Berita Pemberdayaan Masyarakat
Alasan Pengembangan Produk UKM dan UMKM

Alasan Pengembangan Produk UKM dan UMKM

Financial Goals 
Pengembangan produk dengan alasan Financial Goals dikarenakan suatu perusahaan atau produsen ingin mencapai finansial yang telah ditargetkan. Pengembangan produk dapat meningkatkan nilai yang terkandung dalam produk dibanding dengan produk sebelumnya yang belum dikembangkan. Maka, semakin produk itu berkembang, maka nilai produk tersebut akan bertambah. Hal itu akan memperbesar kemungkinan perusahaan dalam mencapai finansial yang ditargetkan.
Contoh pengembangan produk karena alasan Financial Goals adalah ponsel keluaran perusahaan ABC. Ponsel tersebut dahulu hanya memasarkan produknya dengan tipe layar monokrom atau satu warna saja. Penjualan tersebut cukup sukses, tetapi belum mencapai tingkat finansial yang ditargetkan oleh perusahaan. Perusahaan memutuskan mengembangkan produknya menjadi ponsel yang memiliki layar warna dan dilengkapi banyak fitur yang dibutuhkan masyarakat seperti menggunakan sistem operasi berbasis Android, kamera, dll. Penambahan fitur-fitur tersebut menambah nilai ponsel keluaran perusahaan ABC sehingga harga jual ponsel tersebut tinggi dan kini telah mencapai target finansialnya.
2. Sales and Market Share Growth
Pengembangan produk dengan alasan Sales and Market Share Growth dikarenakan suatu perusahaan atau produsen ingin meningkatkan jumlah penjualan dan pasarnya sehingga akan semakin banyak kalangan masyarakat atau segmentasi pasar yang mengetahui dan menggunakan produk-produk dari perusahaan tersebut.
Contoh pengembangan produk karena alasan Sales and Market Share Growth adalah ponsel keluaran perusahaan Apel. Perusahaan tersebut dahulu hanya mengeluarkan ponsel-ponsel dengan desain dan fitur eksklusif sehingga harga ponsel tersebut mahal. Target pasar yang ditujupun menjadi hanya masyarakat atas yang memiliki penghasilan tinggi. Penjualan ponsel tersebut sukses, tetapi target pasar yang hanya satu segmen ini menyebabkan perusahaan Apel memutuskan untuk mengembangkan produknya dengan menggunakan dana (cost) yang lebih sedikit dibanding dengan ponsel sebelumnya tanpa menurunkan kualitasnya sebagai perusahaan dengan nama yang besar. Pengembangan produk ponsel yang memiliki harga yang lebih murah ini menambah target pasar yang dituju menjadi masyarakat dengan penghasilan menengah. Penambahan target pasar ini meningkatkan jumlah penjualan dan pasar dari ponsel keluaran perusahaan Apel sehingga semakin banyak kalangan masyarakat yang mengetahui dan menggunakan produk-produknya.
3. Technology Development
Pengembangan produk dengan alasan Technology Development dikarenakan suatu perusahaan atau produsen ingin menghasilkan produk-produk yang sesuai dengan perkembangan teknologi yang berkembang saat ini. Produk-produk yang sesuai dengan perkembangan teknologi akan menjadikan produk-produk tersebut up-to-date atau kekinian sehingga masyarakat akan menyukai dan menggunakan produk-produk dari perusahaan atau produsen tersebut.
Contoh pengembangan produk karena alasan Technology Development adalah ponsel keluaran perusahaan Samson yang kini cukup menarik perhatian dengan fitur-fiturnya yang canggih. Setelah sebelumnya perusahaan Samson tampil di pasaran dengan inovasinya berupa ponsel berbasis Android pada sebagian besar ponsel-ponselnya, kini perusahaan tersebut mengembangkan ponsel-ponsel berfitur canggih pada beberapa serinya. Salah satu fitur canggih tersebut adalah fitur dimana video yang sedang diputar pada ponsel tersebut dapat berhenti sementara dengan sendirinya apabila pandangan mata penonton video tersebut tidak menuju ke layar atau sedang menoleh ke sudut pandang lain. Salah satu fitur tersebut menunjukkan bahwa ponsel keluaran perusahaan Samson berinovasi untuk mengembangkan produk yang sesuai dengan teknologi yang semakin berkembang.
4. Demographic and Lifestyle Changes
Pengembangan produk dengan alasan Demographic and Lifestyle Changes dikarenakan suatu perusahaan atau produsen ingin mengembangkan produknya berdasarkan pada kebutuhan dan / atau trend gaya hidup yang sedang berkembang di suatu wilayah.
Contoh pengembangan produk karena alasan Demographic and Lifestyle Changes adalah ponsel keluaran Berrytam yang terus berinovasi mengembangkan produknya setelah produk pertamanya yang diedarkan di Indonesia direspon bagus dan menjadi gaya hidup sebagian besar masyarakat Indonesia. Perusahaan Berrytam terus mengembangkan produknya sehingga tetap menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia yang cenderung berubah-ubah demi mempertahankan pasar yang sudah diraihnya.
5. Customer Requests
Pengembangan produk dengan alasan Customer Requests dikarenakan suatu perusahaan atau produsen ingin konsumennya merasa puas dan loyal terhadap perusahaan atau produsen tersebut dengan memenuhi keinginan yang diinginkan konsumen.
Contoh pengembangan produk karena alasan Customer Requests adalah perangkat lunak perpesanan yang sebenarnya dikhususkan untuk ponsel-ponsel keluaran perusahaan Berrytam. Dalam jangka waktu yang belum ditentukan, perangkat lunak perpesanan tersebut akan dapat diakses pada ponsel-ponsel berbasis Android dan iOs. Kehadiran ponsel-ponsel pesaing dengan beragam fitur dan keunggulan menyebabkan perusahaan Berrytam memutuskan untuk mengembangkan perangkat lunak perpesanan unggulannya untuk dapat diakses pada ponsel-ponsel pesaingnya guna memenuhi keinginan konsumennya. Hal ini mungkin juga sebagai bagian dari strategi perusahaan Berrytam dalam mengeksiskan nama Berrytam ditengah menurunnya tingkat penjualan ponsel-ponselnya karena hadirnya pesaing-pesaingnya yang bersaing pada segmen atau target pasar yang sama.
Pengembangan produk penting karena memberikan variasi, inovasi terbaru kepada konsumen sehingga konsumen tidak akan bosan dengan produk kita, ini merupakan strategi agar memiliki pelanggan tetap
 
Sumber:POSTED IN PERANCANGAN DAN PENGEMBANGAN PRODUK, TEKNIK INDUSTRI | TAGGED PERANCANGAN DAN PENGEMBANGAN PRODUK, TEKNIK INDUSTRI//air indevendenblog



Berita Pemberdayaan Masyarakat Lainnya