Berita Pemberdayaan Masyarakat
MINYAK KELAPA MEMILIKI POTENSI BESAR

MINYAK KELAPA MEMILIKI POTENSI BESAR

Tahukah kamu, bahwa ada banyak sekali bahan alami yang sangat bermanfaat bagi tubuh, salah satunya adalah minyak kelapa. Biasanya, minyak kelapa dapat dibuat sendiri agar terjamin keasliannya. Cara membuat minyak goreng dari kelapa juga tidak sesulit yang dibayangkan, lho.

Mayoritas orang menghindari penggunaan minyak goreng dalam mengolah makanan. Asalkan anda tahu bagaimana cara membuat minyak goreng dari kelapa yang benar, dampak negatif dari penggunaan yang tidak sehat pun dapat dihindari.

Menurut para ahli giji, dokter juga para ulama seperti kyai H dr Zainudil Akbar  menyampaikan minyak kelapa terbuat dari bahan-bahan yang dapat memberikan banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan. Walaupun minyak kelapa mengandung lemak jenuh yang banyak, tetapi jenis lemak jenuh ini merupakan MCT ( Medium Chain Triglycerides). Selain MCT, minyak kelapa yang sangat baik buat tubuh yang juga mengandung asam laurat.

Bagaimana Cara Membuat Minyak Kelapa ? Sebenarnya, siapapun bisa membuat minyak kelapa sendiri dirumah, potensi kelapa di pangandaran sangat banyak apalagi menurut para ahli bahwa kelapa dari wilayah selatan jawa kwalitasnya sangat baik makanya industri besar  berani investasi di pangandaran seperti group Lipo, indopood dll. Makanya kita akan rutin memberikan pelatihan usaha ini Ujar Teddy Ketua Kadin Pangandaran. 

Berikut ini cara yang sering dilakukan untuk mendapatkan minyak kelapa.
Proses pembuatan minyak goreng dari kelapa diawali dari pembuatan minyak kelapa mentah sistem pendinginan VCO atau crude coconut oil (CCO),dengan cara sebagai berikut:
Tahap Pertama : Membuat Crude Coconut Oil ( CCO )

Siapkan buah kelapa yang sudah tua.
Kupas sabut kelapa, kemudian cungkil dan kupas batok kelapa.
Kemudian parut daging kelapa, Untuk mempercepat proses pemarutan gunakan mesin parutan kelapa untuk hasil yang bagus.
Tambahkan sedikit air pada hasil parutan kelapa, kemudian peras untuk menghasilkan santan.
Setelah itu, diamkan santan, tunggu sampai santan dan air terpisah.
Diamkan kembali selama 5 hingga 6 jam sampai terbentuk lapisan minyak pada bagian atas.
Kemudian pisahkan minyak dari blendo atau ampas minyak kelapa.
Minyak yang dihasilkan inilah yang disebut dengan CCO ( Crude Coconut Oil ).

Tahap Kedua : Membuat Minyak Kelapa

Siapkan mesin mixer, kemudian panaskan mesin.
Kemudian tuangkan Crude Coconut Oil ( CCO ) tadi ke dalam mesin mixer.
Setelah itu, panaskan sampai 50, dan tambahkan larutan KOH, kemudian panaskan kembali hinga 90 selama 1 jam.
Pisahkan gliserol yang terbentuk dari minyaknya.
Setelah dipisahkan, saring dengan cara melalukan minyak ke alat penyaringan sederhana.
Minyak goreng kelapa siap digunakan.

