Ragam Artikel
22 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan, Kecantikan dan Virus Corona bisa ?

22 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan, Kecantikan dan Virus Corona bisa ?

Sebagian besar masyarakat Indonesia tak asing dengan daun kelor produksi masyarakat Pangandaran dengan kemasan Tablet, Teh celup, Bubuk Masker nah...yang sempat menggemparkan publik lantaran dipercaya mampu menjaga rumah dari serangan makhluk ghaib. Namun di balik semua itu, daun yang bernama latin Moringa oleifera ini ternyata bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Teddy Sonjaya ketua penggerak komoditi UMKM BDC sehat tanpa bahan kimia.
Menurut laporan Medical News Today, daun kelor atau the drumstick tree mengandung senyawa yang bersifat antijamur, antivirus, antidepresan, serta anti-inflamasi. Tumbuhan yang berasal dari India ini sudah banyak ditemui di Afrika, Amerika Selatan, hingga Asia, termasuk Indonesia.
Daun kelor merupakan sumber protein, vitamin, dan mineral cukup tinggi. Daun kelor mengandung vitamin A, vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niacin), vitamin B6, serta vitamin C.
Mau kelor Hub. www.bdcpangandaran.com
Daun kelor juga memiliki kandungan penting lainnya seperti kalsium, kalium, zat besi, magnesium, fosfor, seng, serta rendah kalori. Semua senyawa tersebut sangat diperlukan bagi kesehatan tubuh.
Daun kelor juga memberikan khasiat untuk kecantikan kulit. Daun ini mengandung protein dan vitamin C yang dapat melindungi sel-sel kulit dari kerusakan. Bahkan, daun kelor juga dapat menjaga kesehatan dan kekuatan rambut. Untuk dijadikan perawatan kulit dan rambut, Anda bisa menjadikan daun kelor sebagai masker.
Lalu, apa saja manfaat daun kelor secara keseluruhan? Namun sebelum memetik khasiatnya, Anda perlu mengetahui cara mengolah daun kelor terlebih dahulu seperti berikut.
Anda bisa memakan daun kelor mentah seperti lalapan. Namun, Anda tidak boleh mengonsumsi daun kelor jika melebihi empat jam setelah dipetik dari pohonnya.
Daun ini mudah mengalami proses fermentasi, terlihat dari daunnya yang cepat layu dan menguning. Ketika daun keluor sudah menguning, maka kandungan nutrisinya bakal berkurang.
ara mengolah daun kelor yang sering dilakukan orang zaman dahulu adalah menyeduhnya seperti teh. Untuk bisa mendapatkan teh daun kelor, Anda harus menyiapkan bubuk daun kelor yang sudah dikeringkan.
Berikut adalah cara mengolah daun kelor menjadi teh:
- Petik daun kelor yang masih segar dan muda. Letaknya di dekat pucuk dan berwarna hijau muda.
- Rendam daun kelor di dalam air bersih untuk membersihkan kotoran-kotoran yang menempel.
- Keringkan daun kelor setelah dicuci. Caranya, letakkan daun kelor di nampan, kemudian simpan di udara terbuka. Sebaiknya jangan letakkan daun kelor di bawah sinar matahari langsung karena bisa membuat kandungan gizinya berkurang.
- Jika daun kelor sudah kering, tumbuk atau blender hingga menjadi bubuk halus.
- Simpan daun kelor yang sudah menjadi bubuk di dalam wadah khusus. Kemudian harus diletakkan di tempat yang sejuk agar menghilangkan enzim oksidatif yang membuat daun kelor bubuk tak bisa disimpan lama. Daun kelor pun bisa tahan lama meski tanpa bahan pengawet.
- Ketika ingin membuat teh, ambil 1 atau 2 sendok makan daun kelor bubuk, lalu seduh dengan air panas. Anda bisa menambahkan madu jika menginginkan rasa yang lebih manis. Konsumsi teh daun kelor dalam keadaan hangat.
Selain mengonsumsinya secara mentah dan dibuat teh, Anda juga bisa mengolah daun kelor menjadi sayur bening. Caranya cukup mudah. Tak kalah dengan sayur bayam, sayur bening daun kelor juga tetap memberikan ragam manfaat bagi kesehatan maupun kecantikan. 
Anda perlu menyiapkan satu mangkuk daun kelor muda yang masih segar, jagung manis, tambahkan irisan oyong dan wortel, siapkan satu buah tomat dan daun kemangi.
Untuk bumbunya, Anda bisa mencampurkan empat siung bawang merah yang telah diiris halus, satu sentimeter temu kunci, serta tambahkan gula pasir dan garam secukupnya.
22 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Jarang Diketahui
1. Menurunkan berat badan
2. Menghilangkan flek hitam
3. Baik untuk ibu menyusui
4. Meningkatkan kesehatan mata
5. Mencegah kanker
6. Menurunkan risiko penyakit ginjal
7. Memperlambat penuaan dini
8. Mengobati rematik
9. Memelihara kesehatan jantung
10. Mengatasi diabetes
11. Melancarkan kesehatan pencernaan
12. Mengurangi peradangan
13. Melindungi tubuh dari bakteri
14. Menyehatkan kulit
15. Menurunkan tekanan darah tinggi
16. Mengatasi stres
17. Meningkatkan kinerja otak
18. Menurunkan kolesterol
19. Mencegah anemia
20. Menjaga kesehatan otot
21. Mencegah kerusakan hati
22. Menjaga kepadatan dan kekuatan tulang


