Berita Ekonomi dan Keuangan
KOPI PANGANDARAN DIMINATI PASAR HARUS JADI PENUNJANG EKONOMI DAN PARAWISATA

KOPI PANGANDARAN DIMINATI PASAR HARUS JADI PENUNJANG EKONOMI DAN PARAWISATA

Ternyata kopi Pangandaran memiliki khas tersendiri dari sisi aroma dan rasa ini perlu dikembangkan baik produksinya maupun dalam segi pemasaran guna dikenal sehingga tereksplor hingga ke beberapa daerah, pengelolaan yang baik tentu7 menghasilkan rasa yang baik juga. Demikian dikatakan Mr kim ketika berkinjung ke work shop gula semut BDC pangandaran di dampingi manager Pengelola Wakir Mujahidin
Dalam kunjungan terpisah team Pengembangan Ekonomi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya di Pangandaran Yusi mengatakan, sebagai bentuk kepedulian Bank Indonesia dalam rangka pengembangan ekonomi di daerah, maka BI akan fokus untuk pengembangan UMKM secara bertahap dan berkelanjutan.
"Apalagi di Pangandaran memikiki potensi pariwisata nya yang cukup bagus," ungkap Yusi.
Apalagi menurut dia, dalam pengembang pariwisata, pihaknya juga telah mendapatkan informasi bahwa di Pangandaran terdapat komoditas kopi, Gula semut, cocofiber,cocofeat yang memiliki potensial sehingga komoditas ini harus jadi penunjang pariwisata.
"Dalam forum diskusi dan kunjungan dibahas bagaimana kopi, Gula semut, cocofiber,cocofeat Pangandaran bisa dikenal oleh wisatawan, dan berbicara kopi ke depannya juga diharapkan untuk dibuatkan agro wisata kopi, apalagi saya lihat Pangandaran sudah memberikan tempat khusus pemasaran" ujarnya.
Sehingga, lanjut Yusi, kopi-kopi ini menjadi wajib di Pangandaran seperti di hotel-hotel bisa menyajikan kopi khas Pangandaran.
Pendampingan
Maka ke depan, kata Yusi, BI untuk melakukan pendampingan, pelatihan untuk meningkatkan produktivitas, karena berdasarkan informasi penanaman kopi di Pangandaran masih sangat sederhana dan masih otodidak, yang  secara turun temurun ilmunya dari orangtua terdahulu..
"Nah kita (Bank Indonesia, Red) akan melakukan pelatihan dan intervensi di budidaya kopi, supaya budidayanya ini akan lebih baik lagi," ujar Yusi.
Apabila produksinya sudah meningkat,  tentu diperlukan pemasarannya. Karena menurut Yusi, dari 100 persen produkai kopi itu, 80 persennya diambil oleh daerah lain. Tidak dibrending sebagai kopi Pangandaran. 
"Maka kopi ini bisa menjadi brand Pangandaran. Jangan sampai kopinya dari Pangandaran tapi brandnya dari daerah lain," papar Yusi, seraya dirinya menambahkan, bahwa saat ini BI sedang mengembangkan kopi Cigalontang di Tasikmalaya dan kopi Malabar di Bandung.
"Nanti untuk pelatihan kan bisa mendatangkan mentor dari kopi Malabar dan kopi Cigalontang. Sedangkan untuk pemasaran kopi saat ini bisa melalui even-even pameran," tutur Yusi kepada wartawan Kabar Priangan, Agus Kusnadi.
Mengembangkan produksiKetua Kamar Dagang Dan Industri (Kadin) Kab. Pangandaran, Tedy Sonjaya saat mendampingi team bank Indonesia ke koprasi produksi kelapa dan kopi di pangandaran sangat antusia.
"Kan sayang sekali kalau produksi kopi kelapa ini tidak dimanfaatkan dengan baik," ujarnya.
Maka dari itu, kata Tedy, Kadin memberikan informasi kepada Bank Indonesia terkait potensi komoditi Gula dan Kopi yang cukup bagus di Pangandaran harapannya bank Indonesia  bisa memberikan suport untuk mengembangkan produksi Gula dan kopi dan peningkatan SDM-nya.
Sementara Kepala Dinas Pertanian Kab. Pangandaran, Sutriaman sangat mendukung kerja sama ini untuk pengembangan produksi kopi untuk meningkatkan pariwisata di Kab. Pangandaran.
Menurut Sutriaman, produksi kopi di Pangandaran merupakan kopi jenis robusta sengan sentra pengembangannya ada di Kec. Langkaplancar, Parigi, Cigugur dan Sidamulih dengan luas lahan 609 hektare yang terdiri 292 hektare lahan negara, dan 317 hektare lahan perkebunan rakyat.
"Sudah memproduksi sebanyak 253 ton pertahunnya," ujar Sutriaman
Untuk pengembangan produksi kopi di Kab. Pangandaran, menurut Sutriaman, sementara ini belum perlu menambah lahan pertanian kopi.
"Karena yang diperlukan oleh petani kopi saat ini adalah perlu adanya peningkatan SDM dan alat pengolahan kopi," ujar Sutriaman, seraya dirinya menambahkan, merek kemasan kopi yang sudah ada di Kab. Pangandaran yakni merek Srikandi Coffe produk Sidamulih (Ibu Anih CS) dan kopi Pangandaran produk Purbahayu (Redi CS).***
 sumber, PR,Detik,Mypnd



