Maraknya platform usaha dengan sistem online alias e-commerce dari tahun ke tahun membuat para pelaku usaha offline berusaha memutar otak agar barang dagangannya tetap exsis dan bertahan untuk laku terjual. Terlebih lagi, teknologi yang berkembang semakin pesat membuat para pelaku usaha ini, mau tidak mau pelaku usaha menjadi lebih membuka diri dan beradaptasi ke ranah online.
Kehadiran e-commerce kini dianggap sebagai bantuan bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Dengan bantuan beragam program inovatif, pelaku UMKM bisa memasarkan barang dagangannya lebih luas lagi, bahkan ke pasar internasional secara efektif dan dengan performa yang maksimal. Jadi tidak berlebihan rasanya jika e-commerce dikatakan sebagai salah satu faktor kebangkitan UMKM Indonesia, sekaligus pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia
Penyedia plafon usaha seperti Shopee, Tokopedia, lazada, platform e-commerce yang baru beroperasi selama tahun di Indonesia telah memberikan dampak positif secara kepada masyarakat Indonesia melalui program-program inovatifnya. Bahkan,
Faktanya, terdapat beberapa manfaat untuk UMKM di Indonesia dari hadirnya e-commerce, yaitu memudahkan para mereka untuk dapat berkomunikasi dengan calon konsumennya. Komunikasi serta informasi yang jelas dari penjual, akan membuka peluang lebih besar bagi pedagang untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar lagi.
Di sesi pelatihan online bersama praktisi dengan sistem online alias e-commerce dr Angga Prasetyo yang sering di panggil Abah (2021-04-8) menyampaikan pentingnya kita menguasai, memahami Teknologi supaya tidak ketinggalan dan mendapatkan manfaat teknologi tersebut akan tetapi kita harus memiliki mentor atau guru yang membimbing, diskusi live bersama 400 (empat ratus ) orang lebih pelaku UMKM selama hampir 3 jam ini sangat menarik, bermanfaat dan mengasikan. Ujar Teddy
sumber liputan6. duta.co