Apa Saja Manfaat dari Minyak ini ?Selain digunakan untuk menggantikan minyak penggorengan, ternyata ada banyak manfaat dan khasiat dari minyak kelapa ini. Diantaranya :
·Baik untuk Penderita Kolestrol TinggiBeberapa penelitian menyatakan bahwa minyak kelapa dapat menurunkan kadar kolestrol jahat ( LDL ), dan menaikkan kadar kolestrol baik ( HDL ). Tetapi, beberapa penelitian juga mengatakan bahwa minyak kelapa belum tentu baik untuk kesehatan jantung.
Oleh karena itu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat minyak kelapa terhadap kolesterol tinggi.
·Menurunkan Berat BadanPemakaian minyak kelapa dianggap baik bagi penderita obesitas, dikarenakan kandungan kolestrol yang rendah dibandingkan jenis minyak yang lain. MCT yang terkandung dalam jenis lemak ini, diperkirakan bisa menurunkan berat badan.
Namun, anda tetap harus membatasi jumlah asupan minyak kelapa agar tidak kelebihan kalori, yang justru akan menyebabkan berat badan naik. Untuk menurunkan berat badan, tetap dibutuhkan pula pola makan sehat dan olahraga rutin.
·Melembabkan KulitMinyak kelapa pun dapat digunakan untuk melembabkan kulit. Anda bisa mengoleskan minyak kelapa ini secara rutin setelah mandi. Memakai minyak kelapa dua kali sehari secara rutin, dapat membantu melembabkan kulit.
·Mengatasi Kutu RambutKandungan asam laurat pada minyak kelapa diduga berperan sebagai pembasmi kutu alami. Selain dapat digunakan untuk mengatasi kutu rambut, minyak kelapa dapat digunakan untuk mengobati kutu rambut pada orang yang memiliki kulit sensitif atau tidak cocok dengan pengobatan kutu rambut.
Dengan cara mengoleskan minyak kelapa pada rambut mungkin efektif untuk menjauhkan kutu, namun masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas minyak kelapa dalam mengobati kutu rambut.
·DiabetesKandungan yang terdapat pada minyak kelapa mampu mengatur resistensi insulin dan membantu menurunkan kadar kolestrol. Minyak kelapa juga mampu memberikan dampak yang baik bagi penyakit diabetes. Namun, karena jenis lemak pada minyak kelapa adalah lemak jenuh, penderita diabetes disarankan untuk membatasi asupan minyak kelapa.
Minyak goreng kelapa ini selain bermanfaat bagi kesehatan ternyata masih memiliki manfaat yang lain. Diantaranya :
·Merawat Perabotan KayuSejak zaman dahulu, banyak yang menggunakan minyak goreng untuk merawat perabotan kayu. Akan tetapi, sekarang sudah banyak beredar cat-cat dan minyak khusus kayu yang beredar membuat kita tak lagi menggunakan minyak goreng untuk merawat perabotan kayu.
Meskipun demikian, tak menutup kemungkinan bagi kita untuk tetap menggunakan minyak goreng sebagai minyak yang memiliki fungsi yang sama dengan minyak khusus kayu yang beredar saat ini.
Caranya membuatnya cukup mudah yaitu peras jeruk lemon dan campur dengan minyak goreng, kemudian kalian tinggal mengoleskan campuran tersebut ke perabotan kayu dan gosok dengan kain katun. Cara ini berfungsi untuk menghaluskan bekas goresan yang ada diperabotan kayu anda.
·Berfungsi Sebagai PelumasTernyata minyak goreng bisa dijadikan sebagai pelumas khususnya yaitu untuk benda yang berbahan logam, misalnya resleting, dll.
·Berfungsi Sebagai Perangkap NyamukSaat ini banyak alat untuk mengusir nyamuk yang beredar dipasaran, bisa berbentuk bakar, lotion, raket, semprot, ataupun yang elektrik. Tapi, pernahkah kita membayangkan bahwa alat untuk mengusir nyamuk yang beredar dipasaran terkadang berdampak buruk bagi kesehatan ?.
Lalu, bagaimana cara mengusir nyamuk tanpa menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan ?. Kali ini, terdapat cara yang ampuh untuk mengusir nyamuk. Caranya pun sangat mudah yaitu ambil tutup panci yang agak lebar, kemudian oleskan minyak goreng secara merata.
Setelah itu, kibaskan tutup panci tersebut di area tempat bersarangnya nyamuk, misalkan kolong tempat tidur. Hasilnya, nyamuk akan menempel pada sisi tutup panci yang sudah diolesi dengan minyak goreng tersebut.
Jangan terlalu banyak mengoleskan minyak supaya tidak menimbulkan cipratan minyak kemana-mana. Cara diatas bisa dipraktekkan didalam maupun diluar rumah.
Cara Menggunakan Minyak Goreng dari Kelapa agar Tetap Sehat

