARNAI LANGIT PANGANDARAN

Langit Pangandaran terlihat berbeda akhir pekan ini. Karena ada festival layang-layang Internasional yang siap menghibur wisatawan di Pangandaran.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil secara resmi membuka ajang Pangandaran International Kite Festival (PIKF) 2019 di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Sabtu (13/7/2019). Digelar di kawasan wisata Pantai Timur Pangandaran, kegiatan tahunan tersebut meriah dengan berbagai kegiatan.

Berbicara kepada media, Emil, demikian sang Gubernur disapa, mengaku bangga bisa menyaksikan langsung kegiatan yang sudah berlangsung selama 30 tahun ini. Terlebih, kata Emil, banyak peserta dari luar negeri, seperti dari ASEAN dan Eropa. 


"Ini tentunya akan meningkatkan citra positif Pangandaran sebagai destinasi pariwisata," ujar Emil. 
Tak sendiri, Emil datang didampingi istri, Atalia Praratya serta Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum. Dari pihak tuan rumah, hadir Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata dan Wakil Bupati Pangandaran Adang Hadari.

Bersama-sama, para pejabat teras tersebut membuka kegiatan dengan memainkan perkusi gondang serta menerbangkan layangan. Sebelumnya, ajang pembukaan diisi defile peserta dan komunitas serta tari penyambutan.

Pada hari kedua, layangan yang diterbangkan jauh lebih beragam. Layangan balon dengan ukuran-ukuran besar menjadi daya tarik tersendiri, seperti karakter kartun, hewan dan bentuk-bentuk unik lainnya 

Tercatat pelayang dari 17 negara mengikuti ajang ini. Beberapa negara asal peserta adalah Perancis, Jepang, Polandia, Malaysia, India dan Makau. 
Endang Drajat, Pendiri Museum Layang-Layang Indonesia sekaligus peserta PIKF 2019 mengaku senang bisa kembali mengikuti kegiatan tersebut. Endang mengapresiasi, dari tahun ke tahun, ajang PIKF semakin baik. 

"Saya sudah nggak kehitung ikut (PIKF) di Pangandaran. Sekarang peserta semakin banyak, cuman tempatnya jadi kurang besar," kata dia. 

Pada hari kedua, Endang menyayangkan anginnya patah-patah sehingga beberapa layangan sulit diterbangkan. Ia berharap sore hari serta esok anginnya lebih bagus. 

"Tapi secara keseluruhan oke," kata Endang.
Sumber,detik



Berita Berita Pangandaran Lainnya
Sebanyak 410 Jemaah Calon Haji asal l Kabupaten Pangandaran di Berangkatkan
Sebanyak 410 Jemaah Calon Haji asal l Kabupaten Pangandaran di Berangkatkan
Sabtu, 20 Juli 2019 05:25 WIB
Sebanyak 410 Jemaah Calon Haji dari 10 Kecamatan asal Kabupaten Pangandaran diberangakatkan menuju embarkasi asrama haji Bekasi oleh Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata di Lapang Bumi Perkemahan Cikembulan, Pamugaran Pangandaran, Jumat, (19/7/2019).
BUMD PD BPR BKPD dan PDAM diserahkan oleh Bupati Kabupaten Ciamis Herdiat Sunarya kepada Bupati Kabupaten Pangandaran, Jeje Wiradinata
BUMD PD BPR BKPD dan PDAM diserahkan oleh Bupati Kabupaten Ciamis Herdiat Sunarya kepada Bupati Kabupaten Pangandaran, Jeje Wiradinata
Senin, 15 Juli 2019 05:39 WIB
Dua aset berupa BUMD PD BPR BKPD dan PDAM yang sempat terjadi perdebatan itu akhirnya diserahkan oleh Bupati Kabupaten Ciamis Herdiat Sunarya kepada Bupati Kabupaten Pangandaran, Jeje Wiradinata di hotel Menara Laut Pantai Barat Pangandaran, Senin, 15 Juli 2019 malam hari.
LIBURAN TAHIN 2019 PANGANDARAN TARGETKAN RETRIBUSI 5 MILIAR
LIBURAN TAHIN 2019 PANGANDARAN TARGETKAN RETRIBUSI 5 MILIAR
Selasa, 11 Juni 2019 07:39 WIB
Musim libur Lebaran tahun ini, kata Dadan, pihaknya menargetkan retribusi wisata sebesar Rp 3-5 miliar dari total target Rp 28,5 miliar tahun ini. Pendapat tersebut, kata Dadan, bersumber dari lima obyek wisata yang dikelola Pemkab Pangandaran yakni Pantai Pangandaran, Pantai Batukaras, Pantai Karapyak, Pantai Batuhiu dan Green Canyon.
RIBUAN PENGUNJUNG SERBU DESTINASI WISATA DI PANGANDARAN
RIBUAN PENGUNJUNG SERBU DESTINASI WISATA DI PANGANDARAN
Minggu, 09 Juni 2019 08:00 WIB
Musim libur lebaran tiba kawasan kawasan objek wisata di kabupaten Pangandaran menjadi salah satu tujuan utama masyarakat untuk menghabiskan waktunya berlibur bersama keluarga. Pada hari pertama Idul Fitri, pengunjung yang masuk kawasan wisata Pangandaran tercatat sebanyak 32.075