Berita Pemberdayaan Masyarakat
Mentoring Pelatihan Sangat Efektif untuk UMKM Paska Vocasi

Mentoring Pelatihan Sangat Efektif untuk UMKM Paska Vocasi

Pendamping Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) mempunyai peran strategis. Ia diharuskan mampu menularkan keahlian, misalnya terkait dengan pengelolaan keuangan, peningkatan produktivitas, kwalitas produk, disaind produk, cara pemasaran produk dan legalitas usaha. Bimbingan yang diberikan oleh para tenaga pendamping juga mencakup dorongan pada UMKM untuk meningkatkan produksi, memperluas akses pemasaran, hingga memperbaiki mutu/kualitas produk.

"Pendampingan itu ada yang dari 'nol', bahkan baru niat mengembangkan usaha atau setelah ikut pelatihan Paska Vocasi. Mereka akan kami nilai produknya, kemasannya. Terus saya dampingi sampai ke persoalan pembukuannya," kata wakir mujahidin Ketua Motitoring dan evaluasi dari salah seorang tenaga pendamping UMKM Kadin kab Pangandaran.

Saat ditemui di sela-sela kegiatan Pendampingan pelatihan usaha pasca pokasi Bagi UMKM Ketua Kadin kab Pangandaran H Teddy Sonjaya juga menyampaikan pesan dari OJK terkait mengenai modal uisaha bunga kecil dan Pendampingan Bagi Usaha Mikro untuk Mengakses Kredit Usaha Rakyat terus di sosialisasikan.
Para pelaku usaha yang pernah ikut serta dalam pelatihan secara berkala di dampingi secara bertahap juga senantiasa dimonitoring oleh team provider penyelenggara pelatihan kemarin seperti dari provider IPB untuk melihat seberapa besar kemajuannya selama dibimbing oleh tenaga pendamping. "Rata-rata mereka selalu repeat order. Perkembangannya pun cukup cepat."
"Artinya, produk-produk UKM di Kabupaten Pangandaran itu bagus-bagus," Teddy Sonjaya



Berita Pemberdayaan Masyarakat Lainnya
MINYAK KELAPA MEMILIKI POTENSI BESAR
MINYAK KELAPA MEMILIKI POTENSI BESAR
Minggu, 11 April 2021 02:15 WIB
Bagaimana Cara Membuat Minyak Kelapa ? Sebenarnya, siapapun bisa membuat minyak kelapa sendiri dirumah, potensi kelapa di pangandaran sangat banyak apalagi menurut para ahli bahwa kelapa dari wilayah selatan jawa kwalitasnya sangat baik makanya industri besar berani investasi di pangandaran seperti group Lipo, indopood dll. Ujar Teddy Ketua Kadin Pangandaran
Langkaplanca Pangandaran Penghasil Gula Aren Terbaik
Langkaplanca Pangandaran Penghasil Gula Aren Terbaik
Sabtu, 13 Maret 2021 00:35 WIB
Tujuan dilakukannya identifikasi aren adalah untuk mengetahui produksi gula aren dari jumlah pohon aren yang siap produksi, belum produksi, serta produksi nira {air emas} per mayang per hari dalam memetakan potensi aren sebagai bahan baku pembuatan gula. Selain itu, untuk mengurangi tingkat penebangan pohon aren memiliki nilai manfaat buat petani kami memberikan edukasi secara bertahap dan berkelanjutan, mudah mudahan kedepan ada stekholdel atau pemerintah terjun langsung untuk melihat ptensi ini secara detail dengan pihak akedemisi yang ahli di bidang ini. Ujar Teddy
Kadin Pangandaran Berikan Pelatihan Kewirausahaan
Kadin Pangandaran Berikan Pelatihan Kewirausahaan
Jum'at, 12 Maret 2021 14:35 WIB
Guna membantu program pemerintah untuk meningkatkan perkembangan perekonomian nasional yang kini sedang terpuruk karena kondisi wabah virus covid 19, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia kabupaten Pangandaran menggelar pelatihan kewirausahaan dengan peserta 22 orang pemuda putus sekolah
GERAI USAHA SENILAI HAMPIR 2 MILIAR UNTUK UMKM PANGANDARAN DI BANGUN
GERAI USAHA SENILAI HAMPIR 2 MILIAR UNTUK UMKM PANGANDARAN DI BANGUN
Sabtu, 30 Januari 2021 13:55 WIB
Ketua Komite BDC Teddy Sonjaya menyampaikan keberadaan Gerai untuk itu nantinya untuk menampung produk UMKM saya yakin pelaku usaha di Pangandaran sangat mem butuhkan tentunya sebagai salah satu sarana pemasaran, Seperti kita ketahui bersama bahwa problematika UMKM / UKM begitu beragam. Jika ditanya “Apa masalah yang dihadapi sahabat UMKM / UKM ?”, biasanya jawaban akan banyak sekali.