sumber bola.com
 








Berikan Komentar Via Facebook

Ragam Artikel Lainnya
Apa Fungsi Packaging atau Kemasan Sebuah Produk?
Apa Fungsi Packaging atau Kemasan Sebuah Produk?
Senin, 09 Mei 2016 14:04 WIB
Untuk lebih mengerti mengenai efek packaging atau kemasan terhadap penjualan anda harus mengerti terlebih dahulu mengenai fungsi dari packaging atau kemasan tersebut. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari packaging atau kemasan
Manfaat Gula, Goolla, kristal, semut, Merah buat Kesehatan, Yuk Ganti Gula Anda
Manfaat Gula, Goolla, kristal, semut, Merah buat Kesehatan, Yuk Ganti Gula Anda
Sabtu, 21 Maret 2020 07:42 WIB
Jika ingin memiliki bentuk badan yang bagus, pertama-tama Anda harus menanamkan empat hal penting ini dalam diri, yakni kesabaran, dedikasi, komitmen, dan tekad yang kuat. Fokuslah pada makanan sehat dan membakar lemak. Salah satu yang harus Anda campurkan dalam daftar nutrisi baik tersebut adalah gula merah. Teddy Sonjaya ketua penggerak komoditi gula sehat tanpa bahan kimia.
PENINGKATAN PRODUK OLAHAN HASIL PERIKANAN
PENINGKATAN PRODUK OLAHAN HASIL PERIKANAN
Sabtu, 14 Desember 2019 19:02 WIB
Kadin Pangandaran kembangkan di Program Businis Devlipment Centre BDC Pangandaran yaitu mengembangkan berbagai produk ikan laut supaya bernilai jual baik kita memberikan pembekalan mulai dari pelatihan pengolahan, SDM, Pembukuan dan pelatihan, Promosi termasuk Disain kemasan dan Pemasaran
Artikel Pilihan
VCO Berfungsi untuk Kekebalan Tubuh
Kamis, 03 November 2022 12:19 WIB

Manfaat pertama mengonsumsi VCO menurut para ahli dan dokter gizi juga ulama adalah membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Karena minyak ini memiliki kandungan yang bersifat sebagai antioksidan, antimikroba dan antibakteri, yang bisa membantu melindungi sel imun dari kerusakan akibat radikal bebas dan virus penyebab penyakit