Gunakan minyak goreng secukupnya saja sesuai dengan kebutuhan.
Jangan pansakan minyak goreng dengan suhu yang terlalu tinggi.
Simpan minyak goreng ditempat yang sejuk dan tidak terpapar sinar matahari secara langsung supaya minyak tidak mengalami perubahan
Gunakan kertas atau tissue untuk mengalasi makanan yang telah digoreng.
Sebelum memasukkan bahan yang akan digoreng, sebaiknya panaskan minyak terlebih dahulu supaya proses memasak tidak terlalu lama berada di dalam minyak.Walaupun minyak goreng ini tergolong sehat bukan berarti membuat anda berlebihan mengonsumsi makanan yang digoreng. Tetap batasi konsumsi sesuai kebutuhan supaya kesehatan anda tetap terjaga.
Jenis Minyak Goreng dan Khasiatnya
·Minyak ZaitunSeperti yang kita tahu, minyak zaitun dipercaya sebagai salah satu jenis minyak yang paling baik dan sehat untuk digunakan dalam proses memasak. Minyak yang berasal dari kawasan mediterania ini semakin populer didunia karena memiliki beragam khasiat.
Khasiat minyak zaitun diantaranya adalah membantu menjaga kadar kolestrol jahat didalam tubuh agar tetap rendah dan meningkatkan kadar kolestrol baik. Bagi mereka yang memiliki kadar kolestrol tinggi dianjurkan memakai minyak zaitun saja bukan minyak yang lain.
Selain berguna bagi orang yang memiliki kadar kolestrol tinggi, minyak zaitun ternyata berguna untuk menjaga kesehatan jantung, karena mengandung kadar zat antioksidan ( polifenol ) yang tinggi.
Minyak ini juga mengandung omega-3 yang bersifat sebagai anti-inflamasi dan mengandung vitamin, mineral, dan protein yang bermanfaat untuk merawat rambut dan kulit.
·Minyak Kacang TanahSejak dahulu, kacang tanah sudah sangat dikenal sebagai tanaman yang banyak khasiatnya. Berbeda dengan jenis kacangan lainnya, kacang tanah memiliki buah yang terletak didalam tanah. Minyak yang terbuat dari kacang tanah merupakan salah satu minyak nabati alami terbaik.
Khasiat yang dimiliki oleh kacang tanah sangat banyak, diantaranya untuk mengatasi sembelit, sebagai sumber energi, membantu menurunkan berat badan, dan mengatasi diare. Mengonsumsi minyak kacang tanah juga bisa membantu mengurangi resiko terjadinya penyakit berat, seperti kanker, peradangan kronis, hipertensi, penyakit jantung, diabetes, dan sebagainya.
·Minyak Bunga MatahariSecara umum, minyak bunga matahari bisa didapat dengan cara mengekstrak biji bunga matahari sehingga menghasilkan minyak. Beta karoten dan vitamin A merupakan salah satu kandungan utama yang terkandung dalam minyak bunga matahari ini.
Selain itu, omega-6 dan vitamin E yang terkandung dalam minyak bunga matahari ini bertindak sebagai anti-oksidan. Minyak biji bunga matahari juga mengandung lemak jenuh ganda yang baik untuk menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh.
·Minyak CanolaCanola adalah tanaman hasil rekayasa genetika dari tanaman rapeseed atau dalam bahasa latin disebut rapum, yang berarti lobak. Biasanya, melalui proses rekayasa genetika ini , rapeseed yang merupakan tanaman beracun, kemudian menghasilkan bibit canola yang bebas racun.
Pada saat ini, minyak canola tidak hanya terbuat dari biji canola saja, melainkan dari sawi-sawian, kubis, rutabaga, dan tanaman sejenis lainnya. Minyak canola mengandung omega-3, 6, dan 9 yang mampu membantu menjaga kadar kolestrol baik. Dengan kandungan lemak jenuh yang rendah yaitu 7% canola termasuk kedalam minyak goreng yang sehat.
Dengan memiliki rasa yang netral, dan ringan membuat canola sangat ideal digunakan untuk memasak, karena tidak memengaruhi rasa asli dari bahan makanan yang diolah. Minyak ini juga baik untuk digunakan pada proses memasak yang membutuhkan suhu tinggi.
·Minyak MustardMustard atau dalam bahasa indonesia sering disebut ‘mustar’ merupakan minyak yang terbuat dari biji sawi. Saat ini, di indonesia mustard oil ini mungkin belum terlalu populer. Namun di negara rusia, minyak ini banyak digunakan sebagai pengganti minyak zaitun.
Selama ini, sawi hanya dimanfaatkan daunnya saja. Tetapi, di negara sub tropis biji sawi memiliki potensi yang lebih besar, karena tanaman sawi di wilayah tersebut lebih banyak menghasilkan biji daripada daun.
Karena itulah, mereka mengolah biji sawi menjadi minyak mustard, meskipun kecil hanya berdiameter 1 milimeter biji sawi inipun diolah menjadi minyak mustard.
Biasanya minyak ini memiliki rasa yang khas sehingga hidangan yang diolah memakai minyak ini memiliki rasa yang unik. Minyak mustard selain sebagai stimulan dan memperlancar pencernaan, ternyata minyak ini memiliki manfaat untuk mencegah kardiovaskular, meredakan nyeri, meredakan flu dan batuk, serta menyehatkan kulit dan rambut.
Peluang Usaha Minyak Goreng Kelapa 
 
