Berita Berita Bisnis dan UKM
UKIRAN GOLOK TANDUK KHAS PANGANDARAN

UKIRAN GOLOK TANDUK KHAS PANGANDARAN

Abah Enju sebagai pengrajin wayang kayu, ukiran ukiran kayu dan tanduk juga beraktifitas sebagai dalang yang sudah makan asam garam beliau menjalani aktifitas hidup yang sederhana terlahir sekitar tahun 1978, tinggal
di rumah kayu beratap asbes yang terletak persis pinggir sawah melalui jalan setapak di sekitar objek wisata Citumang tepanya di Desa Bojong Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran, Abah Enju beserta Istrinya tinggal disana. Setiap pagi beserta ke dua anakanya mengukir kayu dan tanduk pesanan sambal minum secangkir kopi dan sebatang rokok pisau raut kecil mulai menari diatas kayu mengukir bilah bilah kayu, tandukl menjadi gagang golok nan indah yang rata rata sudah ludes terpesan habis oleh para bpelanggan.
Abah enju memang dari sejak kecil Beliau sudah menyukai dunia perwayangan, Dia menceritakan bahwa pada awal karirnya pernah bekerja bersama dalang Yamin untuk membuat gamelan, membuat  wayang  dan akhirnya bisa mendalang sendiri .

Selain membuat wayang dan ukiran gamelan, Abah Enju juga mencoba merambah dunia ukir mebel kayu, sampai suatu saat ada seseorang menyuruh membuatkan sarung  keris, kujang, golok ukir dan sampai sekarang ditekuninya.

Keunikan atau ciri khas golok yang dibuat Abah Enju yaitu dari bentuk ukirannya, Abah Enju membuat golok ukiran sesuai pesanan, ukiran gagang golok yang paling banyak diminitai yaitu bentuk Tokoh tokoh Pewayangan kepala singa. Sampai pandai - pandai  golok disekitar Pangandaran biasanya  jika ingin membuat gagang dan sarung golok ukir yang unik datang ke Abah Enju

Untuk membuat gagang dan sarung golok, Abah Enju menggunakan bahan baku dari limbah kayu yang notabenya barang bekas yang sudah tidak terpakai  disulap menjadi barang antik. Bahan yang digunakan untuk membuat  gagang golok dan sarung  biasanya dari kayu caruy, kayu kopi , akar mahoni, pohon jambu dan lain-lain.

Selain dengan kayu Abah Enju juga membat gagang golok dari bahan baku tanduk kerbau, karena jarangnya bahan baku sekarang kita di kirim dari luar provinsi tapi pasti ada tersedia, karena harga bahan bakunya mahal Abah Enju lebih senang membuat gagang golok dari bahan kayu saja.

Karena keunikanya itulah membuat karya Abah Enju banyak di cari, beberapa tokoh yang sudah memakai karya Abah enju mulai dari dalang kondang Asep Sunandar, Dede Kosasih dan para pejabat sudah banyak yang jadi pelanggannya karena karya-karyanya luar biasa bagus sangat detail dan berbeda saja hasil karyanya sehingga banyak diminati, bahkan mantan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi juga pernah membeli patung buatan Abah Enju hingga ke luar negeri

Abah Enju merasa  bahagia menjalani  kehidupannya seperti ini, Beliau tidak pelit terhadap ilmu yang dimilikinya, Abah Enju juga suka ngajar berbagi ilmunya di sekolah Bina Karya bahkan keterampilan mengukirnya sudah diwariskan  kepada kedua anaknya dan beberapa orang yang suka belajar dirumahnya.



Berita Berita Bisnis dan UKM Lainnya
Pelatihan Penguatan Pemasaran Produk UMKM Lewat Online
Pelatihan Penguatan Pemasaran Produk UMKM Lewat Online
Rabu, 30 Juni 2021 23:16 WIB
Manfaat menggunakan FB, IG, tik tok, Goggle Ads adalah hadirnya fitur Facebook Adverts Manager, sehingga iklan di Facebook terpasang kepada audience yang tertarget berdasarkan kondisi demografinya (jenis kelamin, usia, lokasi, pekerjaan, pendidikan, minat, koneksi, kebiasaan, dan sebagainya) jadi sangat terukur. Ujar Tedy
UMKM Masa Kini Wajib Memahami Teknologi IT
UMKM Masa Kini Wajib Memahami Teknologi IT
Kamis, 22 April 2021 04:37 WIB
UMKM Milenial yang merupakan kependekan dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah sudah bukan lagi menjadi istilah yang asing bagi Pemuda Pemudi penduduk desa. Potensi yang masih besar di pedesaan dan peluang yang masih sangat terbuka luas untuk masyarakat pemuda desa yang perlu di garap dengan serius agar perkembangan usaha desa semakin membaik..
Peran E-Commerce Bagi  UMKM Pangandaran
Peran E-Commerce Bagi UMKM Pangandaran
Minggu, 11 April 2021 02:15 WIB
Di sesi pelatihan online bersama praktisi dengan sistem online alias e-commerce dr Angga Prasetyo yang sering di panggil Abah (2021-04-8) menyampaikan pentingnya kita menguasai, memahami Teknologi supaya tidak ketinggalan dan mendapatkan manfaat teknologi tersebut akan tetapi kita harus memiliki mentor atau guru yang membimbing, diskusi live bersama 400 (empat ratus ) orang lebih pelaku UMKM selama hampir 3 jam ini sangat menarik, bermanfaat dan mengasikan. Ujar Teddy
Bank Indonesia dan Kadin Priangan Timur Sosialisasikan Aplikasi QRIS Buat UMKM
Bank Indonesia dan Kadin Priangan Timur Sosialisasikan Aplikasi QRIS Buat UMKM
Sabtu, 20 Maret 2021 01:21 WIB
Kadin Pangandaran memohon agar bank Indonesia mendorong terus progres pengembangn usaha unggulan di Pangandaran sekaligus memberikan pelatihan pelatihan pemberdayaan UMKM go digital umpamanya dengan mendorong Program digitalisasi UMKM .