Berita Ekonomi dan Keuangan Lainnya
Jangan jangan ibu Susi Pujiastuti pingin jadi wapres Ujar Presiden Jokowi di hadapan masyarakat Pangandaran
Jangan jangan ibu Susi Pujiastuti pingin jadi wapres Ujar Presiden Jokowi di hadapan masyarakat Pangandaran
Rabu, 25 April 2018 06:58 WIB
Sebelum Jokowi memberikan sambutan, Susi menyampaikan keinginan masyarakat Pangandaran di atas panggung untuk disampaikan kepada Menteri PUPR dan Menteri Perhubungan. ‎"Ada permintaan karena sudah nodongin saya pagi-pagi sebelum bapak datang, terutama disampaikan ke Menteri PUPR dan Pak Budi (Menteri Perhubungan untuk pembangunan dermaga dibeberapa kilometer baik Parigi, Batukaras," ucap Susi.
Presiden Jokowi, akan meresmijan Keramba Jaring Apung (KJA) Offshore. di Pangandaran
Presiden Jokowi, akan meresmijan Keramba Jaring Apung (KJA) Offshore. di Pangandaran
Rabu, 25 April 2018 06:50 WIB
Menurut Jeje, kunjungan kerja Presiden Jokowi ke Pangandaran merupakan sejarah bagi masyarakat Kab Pangandaran. "Maka kami akan kerahkan masyarakat Kab Pangandaran baik tokoh masyarakat dan agama serta masyarakat nelayan juga jajaran Pemda dan DPRD untuk melakukan interaksi dengan pak Jokowi saat kunjungannya ke Pangandaran," ujarnya, seraya dirinya menambahkan masyarakat akan dipusatkan berkumpul di pelabuhan PPI Cikidang Babakan. Jeje juga berharap, dalam kunjungan Presiden Jokowi ke Pangandaran sekaligus bisa meninjau lokasi pembangunan RSUD Pangandaran.
Penegelolaan proyek Keramba Jaring Apung (KJA offshore) di Pangandaran Jawa Barat akan melibatkan koperasi dan BUMN
Penegelolaan proyek Keramba Jaring Apung (KJA offshore) di Pangandaran Jawa Barat akan melibatkan koperasi dan BUMN
Selasa, 24 April 2018 06:29 WIB
Menurut Susi, perlu satu kekuatan besar baik dari koperasi, kemudian BUMN untuk sinergi. Sebab ini pekerjaan besar. Kalau KJA Offshore dua tahun berhasil, akan ditambah keberadaannya di beberapa tempat lagi. Ini sangat menguntungkan buat masyarakat, ujarnya
Manfaat Investasi Meski Dalam Skala Skala besar atau kecil
Manfaat Investasi Meski Dalam Skala Skala besar atau kecil
Minggu, 12 Februari 2017 22:54 WIB
Investasi merupakan tindakan di mana seseorang atau perusahaan mengeluarkan sejumlah dana untuk disimpan sebagai suatu bentuk dengan harapan suatu saat akan mendapatkan keuntungan secara finansial. Bentuk yang kerap kali dijadikan bentuk investasi bisa jadi investasi dalam bentuk kepemilikan saham perusahaan, investasi tanah, maupun investasi emas