Saat ini, minyak kelapa goreng digemari oleh konsumen di Indonesia karena dinilai lebih sehat. Permintaan minyak goreng kelapa cukup tinggi, dan harga di pasaran juga cukup menarik berkisar Rp.25.000 -28.000.
Tentu hal ini merupakan peluang bisnis yang cukup menjajikan. Apalagi ketersediaan kelapa di Indonesia cukup melimpah, hampir di seluruh wilayah Indonesia terdapat tanaman kelapa
Dari mulai proses produksi minyak goreng kelapa relatif mudah dan dapat dilakukan dengan investasi yang tidak terlalu tinggi sehingga dapat dilakukan dalam skala home industri.
Kelapa biasa dikenal sebagai tanaman yang serba guna, seluruh bagian tanaman ini bermanfaat bagi kehidupan manusia. Tanaman kelapa juga sebagai penyedia lapangan kerja, sumber devisa negara, sumber pendapatan bagi keluarga petani, pemicu dan pemacu pertumbuhan sentra-sentra ekonomi baru, serta sebagai pendorong tumbuh dan berkembangnya industri hilir berbasis minyak kelapa dan produk ikutannya, selain itu juga minyak kelapa merupakan salah satu sumber minyak nabati.
Jika anda tertarik dalam usaha ini maka anda harus mengikuti langkah-langkah berikut untuk membangun usaha anda.

1.Survey Bahan BakuHal pertama yang perlu dilakukan ialah mengetahui bahan baku terlebih dahulu, tentu saja bahan baku yang akan digunakan adalah kelapa. Tetapi kita perlu mengetahui apakah bahan baku kelapa ini memiliki stok yang selalu tersedia atau tidak.
Jika keadaan stok selalu ada tentu akan memudahkan proses produksi, namun jika stok bahan kelapa ini musiman maka perlu melakukan beberapa hal lain, supaya mendapatkan stok bahan baku yang selalu ada.
Agar lebih mudah dalam mengatasi ketersediaan stok yang terbatas maka kita perlu bekerja sama dengan para petani kelapa, supaya mereka bisa memberikan kelapa untuk bahan produksi secara berkala.
    2. Belajar Cara Membuat Minyak Goreng KelapaCara membuat minyak goreng kelapa bukanlah hal yang sulit, dikarenakan dalam membuat minyak kelapa yang terpenting adalah memiliki bahan kelapa segar dan matang. Biasanya membuat minyak kelapa lebih mudah dengan cara pemanasan.
Kelapa diparut kemudian diperas untuk menghasilkan santan. Kemudian santan dipanaskan dengan api kecil sambil terus diaduk pada saat memasak. Jika sudah menebal minyak dan larutan akan terpisah dengan sendirinya. Air akan mengupas dengan sendirinya dan hanya menyisakan minyak, kemudian masak dengan waktu yang sesuai kebutuhan, jika sudah dingin masukkan minyak kelapa kedalam botol. Minyak pun siap digunakan
    3. Menyiapkan Peralatan UsahaPeralatan yang dibutuhkan untuk usaha ini adalah mesin pemarut kelapa, mesin pemarut santan, wajan, tungku, mesin pengaduk, dan sebagainya. Hal ini diperlukan supaya produksi minyak kelapa dapat berjalan dengan lancar dan pekerjaan dalam membuat minyak goreng semakin mudah dan cepat.
    4. Pemasaran ProdukKita perlu memikirkan strategi pemasaran yang matang supaya minyak goreng ini dapat dikenal masyarakat. Salah satu nya adalah dengan cara menitipkan produk kita di warung, rumah makan, dan tempat penjualan bahan makanan lainnya. Pastikan juga minyak goreng berkualitas dan mendukung standar penjualan.
    5. Target Pasar Minyak Goreng KelapaMinyak goreng ini biasanya digunakan untuk keperluan sehari-hari memasak, sehingga semua kalangan akan membutuhkannya. Bisa diasumsikan target dari usaha ini meluas, mulai ibu rumah tangga hingga semua pengusaha kuliner.
Artikel yang tak kalah menarik yaitu cara membuat vco tanpa pemanasan dengan mudah tentu sangat bermanfaat jika anda ingin memulai usaha ini.

Pelatihan dan Training Cara Membuat Minyak Goreng Kelapa Menjadi usahawan bagi sebagian orang sangat menakutkan. Banyak yang berfikir bahwa menjadi pedagang atau wirausahawan mempunyai resiko yang tinggi  (kerugian, bangkrut dan sebagainya), sedangkan menjadi seorang pekerja sangat kecil resiko yang akan dihadapi.
Sebenarnya menjadi pegawai juga beresiko tinggi, seperti: PHK, pemotongan gaji, pensiun, minimnya gaji yang diperoleh, dan lain sebagainya.
Menjadi wirausahawan memang beresiko tinggi tetapi hal itu seimbang dengan yang akan diperoleh dari hasil berwirausaha yang mungkin jika berhasil dan sukses akan memperoleh pendapatan dan penghasilan yang sangat memuaskan.
Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan tersebut seorang wirausahawan harus mau dan mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang dimilikinya. Termasuk salah satunya dengan menimba ilmu melalui pelatihan pelatihan. pungkasnya
Mau ikut pelatihan ?



Berita Pemberdayaan Masyarakat Lainnya
Langkaplanca Pangandaran Penghasil Gula Aren Terbaik
Langkaplanca Pangandaran Penghasil Gula Aren Terbaik
Sabtu, 13 Maret 2021 00:35 WIB
Tujuan dilakukannya identifikasi aren adalah untuk mengetahui produksi gula aren dari jumlah pohon aren yang siap produksi, belum produksi, serta produksi nira {air emas} per mayang per hari dalam memetakan potensi aren sebagai bahan baku pembuatan gula. Selain itu, untuk mengurangi tingkat penebangan pohon aren memiliki nilai manfaat buat petani kami memberikan edukasi secara bertahap dan berkelanjutan, mudah mudahan kedepan ada stekholdel atau pemerintah terjun langsung untuk melihat ptensi ini secara detail dengan pihak akedemisi yang ahli di bidang ini. Ujar Teddy
Kadin Pangandaran Berikan Pelatihan Kewirausahaan
Kadin Pangandaran Berikan Pelatihan Kewirausahaan
Jum'at, 12 Maret 2021 14:35 WIB
Guna membantu program pemerintah untuk meningkatkan perkembangan perekonomian nasional yang kini sedang terpuruk karena kondisi wabah virus covid 19, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia kabupaten Pangandaran menggelar pelatihan kewirausahaan dengan peserta 22 orang pemuda putus sekolah
GERAI USAHA SENILAI HAMPIR 2 MILIAR UNTUK UMKM PANGANDARAN DI BANGUN
GERAI USAHA SENILAI HAMPIR 2 MILIAR UNTUK UMKM PANGANDARAN DI BANGUN
Sabtu, 30 Januari 2021 13:55 WIB
Ketua Komite BDC Teddy Sonjaya menyampaikan keberadaan Gerai untuk itu nantinya untuk menampung produk UMKM saya yakin pelaku usaha di Pangandaran sangat mem butuhkan tentunya sebagai salah satu sarana pemasaran, Seperti kita ketahui bersama bahwa problematika UMKM / UKM begitu beragam. Jika ditanya “Apa masalah yang dihadapi sahabat UMKM / UKM ?”, biasanya jawaban akan banyak sekali.
Pelaku Usaha Mikro Dapat Bantuan Peralatan Usaha dari Bank Indonesia
Pelaku Usaha Mikro Dapat Bantuan Peralatan Usaha dari Bank Indonesia
Sabtu, 07 November 2020 05:07 WIB
Bank Indonesia perwakilan Tasikmalaya terus memberikan perhatian pada petani kopi di desa kersaratu kecamatan sidamulih Kabupaten Pangandaran upaya ini untuk meningkatkan produktifitas produksi dan kualitas sehingga mampu meningkatkan perekonomian usaha kecil mikro dan menengah UMKM di Pangandaran Jawa Barat minimum untuk menembus pasar nasional.Ujar.............